Apple Izinkan Pengguna Servis dan Beli Suku Cadang Sendiri

Andrygmv.net —

Produsen teknologi Apple bakal izinkan pengguna produk-produk seperti iPhone, MacBook, dan sebagainya untuk membeli suku cadang dan memperbaiki sendiri jika alami kerusakan.

Dilansir dari CNN, perusahaan tersebut mengumumkan program baru yang akan membuat suku cadang produk Apple tersedia untuk dibeli mulai awal 2022.

Program Self Service Repair memungkinkan pengguna untuk memperbaiki perangkat mereka dengan membeli suku cadang resmi, didampingi panduan resmi yang akan disediakan Apple.

Program tersebut akan dimulai dengan bagian-bagian pada iPhone yang rawan ganti, seperti layar, baterai, bahkan hingga kamera yang tertanam di ponsel.

Apple menyebut akan menyediakan lebih dari 200 suku cadang dan alat yang tersedia saat peluncuran, dan berencana untuk menambahkan lebih banyak lagi akhir tahun depan.

Program Self Service Repair awalnya hanya akan tersedia untuk pengguna iPhone 12 dan iPhone 13, tetapi kemudian akan diperluas ke komputer Mac yang menggunakan chip M1 internal Apple yang baru.

Harga yang akan dibebankan pada pengguna akan sama dengan harga yang dibanderol untuk tempat-tempat jasa perbaikan yang kini telah ada. Harga akan diungkapkan saat program ini diresmikan.

Program ini disebut sebagai jawaban atas kritikan eksklusivitas Apple, yang menyulitkan perbaikan perangkat, serta mempersulit bisnis jasa independen untuk mendapatkan suku cadang resmi.

Perbaikan mandiri ini juga sebagai jawaban atas perintah presiden Amerika Serikat Joe Biden yang mengharuskan perusahaan mengizinkan perbaikan DIY atau Do It Yourself.

Regulator di Inggris dan Eropa juga telah meloloskan atau sedang mempertimbangkan undang-undang yang mengharuskan produsen gadget menyediakan suku cadang kepada pelanggan mereka.

Gerakan memperjuangkan “Hak untuk memperbaiki” yang belakangan bergaung juga disuarakan salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak. Ia menyebut “sangat mendukung” terwujudnya program servis mandiri.

(tim/fjr)

[Gambas:Video CNN]