Ahli Ungkap Titik Persembunyian Favorit Ular di Rumah

Andrygmv.net —

Ahli Herpetologi Pusat Riset Biologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Amir Hamidy menjelaskan beberapa tempat yang menjadi lokasi favorit persembunyian ular di rumah di antaranya adalah alur-alur, lubang, dan pojokan.

Lokasi tersebut dijelaskan Amir sebagai lokasi-lokasi yang membuat ular merasa aman, sehingga kerap dijadikan tempat bersembunyi.

“Anakan ular mengikuti insting, insting di mana dia akan safe. Instingnya dia mengikuti alur-alur, pojokan-pojokan, lubang-lubang. Insting mereka untuk survive seperti itu,” jelas Amir kepada CNNindonesia.com melalui sambungan telepon, Selasa (23/11).

Tempat-tempat seperti saluran air, sudut-sudut rumah, dan tempat lain yang termasuk dalam kategori tersebut sangat berpotensi dijadikan tempat ular bersembunyi. Terlebih jika tempat tersebut gelap dan sangat lembap.

“Ketika ada di rumah dia (ular) mencari tempat yang paling lembap,” kata Amir

Amir juga menjelaskan ular-ular yang berada di rumah adalah hasil dari telur yang disimpan tiga hingga empat bulan yang lalu oleh induknya.

Sifat anakan ular yang tidak mengikuti induknya untuk bertahan hidup setelah menetas membuat hewan ini menyebar secara acak dari sarangnya yang berada di permukiman.

“Ular ini enggak kayak ayam, enggak kayak bebek yang ketika menetas mengikuti induknya,” ujar Amir.

“Induk sudah meletakkan telurnya tiga sampai empat bulan lalu, induknya sudah pergi dan anaknya menyebar secara random,” tambahnya.

Tidak semua ular berbisa

Amir juga menjelaskan di Pulau Jawa khususnya sekitar Jabodetabek ada beberapa jenis ular yang umum ditemukan dan mayoritas tidak berbisa.

“Kalo kita petakan (Pulau) Jawa, mungkin khususnya sekitar Jabodetabek, ular yang sering dijumpai sekitar rumah, pekarangan, pemukiman itu kalo ngga cobra, ular kopi, ular pagar, ular weling, sanca,” jelasnya.

Dari jenis-jenis ular tersebut yang termasuk ular berbisa hanyalah ular cobra dan ular weling.

Apa yang harus kita lakukan? Simak di halaman berikutnya..


Cara Cegah Ular Sembunyi di Rumah

BACA HALAMAN BERIKUTNYA