Avanza Baru Diproduksi Daihatsu, Veloz Baru Digarap Toyota

Andrygmv.net —

Toyota Veloz generasi terbaru tidak lagi diproduksi Astra Daihatsu Motor (ADM), sementara tugas tersebut diambil alih Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Dengan begitu tugas pabrik Daihatsu di Tanah Air akan memproduksi Xenia dan Avanza.

Presiden Direktur TMMIN Waring Andang sebelumnya mengumumkan hal tersebut dalam peluncuran generasi terbaru Avanza dan Veloz di Indonesia secara virtual hari ini.

“Kami TMMIN bertekad untuk memberikan lebih banyak mobility happiness for all kepada konsumen dengan memproduksi All New Veloz sebagai model line up terbaru,” kata Warih, Rabu (10/11).

Warih menyebut produksi Veloz ini memberikan tanggung jawab baru bagi perusahaan sebagai divisi perakitan Toyota di dalam negeri.

“Produksi Veloz memberikan tanggungjawab baru bagi kami sebagai bagian dari industri manufaktur nasional. Kami ingin selalu menghadirkan jajaran produk Toyota utuk menjawab kebutuhan konsumen yang semakin dinamis,” ucap Warih.

Direktur TMMIN Bob Azam menjelaskan produksi Veloz di pabrik Toyota di Karawang, Jawa Barat, Plant 2 dipastikan tidak akan mengganggu aktivitas produksi model Toyota lain.

Menurut Bob Veloz generasi terbaru akan diekspor ke destinasi 16 negara mulai 2022.

Direktur Marketing Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy menambahkan produksi dibuat terpisah merupakan bagian dari strategi perusahaan lantaran keduanya berada dalam satu induk yang sama yaitu Toyota Group.

“Ini tidak ada masalah karena masuk ke dalam strategi. Dan yang terpenting masih di dalam garis yang sama,” kata Anton.

Anton mengatakan pihaknya memiliki target penjualan Avanza baru dan Veloz baru mencapai 7.000-8.000 ribu unit per bulan.

Toyota Avanza dan Veloz meluncur di Indonesia, Rabu (10/11). Model generasi ketiga ini jauh berbeda dari sebelumnya, mulai dari platform, roda penggerak, eksterior, hingga fitur.




Generasi ketiga Toyota Avanza meluncur di Indonesia pada Rabu (10/11/2021).Toyota Veloz generasi terbaru meluncur di Indonesia pada Rabu (10/11). (Foto: Toyota Astra Motor)

Avanza tersedia empat varian, hanya satu yang menggunakan mesin 1.300 cc sedangkan lainnya 1.500 cc. Sementara Veloz menggunakan mesin 1.500 cc dan tersedia tiga varian.

Ubahan Avanza baru dapat telihat melalui desain eksterior yang dapat disimpulkan menyerupai Sport Utility Vehicle (SUV). Bahkan untuk area wajahnya mengingatkan kita pada produk Toyota yang lain, Corolla Cross.

Mobil ini memiliki panjang 4.395 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi hingga 1.700 mm, sedangkan wheelbase tercatat 2.750 mm. Ukuran ini membuat Avanza dan Veloz jadi lebih besar dari generasi sebelumnya.

Kemudian perubahan platformnya disebut sebagai transformasi Platform Full Engine – Front Wheel Drive (FF). Platform FF ini diklaim membuat Avanza lebih stabilitas dan juga ada pengaturan suspensi baru yang disebut membuat mobil ini lebih halus dan senyap.

Sementara tampilan desain eksterior mobil ini dipadukan dengan pelek 16 inci dengan tema 3 dimensi kontemporer bakal varian 1,5 G.

(mik)

[Gambas:Video CNN]