Begini Cara Mengetahui Tingkat Kematangan Steak Wagyu yang Tepat

Andrygmv.net – Tingkat kematangan daging steak sangat penting agar mendapatkan tekstur dan rasa terbaik. Yang dikenal selama ini, tingkat kematangan steak umumnya terdiri dari 5 kategori, yakni rare (mentah), medium rare (sedikit matang), medium (mentah), medium well (matang kemerahan), dan well done (matang kecoklatan).

Tapi, khusus steak wagyu, tingkat kematangannya tidak boleh sampai well done. Hal ini diungkap oleh Operasional Support Abuba Steak, Aji Umar Hadi, yang mengatakan bahwa tingkat kematangan maksimal steak wagyu sebaiknya hanya sampai medium well.

“Kalau udah di well done, otomatis daging kering, menghilangkan sisi ke-wagyu-annya,” ujar Aji dalam di Cipete, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan kebanyakan pelanggan akan memesan steak wagyu dengan tingkat kematangan medium well, yakni kondisi daging setengah matang, tapi tingkat juicy atau kelembutan daging masih terasa.

Baca Juga:
Menteri Vietnam Dikritik Gara-gara Makan Daging Steak Lapis Emas

“Wagyu di medium well, luarnya hangat di dalamnya masih ada juicy dagingnya masih merah, dan mentoknya di medium well. Masih bisa merasakan tenderness (kelembutan) dari juicy-nya,” tutur Aji.

Seperti diketahui, daging wagyu terkenal dengan kelembutan dagingnya, dan dianggap sebagai potongan daging terbaik dari sapi wagyu asal Jepang dibanding daging asal Amerika maupun New Zealand.

Pada daging wagyu memiliki tekstur marbling yang berbeda dari daging steak pada umumnya, biasanya memiliki tingkat marbling tertinggi.

Aji menjelaskan ada beberapa tingkatan marbling yang perlu diketahui, yakni marbling 45, 67 dan 89. Sedangkan untuk daging wagyu, biasanya memiliki tingkat marbling yang lebih tinggi.

“Semakin tinggi marblingnya, semakin juicy dan lembut, dan semakin mahal juga harganya,” pungkas Aji.

Baca Juga:
Dear Pecinta Steak, Ikutan Wagyu Festival 2021, Yuk! Begini Caranya!