Apakah Tomat Buah atau Sayuran? – Andrygmv.net

Apakah Tomat Buah atau Sayuran?

Tomat sangat mungkin merupakan salah satu dari penawaran produk musim panas paling serbaguna. Mereka biasanya dikelompokkan bersama sayuran di dunia kuliner, tetapi Anda mungkin juga pernah mendengarnya disebut sebagai buah-buahan.

Artikel ini mengeksplorasi apakah tomat adalah buah-buahan atau sayuran dan mengapa mereka kadang-kadang bingung satu atau yang lain.

Apakah Tomat Buah atau Sayuran

Apa Perbedaan Antara Buah dan Sayuran?

Secara nutrisi, buah-buahan dan sayuran mendapat banyak perhatian karena kaya akan sumber vitamin, mineral, dan serat. Meskipun mereka memiliki banyak kesamaan, buah-buahan dan sayuran juga memiliki beberapa perbedaan.

Namun, perbedaan-perbedaan ini akan sangat bervariasi tergantung pada apakah Anda berbicara dengan petani atau koki.

Klasifikasi Botani

Klasifikasi botani buah-buahan dan sayuran terutama didasarkan pada struktur dan fungsi bagian tanaman yang bersangkutan.

Buah-buahan terbentuk dari bunga, memiliki biji dan membantu proses reproduksi tanaman. Beberapa buah-buahan yang umum termasuk apel, persik, blueberry dan raspberry.

Di sisi lain, sayuran adalah akar, batang, daun atau bagian tambahan lain dari tanaman. Beberapa sayuran terkenal termasuk bayam, selada, wortel, bit, dan seledri.

Klasifikasi Kuline

Dalam hal memasak, sistem klasifikasi untuk buah-buahan dan sayuran berubah secara signifikan dibandingkan dengan bagaimana mereka dikategorikan secara botani.

Dalam praktik kuliner, buah-buahan dan sayuran digunakan dan diterapkan terutama berdasarkan profil rasa mereka.

Umumnya, buah memiliki tekstur lembut dan cenderung keliru di sisi manis. Mungkin juga agak asam atau tajam. Ini paling cocok untuk hidangan penutup, kue kering, smoothie, selai atau dimakan sendiri sebagai camilan.

Sebaliknya, sayuran biasanya memiliki rasa yang lebih hambar dan pahit. Biasanya memiliki tekstur yang lebih keras daripada buah dan, meskipun beberapa dinikmati mentah, mungkin perlu dimasak. Mereka paling cocok untuk hidangan gurih seperti tumis, semur, salad dan casserole.

Secara Botani, Tomat Adalah Buah

Menurut ilmu pengetahuan, tomat adalah buah-buahan. Semua buah memiliki biji tunggal atau banyak biji di dalam dan tumbuh dari bunga tanaman.

Seperti buah-buahan sejati lainnya, tomat terbentuk dari bunga-bunga kuning kecil di pokok anggur dan secara alami mengandung banyak biji. Biji ini nantinya bisa dipanen dan digunakan untuk menghasilkan lebih banyak tanaman tomat.

Menariknya, beberapa varietas modern dari tanaman tomat sengaja dibudidayakan untuk berhenti memproduksi biji. Bahkan ketika ini masalahnya, tomat masih dianggap sebagai buah dari tanaman dalam istilah botani.

Mereka juga Sering Diklasifikasikan sebagai Sayuran

Banyak kebingungan tentang apakah tomat adalah buah atau sayuran berasal dari aplikasi kuliner umum untuk tomat.

Memasak adalah seni sama halnya dengan ilmu pengetahuan, yang cenderung memberi jalan kepada lebih banyak fleksibilitas untuk bagaimana berbagai makanan dikategorikan.

Dalam memasak, tomat biasanya digunakan sendiri atau dipasangkan bersama sayuran asli lainnya dalam hidangan gurih. Hasilnya, mereka mendapatkan reputasi sebagai sayuran, meskipun secara teknis mereka adalah buah berdasarkan standar ilmiah.

Tomat bukan satu-satunya makanan yang berjuang melawan krisis identitas semacam ini. Bahkan, cukup umum untuk tanaman yang secara botani diklasifikasikan sebagai buah untuk digunakan sebagai sayuran dalam praktik kuliner.

Buah-buahan lain yang sering dianggap sayuran termasuk:

  • Timun
  • Labu
  • Kacang polong
  • Paprika
  • Terong

Meskipun jauh lebih jarang, kadang-kadang sayuran digunakan lebih seperti buah-buahan dalam skenario kuliner tertentu juga.

Rhubarb, misalnya, sering dimasukkan dalam resep gaya makanan penutup yang manis meskipun itu sayuran. Ini juga dicontohkan dalam hidangan lain seperti kue wortel atau pai ubi jalar.

Kesimpulan

Tomat secara botani didefinisikan sebagai buah karena mereka terbentuk dari bunga dan mengandung biji.

Namun, mereka paling sering digunakan seperti sayur dalam masakan. Faktanya, Mahkamah Agung AS memutuskan pada tahun 1893 bahwa tomat harus diklasifikasikan sebagai sayuran berdasarkan aplikasi kulinernya.

Sudah lazim bagi praktik kuliner untuk mengaburkan garis definisi ilmiah tentang apa yang merupakan buah atau sayuran. Banyak tanaman yang dianggap sayuran sebenarnya buah-buahan.

Untuk semua maksud dan tujuan, tomat keduanya. Jika Anda berbicara dengan seorang petani atau tukang kebun, itu buah-buahan. Jika Anda berbicara dengan koki, itu sayuran.

Apapun itu, mereka adalah tambahan yang lezat dan bergizi untuk diet apa pun.

About The Author