Berbagai Manfaat Dari Tepung Kanji Yang Jarang Diketahui

Tepung Kanji

Tepung Kanji atau Tapioka, dibuat dari akar atau ketela pohon yang fungsinya membuat makanan berkuah menjadi lebih kental atau untuk merekatkan makanan. Namun selain digunakan untuk bahan memasak, Tepung Kanji juga memiliki banyak fungsi dan mamfaat lainnya dalam kehidupan sehari-hari. Tepung Kanji juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga, seperti, membersihkan perabot yang berbahan logam atau perah dan dapat juga digunakan untuk kesehatan kulit wajah. Tepung Kanji dapat menjadi sahabat rumah tangga yang menyenangkan.

Inilah Beberapa Manfaat yang tak terduga dari Tepung Kanji

1. Pembersih Kaca

Tepung kanji dapat digunakan untuk membersihkan kaca
Tepung Kanji sangat ampuh bila digunakan untuk membersihkan kaca karena dapat mengangkat debu dengan baik, Cukup dengan mencampurkan tepung kanji dengan sari jeruk nipis serta satu sendok teh cuka apel dan air secukupnya. Lalu semprotkan pada kaca kemudian lap dengan lap kering, kacapun akan kembali bening berkilau.

2. Membersihkan Sisa Oli

Gunakan tepung kanji untuk membersihkan sisa oli kain
Tepung Kanji dapat membersihkan sisa oli pada lantai atau kain, taburkan saja bubuk tepung kanji pada noda, setelah itu, bersihkan bekas oli dengan kain basah. Lalu terus ulangi hingga benar-benar bersih.

3. Mencuci Bahan perak

Dapat membersihkan perak dengan tepung kanji
Berbagai bahan perak dapat dibersihkan dengan tepung kanji. Anda cukup membasahi tepung kanji kemudian gosokan pada perak tersebut, lalu dibilas dengan air. Keringkan bahan perak tersebut, dan bahan perakpun akan kembali seperti baru lagi.

4. Mengangkat Sisa Tinta Di Kain

Bila di baju ada bekas tinda dapat dibersihkan dengan tepung kanji
Bila ada noda tinta pada kain, anda bisa mengaplikasikan fasta kanji kental, kemudian biarkan kering dan kembali dicuci. Noda akan sedikit hilang dan lakukan beberapa kali untuk hasil yang maksimal.

5. Bisa Di Jadikan Lem

Tepung kanji dijadikan lem berbahan alami
Manfaat tepung kanji bisa juga dijadikan lem alami, Karena teskturnya yang lengket dan kental tepung kanji bisa dijadikan sebagai bahan perekat. Dengan memasak tepung kanji dengan ditambah sedikit air lalu aduk sampai rata selama beberapa menit hingga teksturnya mengental kemudian angkat lalu tiriskan.

6. Menyerap Bau Tak Sedap Pada Sepatu

Sepatu mengeluarkan bau tak sedap dapat diatasi dengan tepung kanji
Taburkan tepung kanji pada kain, kemudian sisipkan dalam sepatu saat disimpan dalam lemari. cara ini ampuh untuk menyerap aroma tak sedap pada sepatu anda. Terutama sepatu olahraga.

7. Untuk Kesehatan Kulit

Bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah bila memakai tepung kanji
Tepung Kanji dapat menjadi solusi untuk mendapatkan kulit yang cerah. Campurkan dua sendok tepung dengan satu sendok makan yogurt dengan sedikit bubuk kunyit, serta aplikasikan pada wajah dan biarkan mengering selama 25 menit.

Nah, itulah beberapa manfaat dari tepung kanji yang dapat digunakan dalam keseharian sehingga bermanfaat untuk mengatasi masalah harian.

About The Author

Reply