8 Minggu Hamil – Ini Dia Perkembangan Bayi Anda

Gambaran kehamilan pada minggu ke-8

Minggu ini, tangan dan kaki membentuk jari-jari kecil dan jari-jari kaki, dan lengan-lengan mampu melenturkan siku dan pergelangan tangan. Pada titik ini, mata mulai mengembangkan pigmen, dan alat kelamin juga terbentuk, meskipun masih terlalu dini untuk mengetahui apakah Anda mengharapkan anak laki-laki atau perempuan.

Fitur-fitur eksternal ini bukan satu-satunya hal yang berkembang, organ-organ internal juga berkembeng. Saat usus terbentuk, mereka mulai mengambil ruang di tali pusat karena tidak ada cukup ruang di perut bayi. Bahkan pada tahap awal ini, usus bekerja untuk membawa sampah menjauh dari tubuh. Sebulan dari sekarang, ketika ada lebih banyak ruang di perut si kecil, usus akan keluar dari tali pusat dan kembali ke perut.

Tubuh Ibu di 8 Minggu Hamil
Pada saat Anda hamil delapan minggu, gejala kehamilan akan berjalan lancar. Pakaian Anda mungkin mulai sedikit mencubit, tetapi di sisi positifnya, Anda mungkin dapat mendengar detak jantung bayi Anda untuk pertama kalinya.

8 Minggu Hamil: Gejala Anda
– Morning sickness. Anda mungkin menghadapi mual dan bahkan muntah saat ini. Kabar baiknya adalah gejala morning sickness biasanya mereda selama trimester kedua, dan Anda hampir sampai! Untuk saat ini, cobalah menggigit kerupuk sebelum Anda bangun, dan targetkan lima atau enam makanan kecil sehari, bukan tiga yang besar.
– Makanan dan bau aversi. Selera dan bau tertentu yang tidak pernah mengganggu Anda sebelumnya mungkin tampak berlebihan atau menjijikkan, berkat peningkatan hormon yang memperkuat indera penciuman Anda dan membuat perut Anda terasa seperti naik roller coaster.
– Diare. Sistem pencernaan Anda mungkin jauh lebih sensitif sekarang. Pastikan Anda berlatih kebiasaan makan yang sehat dan tetap terhidrasi. Hubungi penyedia layanan kesehatan Anda jika diare berlangsung lebih lama dari 24 jam, atau disertai dengan gejala lain, dan jangan minum obat anti-diare atau obat apa pun sebelum berkonsultasi dengan dokter..
– Sering buang air kecil. Ya, Anda mungkin masih banyak melakukan perjalanan ekstra ke kamar mandi. Gejala ini akan datang dan pergi sepanjang sisa kehamilan Anda saat bayi Anda tumbuh dan rahim Anda mengembang, yang keduanya memberi tekanan pada kandung kemih Anda.
– Kram perut. Gejala ini dapat dikaitkan dengan pertumbuhan rahim Anda. Jika kram parah, hubungi penyedia layanan kesehatan Anda untuk mengesampingkan masalah.
– Sakit punggung. Pada saat Anda hamil delapan minggu, nyeri punggung bisa menyerang, terutama di sekitar punggung bawah. Itu karena otot-otot di punggung Anda bekerja sedikit lebih keras daripada biasanya karena berat badan Anda didistribusikan kembali untuk mengakomodasi rahim Anda yang sedang tumbuh. Lebih jauh lagi, pusat gravitasi Anda berubah, dan hormon-hormon kehamilan itu bekerja untuk melonggarkan ligamen di sendi panggul Anda.
– Light bercak. Bercak (beberapa tetes darah pada suatu waktu) bisa normal. Namun, pastikan untuk berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda merasa khawatir dan segera menghubungi jika Anda melihat perdarahan yang lebih berat.
– Kelelahan. Tingkat progesteron Anda meningkat, yang sering membuat Anda merasa lebih lelah dari biasanya. Jika Anda merasa lelah, dengarkan tubuh Anda dan coba tenang.
– Kesulitan tidur. Mengubah kadar hormon, ketidaknyamanan, dan perjalanan ekstra ke kamar kecil sering menambah tidur yang terganggu. Cobalah mendengarkan musik damai atau membaca buku jika agar anda merasa tenang. Anda juga dapat mencoba minum susu hangat atau mandi sebelum tidur. Beberapa wanita menemukan berbaring di sisi kiri mereka sangat membantu, karena meningkatkan sirkulasi darah. Menempatkan bantal di antara lutut Anda dapat membantu Anda merasa lebih nyaman juga.

8 Minggu Hamil: Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan
– Pikirkan tentang menambahkan beberapa potong pakaian elastis ke lemari pakaian Anda. Pakaian Anda mungkin terasa ketat sekarang, dan Anda akan ingin menghindari celana ketat. Jangan lupa untuk mendapatkan ukuran bra yang tepat selama kehamilan Anda saat payudara Anda tumbuh.
– Jaga dirimu dengan berolahraga. Jika Anda cukup aktif sebelum kehamilan, biasanya dianggap aman untuk melanjutkan kegiatan yang Anda nikmati (cukup tanyakan kepada penyedia layanan kesehatan Anda untuk memastikannya).
– Mendapatkan perawatan yang baik itu penting! Sudah waktunya untuk kunjungan pertama Anda dengan penyedia layanan kesehatan Anda, jadi jika Anda belum memilih penyedia, lakukan ini sekarang. Opsi Anda mungkin bergantung pada tempat Anda tinggal dan cakupan asuransi Anda, tetapi siapa pun yang Anda pilih, penting bagi Anda untuk merasa nyaman dengan filosofi dan praktiknya.

About The Author