Bisa Bikin Masalah, Ini Alasan Mengapa Kamu Sebaiknya Tidak Berkomunikasi Lagi Sama Mantan

Andrygmv.net – Meski sudah putus dan punya pacar baru, beberapa orang masih berhubungan dengan mantan. Mulai dari chatting biasa layaknya teman, berteman di media sosial, hingga bertemu lewat acara reuni.

Meski tidak ada salahnya berteman dengan mantan, ada baiknya kamu tidak melakukan hal ini. Karena, hal ini berpotensi menumbuhkan perasaan cinta kembali di hati.

Secara tidak langsung, seseorang diam-diam akan berharap bisa kembali lagi dengan mantannya, walau pasangannya yang sekarang jauh lebih baik. Hal ini telah dibuktikan lewat sebuah penelitian yang dikutip dari Psychology Today.

Penelitian menunjukkan bahwa berhubungan dengan mantan dapat menimbulkan masalah bagi hubungan yang sekarang. Juga, berkomunikasi dengan mantan bisa jadi alasan ketika salah satu dari pasangan sudah merasa bosan dengan pasangannya.

Baca Juga:
3 Jenis Ketakutan yang Umum Dialami Pasangan Sebelum Menikah, Waspada!

Dikatakan, seseorang yang masih berhubungan dengan mantannya disebut memiliki hasrat seksual yang cukup kuat. Meski hubungannya sudah putus dalam waktu yang lama, namun perasaannya masih kuat dan terus menetap.

Dari kasus tersebut, penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang masih berkomunikasi dengan mantan dilaporkan menghadapi penurunan perasaan kepada pasangannya saat ini. Tak hanya itu, komunikasi yang terjalin bersama mantan bisa meningkatkan perasaan mereka kembali.

Studi yang terbit di Cyberpsychology, Social, Networking, and Human Behavior tersebut mencoba menganalisis lewat survei kepada 246 orang dewasa yang sudah menikah, dengan memeriksa frekuensi komunikasi digital, konsekuensi emosional, dan aktivitas seksual.

Hasilnya menemukan, ternyata hubungan lama dengan mantan bisa kembali membara, dan ini terjadi pada orang yang sudah menikah.

Lewat studi sebelumnya, didapat pula hasil yang tak jauh berbeda, yang dilakukan pada kalangan mahasiswa, dan menunjukkan sekitar 60-70 persen terlibat komunikasi dengan mantan.

Baca Juga:
Tak Cuma Pasangan, 5 Hal Ini Penting Disiapkan di Usia 20-an jika Ingin Sukses!

Dari kasus tersebut terlihat bahwa frekuensi komunikasi digital yang tinggi dengan mantan rentan menimbulkan CLBK. Jadi, masih mau berhubungan dengan mantan?