Bangga Banget, Gula Aren Produksi Perempuan Ini Berhasil Merambah Turki

Andrygmv.net – Siapa tidak tahu gula aren, komoditas yang satu ini telah lama menjadi bahan dasar atau campuran dalam masakan. Bahkan, nama gula aren juga makin populer sejak banyak kopi kekinian punya menu dengan campuran produk tersebut.

Kini, gula aren asa Indonesia makin dikenal di dunia internasional. Bukan hanya di Eropa tapi juga ke di Turki atau wilayah Eurasia.  Upaya tersebut salah satunya dilakukan oleh h Mega.

Perempuan asal Desa Temon Arjosari Pacitan ini tidak menyangka bahwa produknya bakalan diikutkan kurasi ke pasar Turki akibat negara itu kepincut gula aren mini cube yang diproduksinya.

Awalnya mengerjakan produk itu sendiri bersama orang terdekat. Di saat pendemi meski banyak usaha gulung tikar namun gula aren produksi Mega malah kebanjiran pesanan.

Baca Juga:
Tahun 2020, Janji Jiwa Berjanji Bawa Kopi Susu Gula Aren Go International

Bangga Banget, Gula Aren Produksi Perempuan Ini Berhasil Merambah Turki. (Dok: Istimewa)
Bangga Banget, Gula Aren Produksi Perempuan Ini Berhasil Merambah Turki. (Dok: Istimewa)

“Kebanyakan pesanan produksi gula aren kami malah dari luar Pacitan karena kami aktif jual di olshop,” jelasnya dalam keterangannya.

Untuk memperluas usahanya ia membentuk kelompok. Dukungan pemerintah Kabupaten dirasakannya sangat membantu di dalam memberikan fasilitas kemudahan perijinan dan edukasi sampai ia mampu membentuk usahanya sendiri CV Temon Agro Lestari.

“Dan yang surprise itu saat kami terpilih menjadi penerima manfaat kompetitif program YESS dari Kementan yang membuat usahanya semakin moncer,”akunya.

Mega bersyukur mendapatkan hibah kompetitif program YESS tahun di tahun ini dimana modal hibah itu Ia belanjakan untuk pembelian alat produksi dan alat pendukung pemasaran guna pengembangan kapasitas dan jenis produksi gula arennya. “Bahkan kini produknya sudah terlabeli halal loh,” katanya.

Belum lama ini Dinas Koperasi bersama OK OCE Ina Makmur membuka kurasi produk UKM se Kabupaten Pacitan. Dri 16 peserta UMKM yang lolos hanya 6 UMKM, salah satunya produk gula aren mini cube milik Mega dan berhasil lolos untuk dikurasi ke pasar Turki.

Baca Juga:
Cek Fakta: Banyak Minuman Kekinian Pakai Gula Aren, Benarkah Lebih Sehat?

Yang menarik, Mega tidak melulu fokus pada penjualan produk jadi gula aren tetapi Ia bersama kelompok taninya juga melestarikan pohon – pohon aren dari kelompoknya. “Pohon-pohon aren inilah yang memberikan kami dan kelompok mata percaharian sehingga kami mampu mencetak banyak produk berbasis gula aren. Maka wajib hukumnya kami pelihara dan lestarikan,” tegas Mega.