Bagaimana Proses Kehamilan Pada Minggu Ke-1 ?

Umur kehamilan pada minggu ke 1

Perkembangan bayi memiliki proses yang rumit. Dari saat telur dan sperma bertemu, bayi Anda mulai tumbuh. Bagian awal pengembangan ini meletakkan fondasi untuk kehamilan dan persalinan yang sehat.

Jika kemungkinan komplikasi pada awal kehamilan dicurigai, penyedia perawatan kesehatan Anda akan menggunakan kombinasi tes darah dan tes ultrasound untuk membuat diagnosis yang jelas. Tes darah dapat digunakan untuk memantau kadar hCG dan tingkat progesteron. Ultrasound dapat digunakan untuk melihat secara visual perkembangan apa yang terjadi di rahim dan untuk mengukur kemajuan.

Adalah umum untuk memiliki banyak pertanyaan tentang apa yang benar-benar terjadi dalam pengembangan awal ini dan apa yang diharapkan. Kami telah mengumpulkan informasi dari berbagai sumber untuk memberikan pedoman terbaik tentang bagaimana perkembangan janin normal awal. Namun, sama seperti setiap wanita berbeda, setiap kehamilan berkembang secara berbeda.

Informasi ini harus digunakan sebagai panduan umum untuk perkembangan kehamilan yang sehat, meskipun perkembangan dapat bervariasi karena kesehatan ibu atau salah perhitungan ovulasi. Usia kehamilan adalah usia kehamilan dari periode menstruasi normal terakhir (LMP), dan usia janin adalah usia sebenarnya dari bayi yang sedang tumbuh.

Sebagian besar referensi untuk kehamilan biasanya pada usia kehamilan daripada perkembangan usia janin, tetapi kami telah memasukkan keduanya sehingga jelas apa perkembangan tahap yang sedang dibahas.

Usg kehamilan minggu ke 1

Gestational Usia Minggu Ke-1
Pada tahap ini, periode menstruasi baru saja berakhir dan tubuh Anda bersiap-siap untuk ovulasi. Bagi kebanyakan wanita, ovulasi terjadi sekitar 11 – 21 hari dari hari pertama menstruasi terakhir. Selama hubungan seksual, beberapa ratus juta sperma dilepaskan di vagina. Sperma akan berjalan melalui serviks dan masuk ke saluran telur.

Ketika pembuahan terjadi, sperma akan menembus telur dan menciptakan satu set 46 kromosom yang disebut zigot, dasar bagi manusia baru. Telur yang dibuahi, yang disebut morula, menghabiskan beberapa hari perjalanan melalui tuba fallopi ke rahim dan membelah menjadi sel-sel (proses pembelahan ini adalah di mana banyak kelainan kromosom terjadi).

5 juta sel sperma sekaligus berenang menuju tujuan akhir mereka yaitu menuju sel telur yang bersembunyi pada saluran sel telur. Walaupun pasukan sel sperma ini sangat banyak, tetapi pada akhirnya hanya 1 sel saja yang bisa menembus indung telur. Pada saat ini kepala sel sperma telah hampir masuk. Kita dapat melihat bagian tengah dan belakang sel sperma yang tidak henti-hentinya berusaha secara tekun menerobos dinding indung telur.

Morula menjadi blastokista dan akhirnya akan berakhir di rahim. Di mana saja dari hari ke 6 – 12 setelah pembuahan, blastokista akan melekat ke lapisan rahim dan memulai tahap embrionik.

Perkembangan embrio pada minggu pertama ini memiliki panjang 0,00 inchi dan berat 0,00 ons. Dalam perkembangan di minggu ini, memang tidak ada perubahan yang begitu banyak.

About The Author

Reply