Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Kaki (Bromodosis) – Andrygmv.net

Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Kaki (Bromodosis)

Apa itu bromodosis?

Bromodosis, atau bau kaki, adalah kondisi medis yang sangat umum. Itu karena penumpukan keringat, yang menghasilkan pertumbuhan bakteri pada kulit. Bakteri ini menyebabkan bau tak sedap. Infeksi jamur seperti kaki atlet juga dapat menyebabkan bromodosis.

Berita baiknya adalah bromodosis mudah, cepat, dan murah untuk diobati.

Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Kaki

Perawatan rumah untuk bau kaki

Tips ini dapat membantu mengurangi bau kaki Anda. Kuncinya adalah memastikan Anda mengikuti mereka secara teratur dan hati-hati.

  1. Jaga kaki Anda bersih dan rapi
  • Gunakan sabun lembut dan sikat untuk mencuci kaki setidaknya sekali sehari. Waktu terbaik untuk melakukan ini adalah selama mandi pagi atau sore hari. Sangat penting untuk mengeringkan kaki sepenuhnya setelah dicuci. Berikan perhatian khusus di antara jari-jari kaki Anda, di mana setiap basah dapat dengan mudah menyebabkan bakteri tumbuh.
  • Potong kuku jari kaki Anda sesering mungkin sehingga pendek, dan pastikan untuk membersihkannya secara teratur.
  • Hapus kulit mati yang keras dari kaki Anda dengan foot file. Kulit keras menjadi lembek dan lembut ketika basah, menciptakan tempat di mana bakteri suka hidup.
  • Ganti kaus kaki Anda setidaknya sekali sehari. Jika Anda berada di lingkungan yang panas, berolahraga, atau dalam situasi lain di mana kaki Anda menjadi berkeringat, Anda harus lebih sering mengganti kaus kaki.
  • Memiliki dua pasang sepatu yang Anda gantikan setiap hari. Ini memungkinkan setiap pasangan benar-benar kering karena keringat atau kelembaban selama sehari penuh sebelum dikenakan lagi. Anda dapat melepas sol di sepatu Anda untuk membantu mengeringkannya kembali. Sepatu basah memungkinkan bakteri tumbuh di kaki Anda lebih cepat.
  • Pilih kaus kaki yang menyerap kelembaban alih-alih tetap di kaki Anda. Ini termasuk kaus kaki tebal dan lembut yang terbuat dari serat alami atau kaus kaki olahraga.
  • Pakailah sandal berujung terbuka di cuaca hangat, dan pergilah bertelanjang kaki di dalam ruangan bila memungkinkan agar kaki Anda tetap kering.
  • Hindari sepatu yang ketat atau dapat mempertahankan kelembapan.
  • Gunakan bola kapas untuk mengoleskan sedikit alkohol ke kaki Anda setiap malam. Ini akan membantu mengeringkan kaki Anda. Hindari mengoleskannya ke kulit yang retak.
  • Oleskan semprotan kaki antijamur atau bubuk obat kaki sekali sehari.
  • Masukkan obat deodoran Sol ke dalam sepatu Anda.
  • Jika Anda perlu mengurangi bau kaki dengan cepat, aman untuk menggunakan semprotan antiperspiran atau deodoran pada kaki Anda.
  • Cobalah berbagai jenis sabun antijamur dan antibakteri hingga Anda menemukan yang paling cocok untuk Anda.
  • Rendam kaki Anda menggunakan Listerine atau cuka.
  1. Perhatikan kaus kaki dan sepatu Anda
  2. Gunakan produk kaki

Perawatan di rumah biasanya akan membantu mengurangi atau menghilangkan bau kaki Anda. Namun, jika perawatan di rumah tidak membantu meringankan bromodosis Anda, atau jika Anda khawatir keringat dan baunya parah, Anda harus mengunjungi dokter. Mereka mungkin meresepkan antiperspiran yang lebih kuat dan sabun kaki, dan dapat memberikan saran tentang perawatan medis untuk keringat berlebih (hyperhydrosis).

Apa yang menyebabkan kaki bau?

Kaki Anda menghasilkan banyak keringat. Mereka memiliki kelenjar keringat lebih banyak daripada bagian tubuh lainnya. Kelenjar ini melepaskan keringat sepanjang hari untuk membantu mendinginkan tubuh Anda dan menjaga kulit Anda tetap lembab.

Kaki semua orang berkeringat, tetapi remaja dan wanita hamil paling rentan terhadap kaki yang sangat berkeringat karena tubuh mereka menghasilkan hormon yang membuat mereka lebih banyak berkeringat. Orang-orang yang berjalan sepanjang hari di tempat kerja, berada di bawah banyak tekanan, atau memiliki kondisi medis yang membuat mereka lebih banyak berkeringat daripada orang lain cenderung memiliki kaki yang lebih kering.

Secara alami ada beberapa bakteri di kaki. Bakteri ini membantu memecah keringat pada kaki saat dilepaskan. Jika bakteri dan keringat menumpuk, bau busuk dapat terbentuk. Bakteri ekstra cenderung terbentuk ketika seseorang berkeringat di sepatu mereka, melepasnya, dan kemudian mengenakannya kembali tanpa membiarkannya benar-benar kering.

Kebersihan yang buruk juga dapat berperan dalam menyebabkan bromodosis. Cuci kaki yang tidak sering atau tidak mengganti kaus kaki Anda setidaknya sekali sehari dapat membuat bakteri tambahan mulai tumbuh di kaki Anda. Ini dapat menyebabkan bau kaki memburuk.

Kesimpulan

Meskipun ini adalah kondisi umum, bromodosis dapat membuat Anda merasa sadar diri. Berita baiknya adalah bromodosis cukup sederhana untuk diobati. Dengan perhatian setiap hari, Anda harus bisa mengurangi atau menghilangkan bau kaki Anda dalam waktu seminggu.

Kuncinya adalah menjadikan perawatan kaki sebagai bagian rutin dari rutinitas higienis Anda. Perawatan di rumah biasanya sangat efektif, tetapi dalam kasus yang parah dokter Anda dapat meresepkan perawatan yang lebih kuat.

About The Author