Biar Badan Nggak Gampang Sakit, Yuk Coba Lakukan 5 Olahraga Ringan Ini di Rumah

Andrygmv.net – Menjelang akhir tahun, musim hujan tak jarang membuat beberapa orang lebih mudah sakit saat tubuh kurang fit. Agar tetap bugar, tidak ada salahnya jika Anda rutin melakukan olahraga ringan.

Bukan hanya tubuh menjadi lebih bugar, olahraga juga membuat daya tahan tubuh seseorang lebih kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit seperti batuk pilek contohnya.

Tidak harus pergi ke gym, sebenarnya ada beberapa alternatif olahraga yang bisa dilakukan di rumah kok.

Dihimpun dari laman Keepo.me—Jaringan Andrygmv.net, Selasa (10/11/2021) yuk simak 5 rekomendasi olahraga ringan di rumah berikut ini.

Baca Juga:
Wali Kota dan Bupati di Jabar Diimbau Siaga 1 Hadapi Musim Hujan

1. Yoga

Ilustrasi Yoga Squat (Shutterstock)
Ilustrasi Yoga Squat (Shutterstock)

Yoga menjadi alternarif olahraga yang bisa dipilih. Suasana tenangnya akan turut meningkatkan konsentrasimu saat melakukan gerakan manis dalam olahraga yang dipercaya sudah berusia 5.000 tahun ini.

Secara garis besar, beberapa contoh olahraga dalam yoga dipercaya bisa meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh. Selain itu, manfaat lainnya juga dapat membuat tenang, mengurangi stres, dan depresi.

2. Lompat tali atau skipping

Ilustrasi lompat tali. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi lompat tali. (Sumber: Shutterstock)

Jenis olahraga ringan ini juga bisa dilakukan dengan mudah. Syaratnya adalah memiliki skipping rope-nya. Layaknya permainan lompat tali zaman kanak-kanak, olahraga ini juga sama. Selain melatih detak jantung, olahraga ini juga dapat membakar kalori secara intensif. Sangat cocok buat yang sedang diet.

Baca Juga:
Wujudukan Tubuh Idaman, Ini 5 Olahraga Mengecilkan Perut yang Efektif

Tak cuma melompat, skipping juga banyak variasi yang tergantung pada fokus yang ingin dicapai. Jika ingin mengecilkan paha, kamu bisa lakukan lunge jump dan squat jump sembari skipping. Beda lagi kalau menginginkan otot perut semakin ramping. Cukup skipping dengan mengangkat kaki sampai di bawah pusar. Atau bisa juga dengan memutar tali dua kali dalam satu lompatan untuk menguatkan otot betis.

3. Lari kecil atau jogging

Ilustasi olahraga, nge-gym, treadmill. (Shutterstock)
Ilustasi olahraga, nge-gym, treadmill. (Shutterstock)

Sebagai salah satu satu cabang olahraga lari, jogging memang umumnya dilakukan di track lurus. Meski begitu bukan, berarti kamu tidak bisa jogging sendiri di rumah. Jika punya treadmill, jangan biarkan menganggur. Berjalan di atasnya saja selama beberapa menit.

Wajib diingat, sebelum melakukan olahraga seperti jogging, ada baiknya untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Tujuannya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti cedera dan terkilir karena otot mengalami kontraksi mendadak.

Jogging juga tidak harus membuat tubuh berkeringat. Lakukan secukupnya asalkan rutin setiap hari. Kabar baiknya, jika dilakukan secara konsisten, tubuhmu akan merasakan bedanya dibanding hanya mager dan gegoleran.

4. Wall Sit

Tidak perlu nge-gym di tempat mahal apabila ingin mengecilkan otot perut. Cukup manfaatkan dinding rumah saja untuk melakukan gerakan ini. Pastikan memiliki dinding yang kosong dan berdirilah tegak membelakanginya dengan bagian punggung menempel.

Agar olahraga ini bisa dipraktikkan, turunkan badan dengan menekuk lutut seakan tengah duduk di kursi. Hitung beberapa detik dan berdirilah kembali. Lakukan gerakan ini berulang kali. Tidak harus bermandikan keringat, lakukan semampunya agar otot perut dan otot bagian tubuh semakin fit.

5. Push up

Push up, salah satu latihan fisik yang dapat mengencangkan otot payudara. (Shutterstock)
Push up, salah satu latihan fisik yang dapat mengencangkan otot payudara. (Shutterstock)

Untuk melakukan push up, kamu tidak perlu membutuhkan tempat khusus. Selama space-nya cukup lapang dan nyaman, untuk menyelonjorkan kaki, langsung eksekusi saja. Selain membentuk lengan, melakukan gerakan olahraga ringan di pagi hari ini secara rutin juga membantu mengurangi dan mengobati sakit pada punggung akibat terlalu lama duduk.

Semakin ke sini, perkembangan push up semakin bervariasi. Ada juga T push up yang berfokus pada bagian dada, lengan, perut, dan paha. Untuk melakukannya, cukup awali dengan push up biasa, baru kemudian angkat perlahan-lahan lengan kanan ke atas hingga tubuh berputar ke kanan seluruhnya. Perlu diingat, pastikan pinggul dan kaki tetap pada posisi semula. Hitung beberapa detik hingga posisi kembali seperti semula.

Nah, jadi bagaimana? Tak sulit kan untuk tetap bugar tanpa harus pergi ke gym? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya.