Belajar dari Pengalaman, Travel Blogger Ingatkan Pentingnya Asuransi Perjalanan

Andrygmv.net – Meski jarang dipikirkan, asuransi untuk traveling juga jadi hal yang disarankan karena punya beragam manfaat, mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

Manfaat ini sudah dirasakan travel blogger dan female adventurer Alfira Naftaly Pangalila atau yang lebih akrab disapa Abex, yang mendapat pengganti biaya pembatalan penerbangan saat ia lakoni traveling ke India.

Abex mengatakan awareness masyarakat Indonesia terhadap asuransi perjalanan masih cukup rendah.

Ini berkaca dari pengalamannya bertemu sesama pelancong yang masih kerap mengesampingkan asuransi perjalanan, terlebih saat melakukan adventure atau perjalanan ekstrim.

Baca Juga:
Kementan Targetkan 3 Juta Hektar Lahan Diasuransikan

Ilustrasi sakit saat traveling [shutterstock]
Ilustrasi sakit saat traveling [shutterstock]

“Misalnya saat aku melakukan pendakian ke Himalaya, masih banyak orang Indonesia yang ke sana tapi tidak berbekal asuransi karena dianggap belum bermanfaat atau harganya mahal. Padahal, menurut aku itu penting banget,” ujar Abex mengutip siaran pers Allianz, Selasa (23/11/2021).

Menurut Abex, agar perjalanan travelingnya merasa aman dan terlindungi, ia perlu mendapatkan asuransi perjalanan.

“Buat aku pribadi, asuransi perjalanan itu penting banget dan sudah memilikinya sejak lama. Setiap pergi ke luar negeri, walaupun tidak mendaki gunung, aku selalu berusaha untuk memiliki asuransi karena di depan kita nggak tahu akan ada bahaya apa,” ungkapnya.

Perlu diketahui ada 26 negara yang tergabung dalam Visa Schengen, seperti Austria, Belanda, dan Denmark. Sederet negara ini mewajibkan pelancongnya, untuk punya asuransi perjalanan dan jadi syarat wajib.

Selama pandemi pun, Turki, sebagai negara yang kerap dikunjungi WNI, wajib untuk memiliki asuransi perjalanan sesuai dengan saran dari KBRI. Negara seperti Singapura juga mewajibkan wisatawannya untuk memiliki asuransi perjalanan selama pandemi.

Baca Juga:
Inilah 3 Risiko dalam Hidup yang Menjadi Alasan Mengapa Asuransi Penting Dimiliki

Adapun dalam asuransi perjalanan umumnya sudah meliputi perlindungan medis, bantuan ketika mengalami ketidaknyamanan di perjalanan, hingga perlindungan rumah.