Bibir Kering dan Terkelupas? Begini Cara Mudah Mengatasinya!

Andrygmv.net – Bibir kering tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga bisa menjadi tanda adanya masalah pada kesehatan. Di musim hujan seperti sekarang ini, ketika cuaca cenderung lebih dingin, bibir lebih mudah kering dan menjadi pecah-pecah.

Kulit bibir tidak memiliki kelenjar yang bisa menghasilkan pelumas alami untuk melembapkan. Faktor inilah yang menyebabkan bibir lebih mudah kering.

Biasanya, ketika bibir terasa kering, Anda cenderung menjilat bibir untuk membasahinya. Padahal, cara ini tidak bisa membantu, dan malah akan membuat bibir menjadi lebih kering.

Jangan khawatir, Anda bisa lakukan beberapa cara alami berikut untuka mengatasi bibir kering, seperti yang dilansir dari Healthshots.

Baca Juga:
Ampuh Atasi Bibir Kering karena Udara Panas, Ini 3 Merek Lip Balm yang Paling Dicari

1. Gunakan minyak lemon dan almond
Kombinasi lemon dan minyak almond dapat membantu sangat efektif untuk mencerahkan warna bibir Anda. Kombinasi keduanya juga bisa memberi hidrasi serta kelembaban yang membuat bibir Anda kenyal dan merah muda secara alami.

Cara menggunakannya, ambil dua sendok makan minyak almond, lalu tambahkan 2-3 tetes lemon. Oleskan campuran ini selama 5 sampai 10 menit. Setelahnya, bilas dengan air hangat.

2. Lakukan diet seimbang dan gaya hidup sehat
Selain menjaga asupan cairan untuk mencegah dehidrasi, sangat penting untuk menjalankan diet seimbang yang kaya nutrisi dan mineral. Dengan melakukan hal tersebut, tentu tidak hanya berdampak pada kesehatan pada tubuh saja, tetapi juga kulit.

Mengenai bibir pecah-pecah dan kering, perlu hati-hati juga dengan paparan langsung sinar UV yang berbahaya, pewarna berbahan kimia, serta kebiasaan mengelupas kulit bibir.

Baca Juga:
Jangan Diremehkan, Kondisi Bibir Bisa Jadi Pertanda Masalah Kesehatan