Astronaut Berbagi Kisah Tumpangi Kapsul SpaceX Pakai Popok

Andrygmv.net —

Empat astronaut misi NASA yang menumpangi kapsul SpaceX terpaksa harus memakai popok selama delapan jam penerbangan pulang ke Bumi.

Empat astronaut yang tergabung dalam Crew-2 tersebut kembali ke Bumi dengan selamat pada hari Senin (8/11) waktu setempat sekaligus mengakhiri misi 200 hari di ISS.

Dilansir dari Phys, perjalanan pulang ke Bumi bukan menjadi yang paling nyaman dirasakan para astronaut. Toilet kapsul yang rusak membuat mereka harus bergantung pada popok untuk perjalanan pulang yang membutuhkan waktu sekitar delapan jam.

Para astronaut mengabaikannya dan menjadikan penggunaan popok selama perjalanan pulang ke bumi sebagai tantangan tersendiri dalam misi mereka.

Sebelumnya, beberapa masalah dan kendala lain muncul dalam misi perjalanan. Isu pertama muncul tak lama setelah keempat astronaut lepas landas pada April lalu.

Mission Control memperingatkan bakal ada sepotong sampah luar angkasa yang mengancam dan akan bertabrakan dengan kapsul mereka. Namun, pada kenyataannya hal tersebut tak terjadi.

Kemudian pada Juli, pendorong di laboratorium Rusia yang baru tiba secara tidak sengaja menembak dan membuat stasiun luar angkasa berputar. Keempat astronot berlindung di kapsul SpaceX mereka yang berlabuh, bahkan siap untuk pulang lebih awal jika diperlukan.

Dari sekian banyak masalah yang dihadapi pada misi kali ini, tonggak sejarah telah dibuat keempat astronaut. Mereka disebut berhasil meningkatkan tenaga surya stasiun luar angkasa, kunjungan pembuatan film oleh kru dari Rusia dan panen cabai pertama di luar angkasa.

“Atas nama SpaceX, selamat datang di rumah, Planet Bumi,” sebut SpaceX Mission Control melalui radio dari California Selatan usai kapsul SpaceX mendarat di Teluk Meksiko di lepas pantai Pensacola, Florida.

Sebelum kepulangan empat astronaut tersebut ke Bumi, NASA sebenarnya menjadwalkan misi lain untuk diluncurkan lebih dulu. Tapi NASA mengubahnya akibat cuaca buruk dan kondisi medis astronot yang dirahasiakan.

Sebelum meninggalkan luar angkasa, keempatnya berkeliling stasiun untuk mengambil gambar.

Ini adalah perjalanan pertama untuk SpaceX menggunakan pesawat ulang-alik NASA yang biasanya dilakukan sepanjang waktu sebelum pensiun satu dekade lalu di mana penerbangan kapsul Rusia terakhir adalah tiga tahun lalu.

Awak kapal berikutnya juga akan menghabiskan enam bulan di luar angkasa. Mereka akan menyambut rombongan wisatawan yang datang secara berurutan.

Wisatawan itu adalah seorang taipan Jepang dan asisten pribadinya yang disebut akan mendapatkan tumpangan dari Badan Antariksa Rusia pada Desember mendatang. Kemudian diikuti tiga pengusaha yang tiba melalui SpaceX pada Februari.

Kathy Lueders dari NASA, kepala operasi luar angkasa, mengatakan para insinyur akan mengevaluasi inflasi yang tertinggal dari salah satu dari empat parasut utama.

Inflasi itu terlihat dalam pengujian ketika garis-garis itu menyatu meskipun secara keseluruhan pengembaliannya tampak bersih.

“Saya tidak dapat memberi tahu Anda betapa senangnya saya melihat keempat anggota kru kembali ke Bumi dan saya menantikan untuk meluncurkan empat set [astronaut] lagi minggu ini,” ucap Lueders.

(ttf)

[Gambas:Video CNN]