8 Penyakit Umum Yang Sering Terjadi Saat Hamil

Penyakit ibu hamil

Penyakit kehamilan adalah salah satu efek samping yang paling tidak diinginkan dari kehamilan, tetapi juga salah satu yang paling umum. Banyak wanita tidak menyadari penyakit kehamilan ini. Seorang wanita hamil harus memiliki pengetahuan tentang beberapa penyakit dalam kehamilan.

Kadang-kadang masalahnya terlalu kecil tetapi jika tidak disembuhkan secara efektif maka itu bisa berkembang menjadi masalah yang sangat besar. Masalah-masalah ini dapat memengaruhi janin dan juga ibu. Karena itu, jika seorang wanita ingin memiliki kehamilan yang sehat, maka mereka harus memiliki pengetahuan lengkap tentang penyakit umum kehamilan berikut:

1. Diabetes Gestasional

Diabetes gestasional adalah kondisi kehamilan umum yang dapat berkembang selama kehamilan. Selama diabetes gestasional, ibu memiliki banyak gula dalam darahnya dan biasanya sembuh setelah kelahiran bayi. Jadi, jika seseorang hamil memiliki diabetes gestasional; Sebaiknya tes kadar gula darah Anda dilakukan setahun sekali.

2. Tekanan Darah Tinggi

Kehamilan dengan tekanan darah tinggi dapat berkembang pada saat kehamilan. Selama tekanan darah tinggi pada wanita hamil, tekanan darah di arteri sangat tinggi. Juga seorang wanita hamil yang didiagnosis dengan tekanan darah tinggi selama kehamilan cenderung mengembangkan pre-eklampsia, yang merupakan masalah yang sangat serius karena mempengaruhi berbagai bagian tubuh seperti ginjal, hati, pembuluh darah, dll. Dengan demikian, sangat penting untuk mencegah tekanan darah tinggi pada kehamilan.

3. Kulit Gatal

Kulit gatal juga merupakan masalah yang sangat umum pada saat kehamilan. Wanita hamil dapat merasakan Gatal terutama di sekitar payudaranya dan perutnya membesar. Penyebab utama kulit kering selama kehamilan adalah hormon dan kulit gatal. Ketika kulit wanita hamil membentang di perutnya dan menjadi lebih kering maka dia mungkin jatuh semacam gatal. Sangat penting untuk perawatan kulit selama kehamilan.

4. Penambahan Berat Badan

Penambahan berat badan selama kehamilan tidak bisa dihindari. Penting bagi wanita hamil untuk menambah berat badan yang cukup karena umumnya dianggap sebagai tanda kehamilan yang sehat. Masalah ini terjadi karena peningkatan sirkulasi darah dalam tubuh.

5. Demam

Demam biasanya timbul selama trimester pertama kehamilan pada wanita hamil. Demam ringan selama awal kehamilan dapat terjadi kapan saja. Namun, demam tinggi selama kehamilan dapat terbukti berbahaya atau bahkan dapat menyebabkan kematian janin.

6. Pembengkakan

Pembengkakan adalah masalah kehamilan yang paling umum yang dialami seorang wanita pada saat kehamilan. Pembengkakan dapat terjadi pada wajah, tangan, kaki, dll. Pembengkakan terjadi karena retensi jumlah cairan ekstra selama periode kehamilan. Ketika seorang wanita hamil minum lebih sedikit cairan maka tubuh akan mempertahankan beberapa cairan untuk memenuhi kebutuhannya. Ada setiap kemungkinan pembengkakan selama kehamilan jika wanita hamil terus mengambil jumlah cairan yang lebih sedikit selama periode kehamilan.

7. Batuk Dan Pilek

Batuk dan pilek selama kehamilan adalah salah satu masalah paling umum yang diderita oleh sebagian besar wanita hamil. Salah satu alasan umum untuk masalah ini adalah melemahnya sistem kekebalan tubuh selama periode kehamilan. Jika masalah batuk benar-benar serius, maka wanita hamil harus memastikan bahwa janinnya terlindungi. Ini karena, jika wanita hamil sulit batuk maka ada kemungkinan keguguran.

8. Sakit Punggung

Sakit punggung adalah masalah yang sangat umum selama kehamilan. Ketika seorang wanita hamil maka tubuhnya mengalami banyak perubahan terutama karena produksi berbagai hormon dan salah satu hormon ini dikenal sebagai relaxin. Relaxin menyebabkan pelvis dan ligamen melunak dan memungkinkan bayi keluar melalui panggul. Sakit punggung menyebabkan rasa sakit, kaku dan sakit pada punggung.