Beli Rumah Tanpa DP atau Pakai DP, Generasi Milenial Pilih yang Mana?

Andrygmv.net – Down Payment (DP) atau uang muka kerap jadi tantangan bagi generasi milenial maupun generasi Z yang ingin memiliki rumah pertama.

Itulah mengapa program DP 0 rupiah kerap jadi harapan baru untuk para milenial. Namun pertanyaanya, benarkan DP 0 rupiah selalu lebih baik?

Diungkap Marketing Manager Dana Syariah, Mohammad Salman Alfarisie bahwa DP 0 rupiah tidak selalu menguntungkan, karena hanya akan membebankan biaya angsuran per bulan yang lebih besar.

Itulah sebabnya menurut Salman, milenial sebaiknya mempersiapkan uang DP untuk mengangsur rumah.

Baca Juga:
Pemkot Denpasar Pacu Kreativitas Generasi Milenial: Sebagai Bentuk Dukungan

Ilustrasi membeli rumah. (Shutterstock)
Ilustrasi membeli rumah. (Shutterstock)

“Kalau saran kami baiknya dengan DP, karena dengan DP itu angsurannya bisa lebih kecil, bisa lebih ringan, karena tujuan DP itu untuk memperkecil angsuran,” ujar Salman dalam acara konferensi pers The Essentials at Daru di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, saat angsuran bulanan membeli rumah lebih kecil, maka beban biaya hidup bulanan juga akan lebih kecil, dan uang yang seharusnya untuk angsuran besar bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain.

“Ketika angsurannya kecil, otomatis pengeluaran bulanan kita akan semakin berkurang, dan nanti porsinya bisa kita postkan untuk pembelanjaan lain, entah itu investasi atau renovasi rumah dan sebagainya,” jelas Salman.

Meski begitu, pihaknya tidak mempermasalahkan saat milenial tidak sanggup mengeluarkan uang DP rumah. Pihak Salman, sebagai penyedia dana hunian rumah juga tetap bisa mengakomodasi membeli rumah tanpa DP.

Namun kata dia, ada syarat dan ketentuan berlaku karena tidak semua pengajuan DP 0 rupiah disetujui, diperlukannya seleksi yang ketat. Salah satunya, memastikan sehatnya keuangan harian milenial yang mengajukan pembelian rumah DP 0 persen.

Baca Juga:
Survei: Ukuran Penis Penting Bagi Generasi Milenial dan Gen Z

“Dalam prosesnya kita akan memastikan kondisi sehat dalam sisi keuangannya. Jadi pastikan teman-teman kalau punya utang, itu cicilannya sehat, jangan ngadat-ngadat, itu sangat memungkinkan sekali (beli rumah) tanpa DP,” pungkas Salman.