Belakangan Jarang Hujan di RI, BRIN Sebut Imbas 3 Siklon Tropis

Andrygmv.net —

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyebut terdapat tiga siklon tropis yang ‘mengepung Indonesia dan menyebabkan berkurangnya curah hujan di wilayah RI.

Menurut Peneliti Klimatologi Pusat Riset dan Teknologi Atmosfer BRIN, Erma Yulihastin, ketiga siklon ini adalah siklon tropis Paddy, bibit siklon 91S, dan pembentukan depresi tropis di Samudra Hindia bagian utara dekat India.

“Keberadaan tiga siklon di Samudra Hindia tersebut telah menyebabkan fase monsoon break atau jeda monsun selama dasarian ketiga bulan November ini sehingga menahan atau menghalangi angin monsun Asia masuk ke wilayah Indonesia,” ujar Erma lewat pesan teks yang diterima CNNIndonesia.com, Rabu (24/11).

Siklon Paddy beberapa hari lalu terbentuk di perairan selatan Jawa bagian tengah. Saat ini, kondisinya semakin menjauh ke selatan. Selain itu, terdapat bibit siklon 91S di Samudra Hindia bagian selatan, dan pembentukan depresi tropis di Samudra Hindia bagian utara dekat India.

Curah hujan kurang

Erma menjelaskan disebut ‘break’ atau jeda karena selama periode jeda tersebut curah hujan minimum atau kering di kawasan Indonesia bagian barat.

[Gambas:Video CNN]

Jeda monsun itu, dapat terjadi selama beberapa hari di sepanjang musim hujan sehingga menyebabkan penundaan awal musim hujan, atau membuat penurunan hujan di masa periode puncak yang seharusnya ditandai dengan intensitas hujan tinggi.

Di samping itu Erma menjelaskan terdapat Monsun Asia yang dicirikan dengan angin dari utara pada ketinggian sekitar 1,5 kilometer, dengan kecepatan rata-rata 3 meter/detik yang melewati Laut Tiongkok Selatan dan berbelok menjadi angin baratan ketika melintasi ekuator menuju wilayah Laut Jawa, Sumatra bagian selatan, sebagian Kalimantan, Pulau Jawa, hingga Nusa Tenggara.

Lebih lanjut, Erma menjelaskan angin dari utara akan melintasi Laut Tiongkok Selatan, dan mengalami pembelokan ke arah barat menuju kawasan India dan sekitarnya.


Usai Jeda Monsun, Kalimantan Mesti Waspada

BACA HALAMAN BERIKUTNYA