Apa itu Air Kefir? Manfaat, Penggunaan, dan Resep – Andrygmv.net

Apa itu Air Kefir? Manfaat, Penggunaan, dan Resep

Air kefir adalah minuman yang disukai karena rasanya yang bersoda dan manfaat kesehatan yang mengesankan.

Selain mengemas probiotik yang kuat, minuman lezat ini juga terbukti meningkatkan kekebalan tubuh, memperlambat pertumbuhan sel kanker, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Yang terbaik, itu bisa dibuat di rumah hanya dengan menggunakan beberapa bahan sederhana.

Artikel ini mengulas manfaat dan penggunaan air kefir dan cara membuatnya sendiri.

Apa itu Air Kefir Manfaat, Penggunaan, dan Resep

Apa itu Air Kefir?

Air kefir adalah minuman fermentasi, berkarbonasi yang diproduksi menggunakan butiran air kefir. Juga dikenal sebagai tibicos, lebah California, kristal air Jepang dan nama lainnya, air kefir diperkirakan berasal pada akhir 1800-an.

Tidak seperti kefir biasa, yang terbuat dari sapi, domba, atau susu kambing, air kefir dibuat dengan menggabungkan air gula dengan butiran air kefir – sejenis kultur bakteri dan ragi mirip gandum.

Campuran ini kemudian biasanya difermentasi selama 24-48 jam, menghasilkan minuman probiotik yang kaya bakteri menguntungkan.

Air kefir tidak hanya lezat dan mudah dinikmati tetapi juga dikemas dengan manfaat kesehatan dan dapat menjadi tambahan yang bagus untuk diet bergizi dan lengkap.

Mudah disiapkan dan disesuaikan dengan selera Anda.

Kaya akan Bakteri yang Menguntungkan

Salah satu manfaat terpenting air kefir adalah kandungan probiotiknya.

Probiotik adalah jenis bakteri menguntungkan yang ditemukan di usus Anda yang memainkan peran integral di hampir setiap aspek kesehatan, dari pencegahan kanker hingga fungsi kekebalan tubuh dan seterusnya.

Sementara yogurt mungkin merupakan sumber probiotik yang paling terkenal dalam diet modern, kefir sebenarnya dianggap sebagai sumber yang lebih baik, karena menyediakan beragam bakteri dan ragi.

Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa butir kefir dapat mengandung hingga 56 jenis bakteri dan ragi yang berbeda.

Beberapa keluarga bakteri menguntungkan yang paling umum ditemukan dalam kefir termasuk Lactobacillus, Lactococcus, Streptococcus dan Leuconostoc.

Dapat Membantu Memerangi Sel Kanker

Sementara penelitian saat ini terbatas pada studi tabung reaksi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa air kefir dapat membantu mengurangi pertumbuhan jenis kanker tertentu.

Satu studi menemukan bahwa ekstrak kefir efektif menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Sementara itu, penelitian lain menunjukkan bahwa kefir bisa bermanfaat melawan kanker usus besar dan darah juga.

Karena kaya akan probiotik, itu juga dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh untuk berpotensi membantu pencegahan kanker.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengevaluasi bagaimana air kefir dapat berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan sel kanker pada manusia.

Bisa Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Berkat konsentrasi bakteri menguntungkan yang tinggi, menambahkan air kefir ke dalam makanan sehari-hari Anda dapat memberikan sistem kekebalan tubuh Anda dorongan yang kuat.

Studi menunjukkan bahwa jenis probiotik tertentu dapat membantu mengurangi risiko infeksi usus, mencegah terulangnya infeksi saluran kemih pada wanita dan bahkan menjaga infeksi saluran pernapasan tetap di teluk.

Dalam penelitian pada hewan, kefir juga terbukti membantu menekan respons peradangan yang dipicu oleh masalah seperti asma.

Plus, satu studi kecil enam minggu pada 18 orang menemukan bahwa mengkonsumsi kefir setiap hari mampu mengendalikan peradangan dan mengoptimalkan tingkat sel-sel kekebalan dalam tubuh.

Dapat Menyebabkan Efek Samping pada Beberapa Orang

Bagi kebanyakan orang, air kefir dapat dinikmati dengan aman dengan risiko minimal gejala yang merugikan.

Seperti makanan kaya probiotik lainnya, efek samping paling umum termasuk masalah pencernaan seperti kembung, mual, sembelit dan kram. Efek samping ini cenderung berkurang dengan konsumsi berkelanjutan.

Anda mungkin ingin memeriksakan diri ke dokter sebelum minum air kefir jika Anda memiliki kondisi yang melemahkan sistem kekebalan Anda, seperti AIDS.

Meskipun penelitian umumnya menunjukkan bahwa probiotik aman untuk orang-orang ini, beberapa laporan kasus menunjukkan bahwa probiotik mungkin dikaitkan dengan risiko infeksi yang lebih tinggi.

Mudah Dinikmati dan Dibuat di Rumah

Air kefir sangat beraroma, membuatnya mudah untuk mengambil keuntungan dari banyak manfaat kesehatan yang diberikan minuman ini.

Rasanya dapat bervariasi berdasarkan banyak faktor tetapi sering digambarkan sebagai sedikit manis dengan sedikit aftertaste yang datar.

Untuk membuatnya sendiri, campurkan 1/2 cangkir (118 ml) air panas dengan 1/4 gelas (50 gram) gula dalam botol dan aduk campuran tersebut menjadi satu hingga larut.

Selanjutnya, tambahkan sekitar 3 gelas (710 ml) air suhu kamar ke dalam toples, bersama dengan butiran kefir air Anda.

Tutupi dan letakkan botol di tempat yang hangat dengan suhu sekitar 68–85 ° F (20–30 ° C) dan biarkan fermentasi selama 24-48 jam.

Butir kefir air kemudian dapat dipisahkan dari campuran dan ditambahkan ke batch baru air gula, sementara produk jadi siap untuk Anda nikmati.

Anda dapat minum air kefir apa adanya atau bereksperimen dengan berbagai perasa seperti ekstrak vanila, jus buah, buah beku atau daun mint untuk camilan yang menyegarkan dan lezat.

Kesimpulan

Air kefir adalah minuman probiotik yang dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk peningkatan kekebalan dan bahkan perlindungan terhadap jenis kanker tertentu.

Bebas susu dan ramah vegan, minuman lezat ini menawarkan bakteri dan ragi yang bermanfaat dan dapat dengan mudah dibuat di rumah dari air gula dan biji-bijian kefir air.

Jika Anda ingin menambahkan lebih banyak probiotik ke dalam diet Anda dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan, pertimbangkan untuk mencoba air kefir.

About The Author