Agar Aman Saat Pakai Media Sosial, Ini Empat Tips Yang Perlu Dilakukan

Andrygmv.net – Media sosial telah menjadi wadah bagi setiap orang untuk berinteraski dan berekspresi. Umumnya, pengguna akan menggunakannya untuk membagikan pemikiran, video, ataupun foto. 

Meski demikian, seperti halnya dua mata koin, selalu ada konsekuensi saat media sosial tidak digunakan dengan tepat. Salah satunya ketika penggunanya mengalami kecanduan, maka akan sulit untuk lepas sementara waktu dari media sosial. Tak hanya itu, media sosial juga mudah menjerumuskan seseorang dari konten negatif.

Lalu, bagaimana caranya agar aman bermain media sosial? Menurut Peneliti CRM ITS Andre Parvian Aristio, membagikan empat tips saat bermain media sosial, dalam acara Gerakan Nasional Literasi Digital, Sabtu (27/11/2021).

Posting sesuatu yang positif

Baca Juga:
Detik-Detik Penjor Patah di Depan Pura Agung Petilan Pengerebongan Bali

ilustrasi bermain media sosial (pixabay).
ilustrasi bermain media sosial (pixabay).

Menurut Andre, hal yang harus dilakukan ketika bermain media sosial, perlu posting sesuatu yang positif. Ketika posting sesuatu yang positif, maka akan berdampak baik juga bagi followers nya.

“Kita harus pahami bahwa, apapun yang dilakukan di internet, itu akan meninggalkan jejak digital. Dan itu menggambarkan siapa kita,” ungkap Andre.

Hindari hoaks

Bermain media sosial bukan berarti akan selalu aman. Pada dasarnya, seseorang akan mudah terjerumus saat melihat atau membaca konten hoaks yang memancing keributan. Maka dari itu, perlu hindari yang namanya hoaks di media sosial.

Jaga keamanan akun

Baca Juga:
Anti Mainstream, Cowok Ajak Pacar Nge-Date ke Kuburan, Bahan Bangunan Jadi Sorotan

Tidak hanya soal mengunggah konten, Anda pun harus menjaga keamanan akun media sosial. Sebab jika tidak mengamankan akun, maka akan mudah diakses oleh orang lain dan melakukan tindak kejahatan. Untuk caranya, Anda dapat membuat kata kunci atau password yang sulit ditebak, dan mengubahnya secara berkala.