8 Kesalahan Saat Mencuci Wajah Yang Sering Kita Lakukan

Mencuci wajah memang menjadi hal yang wajib dilakukan, terutama untuk para wanita yang sering memakai make up saat melakukan aktifitasnya. Meskipun mencuci wajah termasuk kegiatan yang cukup mudah dan pasti sering dilakukan, akan tetapi banyak yang tidak mengatahui bagaimana cara yang tepat untuk melakukannya.

Kesalahan saat mencuci wajah

Jika kesalahan ini dilakukan secara terus menerus, maka wajah bukannya bersih tapi justru dapat menimbulkan iritasi dan jerawat. Jadi penting bagi kita untuk mengetahui kesalahan yang sering dilakukan saat mencuci wajah. Mari kita simak penjelasan di bawah ini.

1. Tidak mencuci tangan

Tidak mencuci tanganPercuma saja jika mencuci wajah tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Hal ini sama saja dengan memindahkan kotoran yang ada di tangan ke wajah. Karena tangan adalah anggota tubuh yang paling sering bersentuhan langsung dengan berbagai macam benda setiap harinya. Lalu, jika tidak mencuci tangan terlebih dahulu maka wajah kita akan menjadi sarang kotoran dan kuman.

2. Tidak Membersihkan make up

Tidak Membersihkan make upSetelah seharian bekerja, tubuh akan menjadi lelah sehingga membuat kita malas untuk membersihkan make up. Jadi kebanyakan orang lebih memilih untuk langsung mencuci wajah tanpa membersihkan make up terlebih dahulu. Make up bisa menghambat untuk membersihkan kotoran yang menumpuk pada pori-pori kulit. Jadi pastikan kita telah membersihkan make up dengan make up removal terlebih dahulu agar kotoran yang menempel di pori-pori benar-benar hilang.

3. Membasuh wajah terburu-buru

Membasuh wajah terburu-buruTerlalu terburu-buru saat membilas wajah juga dinilai sangat tidak efektif dalam menyingkirkan kotoran dan minyak. Jika ingin kondisi wajah yang lebih segar, setidaknya cucilah wajah selama 2 menit. Lakukanlah pijatan di sekitar hidung dan dahi yang cenderung berminyak.

4. Menggunakan air dengan suhu yang terlalu tinggi

Menggunakan air dengan suhu yang terlalu tinggiAir panas atau air dingin sangat tidak bersahabat dengan kulit, terutama bagi yang memiliki kulit wajah yang sensitif. Suhu air yang terlalu tinggi dapat membuat kulit menjadi kering dan iritasi. Temperatur yang pas untuk mencuci wajah adalah air hangat. Tentunya air hangat dapat membuat kulit dan otot wajah lebih rileks.

5. Salah memilih produk pencuci wajah

Salah memilih produk pencuci wajahSalah memilih produk pencuci wajahSebelum membeli produk pencuci wajah, pastikan kita mengetahui tipe kulit wajah. Kita juga harus tahu kandungan dan bahan dalam sabun pencuci wajah tersebut. Pastikan juga, sabun pencuci wajah yang dipilih sesuai dengan permasalahan wajah yang sedang dialami.

6. Terlalu sering mencuci wajah

Terlalu sering mencuci wajahAda baiknya, cucilah wajah sebanyak 2 kali dalam sehari. Jika hanya mencuci wajah sekali, wajah akan menjadi kusam dan mudah berjerawat akibat adanya penumpukan sel kulit mati. Jika melakukannya lebih dari 2 kali, maka wajah bisa kering dan dehidrasi atau malah sebaliknya, wajah jadi semakin berminyak.

7. Eksfoliasi wajah terlalu sering

Eksfoliasi wajah terlalu seringEksfoliasi atau pengelupasan kulit adalah salah satu perawatan wajah yang sering dilakukan ketika wajah sedang dalam masalah. Eksfoliasi memang perlu dilakukan, tapi jangan terlalu sering. Ada baiknya jika melakukan eksfoliasi secara teratur 1 sampai 3 kali dalam seminggu. Jika melakukannya terlalu sering, kulit bisa jadi kering dan infeksi.

8. Tidak mengeringkan wajah dengan handuk khusus

Tidak mengeringkan wajah dengan handuk khusus
Sebaiknya sediakan handuk khusus wajah, jangan mencampurnya dengan handuk badan. Pilihlah handuk yang memiliki tekstur kain lebih halus dan ramah untuk kulit wajah. Jangan lupa untuk mengganti handuk maksimal seminggu sekali. Karena menggunakan handuk berminggu-minggu dapat menyebabkan bakteri dan kuman yang bisa menimbulkan penyakit pada kulit wajah.

Setelah menyimak pembahasan diatas, mari kita mulai untuk mencuci wajah secara teratur dan benar. Karena membersihkan wajah bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajah kita.

About The Author