Apa yang Harus Dilakukan Ketika Sakit Punggung Saat Hamil?

Sakit punggung saat hamil terkadang sangat mengganggu

Selama kehamilan Anda, Anda mungkin mengalami sakit punggung dari waktu ke waktu. Ini tidak biasa, dan Anda mungkin bisa mengobati atau mencegahnya dengan mengubah posisi Anda tidur, atau dengan melakukan beberapa latihan setiap hari. Di sini, kami menguraikan apa yang menyebabkan nyeri punggung selama kehamilan, memberikan beberapa gagasan pereda nyeri dan pencegahan, dan menjelaskan kapan sebaiknya menghubungi penyedia layanan kesehatan Anda.

Penyebab Nyeri Punggung Selama Kehamilan
Sebanyak 80 persen dari ibu yang mengalami sakit punggung di beberapa titik selama kehamilan mereka, dan penyebabnya bisa bervariasi. Pelaku utama sering tegang pada otot punggung Anda yang disebabkan oleh kenaikan berat badan kehamilan dan oleh perubahan dalam postur Anda karena perut Anda tumbuh. Saat kehamilan Anda berkembang, ada lebih banyak beban di bagian depan tubuh Anda, membuat Anda membungkuk sedikit ke depan. Agar Anda tetap seimbang, postur tubuh Anda berubah, dan Anda mungkin terlalu banyak mengoreksi dan bersandar terlalu jauh. Ketegangan ekstra bisa membuat punggung Anda terasa kaku dan sakit.

Otot perut yang lemah juga bisa menyebabkan sakit punggung. Saat bayi Anda tumbuh, otot-otot perut Anda dapat meregang dan melemah. Otot-otot ini memainkan peran penting dalam mendukung tulang belakang Anda, sehingga ketika mereka melemah, punggung Anda dapat mulai terasa sakit.

Beberapa hormon kehamilan juga bisa berperan. Hormon yang dimaksudkan untuk merilekskan ligamen dan sendi panggul Anda untuk membantu bayi Anda melewati jalan lahir lebih mudah juga dapat melonggarkan sendi punggung Anda, yang dapat menyebabkan mereka untuk overextend, yang mengarah ke rasa sakit.

Gagasan Pereda Nyeri
Penyedia layanan kesehatan Anda adalah sumber daya terbaik untuk saran yang dipersonalisasi dan dapat merekomendasikan pengobatan atau terapi fisik untuk membantu meringankan rasa sakit. Strategi ini juga dapat membantu mencegah atau mengurangi keparahan nyeri punggung selama kehamilan:

-Olahraga. Salah satu pilihan paling efektif adalah mendapatkan aktivitas fisik secara teratur, yang membantu menguatkan otot punggung dan otot kaki Anda. Olahraga teratur juga dapat membantu memperbaiki postur Anda. Lihatlah peregangan ini, yang dapat Anda pertimbangkan untuk menambah rutinitas harian Anda juga. Pastikan saja untuk mendapatkan lampu hijau dari operator Anda sebelum memulai rejimen olahraga baru.
-Menerapkan panas atau dingin. Tempatkan handuk di sekitar bantal pemanas atau kompres es untuk menghindari luka bakar, dan letakkan di area yang sakit.
-Berikan postur yang baik. Berdiri tegak dan tinggi; menjaga bahu Anda kembali dan rileks; jangan mengunci lututmu. Ketika Anda duduk, pilih kursi dengan sandaran punggung yang baik atau gunakan bantal untuk mendukung punggung bawah Anda.
-Memakai sepatu yang nyaman. Pastikan sepatu Anda memiliki dukungan lengkungan yang baik. Pakailah sepatu hak rendah daripada sepatu datar. Hindari sepatu hak tinggi, karena ini dapat menggeser keseimbangan Anda lebih jauh ke depan.
– Tidur yang nyaman. Gunakan bantal di antara kaki Anda dan / atau di bawah perut Anda untuk mendapat dukungan. Kasur yang keras juga dapat memberikan dukungan ekstra untuk punggung Anda.
-Hati-hati ketika kamu mengambil benda berat. Jika Anda ingin mengambil sesuatu dari tanah, jangan membungkuk di pinggang. Sebaliknya, jongkok untuk mengambilnya, dan jaga punggung tetap lurus.
-Hindari berdiri untuk jangka waktu yang lama, jika Anda bisa.
– Dukung perutmu. Kenakan celana bersalin atau korset dukungan perut untuk memberikan otot perut Anda dengan dukungan ekstra.

Jenis Nyeri Punggung dan Kapan Mereka Mungkin Terjadi Selama Kehamilan
Ada banyak jenis rasa sakit, dan orang yang berbeda mengalami rasa sakit dengan cara yang berbeda dan pada waktu yang berbeda. Sebagai contoh, Anda mungkin melihat tusukan tajam ketika Anda melakukan gerakan tertentu, seperti keluar dari mobil atau menaiki tangga. Atau, Anda mungkin mengalami kram otot atau kejang saat Anda duduk atau tidur di posisi tertentu. Nyeri bisa datang tiba-tiba atau lambat, dan Anda mungkin merasakan apa pun dari rasa sakit yang tajam sampai tekanan tumpul konstan atau rasa sakit berdenyut yang datang dan pergi. Anda bahkan mungkin mengalami kombinasi sensasi ini. Kadang-kadang bisa sulit untuk menentukan lokasi yang tepat dari rasa sakit. Misalnya, Anda mungkin mengalami kesulitan membedakan nyeri punggung dari nyeri di panggul atau pinggul.

Nyeri Punggung di Awal Kehamilan
Ada banyak gejala awal kehamilan, dan jika nyeri punggung bawah adalah sesuatu yang Anda alami di trimester pertama, tanyakan dokter Anda tentang apa yang mungkin menyebabkannya. Nyeri punggung biasanya tidak terkait dengan kehamilan awal, dan mungkin disebabkan oleh sesuatu yang tidak terkait dengan kehamilan.

Ada begitu banyak hal yang terjadi selama kehamilan, dan jika sakit punggung membuat Anda lemah, cobalah mengingat mengapa Anda mengalami semua ini dan banyak lagi. Anda akan segera memiliki bayi untuk dipegang! Pertimbangkan untuk mencoba beberapa kiat dalam artikel ini, dan bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk mendapatkan saran ahli tentang apa yang dapat bekerja paling baik untuk situasi Anda. Dengan sedikit keberuntungan, sesuatu yang Anda coba akan membantu meringankan rasa sakit dan nyeri itu!

About The Author