Anies Kena Roasting di TV, Ganjar Ikut Dibahas Netizen

Andrygmv.net —

Pendiri Drone Emprit dan Media Kernels Indonesia Ismail Fahmi, memaparkan bahwa dinamika percakapan tentang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Twitter cukup menarik.

Kedua nama tersebut tengah menjadi perbincangan. Anies tengah menjadi sorotan karena sempat di-roasting oleh komedian Kiky Saputri dalam sebuah acara komedi di TV.

Roasting merupakan serangkaian candaan yang dilontarkan oleh pelawak dengan tujuan meledek dan menertawakan penonton atau orang lain yang dijadikan sasarannya.

Selain itu di jagat Twitter Anies juga di-roasting oleh beberapa pegiat media sosial.

“Menarik melihat dinamika percakapan tentang kedua tokoh @aniesbaswedan dan @ganjarpranowo di Twitter. Di TV @aniesbaswedan [email protected] Twitter diroasting @FerdinandHaean3, @GunRomli, @ChusnulCh__, @Uki23, dll,” tulis Ismail melalui akun Twitter pribadinya, @ismailfahmi, Rabu (10/11).

Ismail pun melampirkan diagram yang menunjukkan dinamika dari percakapan terkait nama Anies dan Ganjar. Dalam gambar tersebut terlihat aktivitas percakapan dari dua kubu yakni kubu yang membicarakan Anies dan yang membicarakan Ganjar selama 9 sampai 10 November 2021.

“Jadi akun-akun itu, mereka saling me-retweet, jadi itu pengelompokannya oleh mesin, bukan oleh saya. Yang di kubu Anies mereka saling me-retweet di kubu Anies. Yang kontra Anies itu me-retweet di kontra Anies,” ujar Ismail.

Ismail juga menambahkan bahwa sebagian yang kontra Anies itu adalah pro Ganjar. Namun tidak semua yang kontra Anies itu pro Ganjar, bahkan ada yang mengkritik Ganjar juga.

Total retweet untuk nama Anies Baswedan total berjumlah 17.784 sedangkan untuk nama Ganjar Pranowo ada 6.512. Ismail membedakan kubu pro Anies dengan warna biru, sedangkan pro ganjar dengan warna oranye.

Menariknya, dari diagram tersebut terlihat kubu membahas Ganjar juga ada yang me-roasting Anies Baswedan. Hal tersebut terlihat dari tanda yang dibuat Ismail yang memperlihatkan bahwa kubu Ganjar ikut me-mention Anies.

“Ada dua kubu yang banyak membahas tentang Anies Baswedan, satu lagi tentang Ganjar, tapi di antara yang membahas Ganjar itu juga membahas Anies. Dari yang membahas Anies itu, di luar grup Anies, ternyata isinya banyak sentimen yang negatif,” kata Ismail saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (11/11).

Sebelumnya, komedian Kiky Saputri me-roasting Anies dalam sebuah acara komedi, ia guyon dengan menyapa Anies yang saat itu menjadi bintang tamu dengan memanggilnya Ahok yang merupakan Gubernur DKI sebelumnya.

“Kita kedatangan tamu luar bisa, seorang Gubernur, sosok pemimpin hebat. Tepuk tangan dong buat Pak Ahok,” ujar Kiky.

Guyonannya itu pun disambut senyum oleh Anies dan mengatakan bahwa akting Kiky bagus. Setelahnya Kiky pun melanjutkan guyonannya dengan mengatakan bahwa dirinya memang sedang akting demi sebuah komedi.

“Karena bapak pasti tahu bahwa ini cuma komedi, Cuma buat nyenengin musuh-musuh bapak. Gak mungkin dong saya gak tahu DKI 1, Bapak H. Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D,” ujar Kiky.

(mrh)

[Gambas:Video CNN]