9 Penyebab Utama Rambut Rontok Untuk Pria Dan Wanita

Penyebab Utama Rambut Rontok Untuk Pria Dan Wanita

Rambut rontok adalah fenomena umum. Tidak terbatas pada ras atau budaya tertentu; tetapi ini lebih merupakan masalah universal. Kerontokan rambut ringan tidak terlalu menjengkelkan, tetapi kerontokan rambut yang berlebihan mungkin memerlukan perawatan medis yang tepat. Ada berbagai penyebab rambut rontok dan beberapa faktor sebenarnya dapat menyebabkan kerontokan rambut yang berlebihan. Mari kita jelajahi beberapa di antaranya di artikel ini.

1. Stres

Jika Anda berpikir bahwa rambut Anda tidak terpengaruh oleh stres emosional, psikologis atau mental – pikirkan lagi! Tubuh kita bereaksi terhadap emosi dan stres kita menjadikannya titik untuk pembebasan dalam tubuh kita dalam bentuk berbagai jenis penyakit.

Berbagai emosi yang kita alami juga mengacaukan hormon dalam tubuh kita dan telah ditemukan bahwa salah satu penyebab kerontokan rambut erat kaitannya dengan hormon dan ketidakseimbangan hormon. Selain stres emosional atau psikologis, stres fisik juga dapat memengaruhi rambut Anda. Menjalani operasi besar atau trauma di tubuh Anda dapat menyebabkan tubuh Anda menghentikan proses pertumbuhan atau siklus rambut – yang menyebabkan kebotakan atau penipisan rambut permanen.

2. Perawatan Rambut Yang Tidak Tepat

Jika Anda tidak merawat rambut Anda dengan benar dan Anda menariknya kembali dengan kuncir kuda banyak, maka ini dapat menyebabkan masalah dengan hilangnya rambut. Anda harus berhati-hati memperlakukan rambut Anda jika Anda tidak ingin kehilangannya sekarang atau di masa depan.

3. Keturunan

Faktor keturunan dapat menjadi penyebab nyata masalah kerontokan rambut. Yang paling umum dari semua jenis masalah rambut rontok adalah alopesia androgenik, yang mengacu pada kecenderungan kebotakan. Namun, peran turun-temurun pada rambut rontok tidak sederhana. Kecenderungan genetik bersama dengan prevalensi hormon androgen dan penuaan memainkan peran penting terjadinya kebotakan.

4. Obat-Obatan/Radiasi

Penyebab kerontokan rambut ini bisa termasuk antikoagulan, antidepresan, pil kontrasepsi, amfetamin, beberapa obat arthritis, beberapa antibiotik, beberapa pengencer darah, obat untuk asam urat, obat-obatan yang berasal dari vitamin A, obat-obatan tertentu untuk bisul, obat beta blocker untuk tekanan darah tinggi. .

Perawatan kanker seperti kemoterapi dan terapi radiasi menghentikan fase pertumbuhan folikel rambut yang menyebabkan kerontokan rambut secara tiba-tiba karena folikel-folikel itu semua menumpahkan rambut mereka pada waktu yang hampir bersamaan.

5. Menopause

Ini bisa menjadi penyebab utama kerontokan rambut pada wanita. Karena perubahan hormonal setelah menopause, beberapa wanita menemukan rambut mereka mulai menipis.

Ada berbagai perawatan yang tersedia yang melibatkan terapi penggantian hormon (HRT). Mungkin ada efek samping dalam beberapa kasus dan eksperimen mungkin diperlukan di bawah bimbingan seorang dokter.

6. Mengikat rambut Terlalu Kuat Dan Terus-menerus

Traksi Alopecia adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan hilangnya rambut akibat adanya penarikan berulang yang sama, sering, dan berlangsung dalam waktu yang lama., seperti gaya rambut dikepang erat seperti ekor kuda.

Juga penggunaan penjepit atau penggulung yang tidak tepat dapat menarik rambut sehingga melemahkan.

7. Disfungsi Hormonal

Disfungsi yang berhubungan dengan hormon dapat memainkan peran utama dalam kerontokan rambut sebelum waktunya. Banyak hormon penting yang disekresikan dari kelenjar tiroid. Individu yang memiliki kelenjar tiroid hiperaktif atau kurang aktif mungkin mengalami masalah kerontokan rambut. Jenis masalah rambut rontok ini dapat diatasi dengan perawatan tiroid. Ketidakseimbangan yang terjadi pada hormon seks, androgen dan estrogen, diyakini menjadi salah satu penyebab utama kerontokan rambut. Banyak wanita mengalami masalah kerontokan rambut selama kehamilan serta tahap sebelum dan sesudah melahirkan. Itu semua terjadi karena ketidakseimbangan hormon dalam sistem tubuh.

8. Gangguan Sistem Kekebalan

Alopecia areata adalah gangguan sistem kekebalan yang menyebabkan folikel rambut berhenti memproduksi rambut. Bentuk lanjutan dari gangguan diidentifikasi dengan istilah alopecia totalis ketika semua rambut kepala menghilang, dan alopecia universalis yang menyebabkan semua rambut tubuh menghilang.

9. Infeksi

Infeksi kulit kepala adalah salah satu penyebab utama rambut rontok pada individu, karena tubuh memiliki cara mematikan proses pertumbuhan rambut ketika merasakan rasa sakit atau infeksi di kulit kepala.

Sekarang Anda memahami penyebab kerontokan rambut ini, Anda hanya perlu menentukan mana yang menyebabkan masalah Anda. Ini sangat penting untuk menentukan perawatan yang tepat untuk membantu Anda menghentikan masalah agar tidak semakin memburuk.

About The Author