Apa Manfaat dan Efek Samping dari Air Jahe? – Andrygmv.net

Apa Manfaat dan Efek Samping dari Air Jahe?

Berasal dari Asia Tenggara, jahe adalah makanan umum dan obat-obatan di seluruh dunia. Tanaman jahe kaya akan bahan kimia alami yang dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Anda.

Air jahe, juga dikenal sebagai teh jahe, adalah salah satu cara untuk menikmati manfaat jahe. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat, penggunaan, dan efek samping air jahe.

 

Apa Manfaat dan Efek Samping dari Air Jahe

Manfaat

Seperti halnya banyak obat herbal, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk lebih memahami dan membuktikan kegunaan untuk air jahe dan jahe. Ada banyak anekdot tentang penggunaan air jahe yang tidak dapat dijamin sehat atau efektif. Namun, ada beberapa manfaat potensial yang didukung oleh penelitian terbatas.

  1. Anti-inflamasi

Peradangan adalah salah satu fungsi pertahanan diri alami tubuh Anda. Kuman, bahan kimia, dan pola makan yang buruk dapat menyebabkan terlalu banyak peradangan dan membahayakan tubuh Anda.

Peradangan telah menjadi pengalaman yang sangat umum bagi banyak orang. Perubahan pola makan dan gaya hidup mungkin diperlukan untuk melawan peradangan kronis.

Mengkonsumsi jahe dapat membantu mencegah dan menyembuhkan peradangan. Satu studi menemukan bahwa jahe dapat mengurangi reaksi alergi, di mana peradangan dapat berperan.

Sebuah penelitian kecil juga menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen jahe setiap hari memiliki lebih sedikit nyeri otot setelah berolahraga. Nyeri otot bisa disebabkan oleh peradangan.

  1. Antioksidan

Sifat antioksidan jahe dapat membantu mencegah:

  • penyakit jantung
  • penyakit neurodegeneratif, seperti Parkinson, Alzheimer, dan Huntington
  • kanker
  • gejala penuaan

Antioksidan melawan spesies oksigen reaktif (ROS), yang menyebabkan stres oksidatif dan merusak sel-sel Anda. Tubuh Anda secara alami membuat ROS, tetapi beberapa pilihan gaya hidup, seperti minum alkohol dalam jumlah besar, merokok, atau mengalami stres kronis dapat membuat Anda menghasilkan ROS terlalu banyak. Mengkonsumsi makanan dan minuman dengan antioksidan, seperti air jahe, dapat membantu mencegah dan melawan efek samping negatif ROS.

Satu studi menemukan bahwa jahe dapat mencegah atau memperlambat gagal ginjal. Jahe juga dapat memperlambat pertumbuhan tumor, dan satu studi menemukan bukti bahwa jahe dapat membantu mengendalikan beberapa jenis kanker.

  1. Anti Mual dan bantuan pencernaan

Budaya di seluruh dunia secara teratur mengkonsumsi jahe untuk membantu meringankan gangguan pencernaan, muntah, dan mual. Studi meyakinkan tentang seberapa efektif ini.

  1. Menyeimbangkan gula darah

Satu studi menemukan bahwa jahe meningkatkan fasting gula darah pada penderita diabetes. Temuan ini dan lainnya menunjukkan janji bahwa jahe dapat membantu mengobati masalah kesehatan yang disebabkan oleh diabetes kronis.

  1. Kolesterol

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa jahe mengurangi penanda penyakit jantung seperti aktivitas arginase, kolesterol LDL, dan trigliserida pada tikus memberikan diet tinggi lemak.

  1. Penurunan berat badan

Air jahe dapat membantu menurunkan berat badan jika dikombinasikan dengan diet dan olahraga yang sehat. Satu studi menunjukkan bahwa jahe menekan obesitas pada tikus yang melakukan diet tinggi lemak. Dan penelitian lain menemukan bahwa pria yang minum minuman jahe panas setelah makan merasa lebih kenyang lebih lama. Gula darah yang seimbang juga bisa mencegah Anda makan berlebihan.

  1. Hidrasi

Manfaat ini sebagian besar karena Anda mengambil jahe dalam air. Tetap terhidrasi sangat penting untuk mendukung setiap aspek kesehatan Anda. Banyak dari kita tidak cukup minum air putih setiap hari. Memulai hari Anda dengan segelas air jahe, atau menemukan waktu minum lain yang teratur setiap hari, akan membantu Anda terhidrasi.

Risiko

Seperti halnya ramuan atau suplemen apa pun, jahe dapat berinteraksi buruk dengan obat lain yang Anda gunakan. Efek samping dari jahe jarang terjadi tetapi dapat mencakup yang berikut jika jahe dikonsumsi berlebihan:

  • Mulas
  • Gas
  • Sakit perut
  • Terbakar di mulut

Jangan mengonsumsi lebih dari 4 gram jahe pada hari tertentu dalam bentuk apa pun.

Orang dengan penyakit jantung, diabetes, dan batu empedu harus berbicara dengan dokter mereka sebelum mengonsumsi jahe sebagai suplemen. Anda juga harus berbicara dengan dokter Anda tentang keamanan mengonsumsi jahe jika Anda hamil, menyusui, atau akan menjalani operasi.

Apakah air jahe aman selama kehamilan?

Para peneliti telah melihat peran yang mungkin dimainkan oleh jahe dalam membantu mengobati mual dan muntah pada kehamilan. Satu studi mencatat bahwa bukti mendukung kemanjuran jahe untuk pengobatan mual kehamilan, tetapi mungkin ada risiko keamanan bagi beberapa wanita. Namun, sebuah tinjauan studi yang sistematis, tidak menemukan efek buruk yang disebabkan oleh konsumsi jahe pada wanita hamil.

Bicaralah dengan dokter Anda sebelum mengambil suplemen atau ramuan selama kehamilan. Dalam beberapa kasus, perubahan pola makan dan gaya hidup dapat membantu mengurangi mual pada kehamilan:

  • makan teratur, makanan kecil
  • hindari makanan yang berminyak atau pedas, karena dapat mengganggu perut Anda
  • tidur setidaknya tujuh jam setiap malam
  • tetap terhidrasi

Bisakah air jahe berfungsi sebagai detoksifikasi?

Ritual detoks bertujuan untuk perlahan-lahan membuang racun tubuh Anda dari waktu ke waktu. Beberapa orang menggunakan air jahe dicampur dengan jus lemon sebagai detoksifikasi. Hanya ada bukti anekdotal untuk mendukung penggunaan ini.

Karena jahe dapat melawan kuman, penyakit, peradangan, dan molekul penyebab kanker, minum sedikit setiap hari dapat mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan. Jahe adalah akar alami, jadi meminumnya juga akan memberi Anda nutrisi tambahan.

Cara membuat air jahe

Jahe segar adalah sumber terbaik untuk membuat air jahe Anda sendiri. Banyak produk yang mengandung rasa jahe atau jahe buatan, tetapi Anda akan mendapatkan manfaat paling banyak dari air jahe yang Anda buat sendiri. Plus, mudah disiapkan.

Anda dapat menemukan jahe segar di bagian produksi di toko bahan makanan. Ini adalah akar berwarna krem, biasanya beberapa inci panjangnya.

Untuk membuat air jahe, Anda harus memasak jahe dalam air dan membuat teh. Anda dapat meninggalkan kulit pada jahe karena Anda tidak akan memakannya dengan benar dan banyak nutrisi berada tepat di bawah kulit.

Anda bisa menggunakan lebih banyak air atau lebih sedikit jahe tergantung seberapa kuat air jahe yang Anda inginkan. Rasio air terhadap jahe di bawah ini setara dengan 1 gram ekstrak jahe.

  1. Cuci bagian dari jahe yang akan Anda gunakan.
  2. Gunakan zester untuk memarut 1/2 sendok teh jahe.
  3. Rebus 4 gelas air di atas kompor.
  4. Tambahkan jahe setelah air mendidih.
  5. Angkat air jahe dari api dan biarkan jahe masuk ke dalam air selama 10 menit.
  6. Saring potongan jahe dari air dan buang jahe.
  7. Minumlah air jahe panas atau dingin.

Air jahe lezat dengan satu sendok teh atau kurang madu yang ditambahkan atau jus lemon, tetapi jangan berlebihan dengan tambahan pemanis. Jika Anda pikir Anda ingin minum air jahe setiap hari, Anda bisa membuatnya dalam jumlah besar dan menyimpannya di lemari es.

Dosis

Dokter merekomendasikan untuk mengonsumsi maksimal 3-4 gram ekstrak jahe per hari. Jika Anda hamil, jangan mengonsumsi lebih dari 1 gram ekstrak jahe per hari. Jahe tidak dianjurkan untuk anak di bawah usia 2 tahun.

Yang berikut ini setara dengan 1 gram jahe:

  • 1/2 sendok teh jahe bubuk
  • 1 sendok teh parutan jahe mentah
  • 4 gelas air direndam dengan 1/2 sendok teh jahe parut

Jahe mentah lebih sedikit diperlukan saat membuat teh karena nutrisi tertentu dalam jahe berkonsentrasi saat dipanaskan.

Kesimpulan

Mengkonsumsi jahe dapat mendukung kesehatan Anda dan juga dapat membantu mengobati banyak masalah kesehatan. Minum air jahe juga merupakan cara yang bagus untuk tetap terhidrasi, yang penting bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Bicarakan dengan dokter Anda tentang ramuan suplemen apa pun yang ingin Anda coba. Dan jika Anda tertarik pada jahe, mulailah dengan membuat air jahe sendiri dari akar jahe segar.

User mencari:
  • pengaruh jika makan buah apel dengan air jahe

About The Author