8 Cara Perawatan Alami Untuk Mengatasi Kulit Kering Bersisik

Kulit Kering Bersisik

Setiap orang pasti pernah mengalami kulit kering yang bersisik sesekali sepanjang hidupnya. Kulit kering bersisik sangat sulit untuk disembunyikan, terutama diwajah yang bahkan makeup pun sulit untuk bisa membantu menutupinya, bahkan justru malah memperburuk masalah. Jika anda memiliki kulit kering yang sering gatal, maka anda ingin mendapatkan solusi yang benar, cepat dan mudah untuk membantu menghilangkanyya. Untuk itu cobalah 8 tips berikut untuk menenagkan kulit kering bersisik.

1. Mandi atau Kompres Air Hangat

Mandi atau Kompres Air Hangat

Mandi air hangat setelah berkativitas seharian memang menggoda, namun air hangat dapat melucuti minyak alami tubuh, dan anda memerlukan sebanyak mungkin penghalang yang membantu merangkapkan kelembapan demi menjaga kulit anda tetap halus dan lembap. Dermatologi menyarankan untuk mandi air hangat tak lebih dari 5-10 menit. Alternatif lainnya, anda bisa mengompres area kulit yang kering dengan kompres air hangat. Gunakan handuk kecil yang lembut dan bersih, lalu celupkan ke air hangat, kemudian gosok-gosok dengan perlahan dan lembut pada area kulit kering untuk mengangkat sisa kulit mati. Pastikan untuk menggunakan handuk baru setiap kali akan mengompres. Setelah itu, keringkan kulit dan oleskan pelembab tubuh.

2. Gunakan Sabun Pembersih yang Tepat

Gunakan Sabun Pembersih yang Tepat

Beberapa sabun wajah mungkin tidak cocok untuk kulit anda atau bahkan terlalu keras untuk kulit sensitif anda. Hingga mungkin kulit anda akan terasa lebih kering. Maka, sebaiknya anda mengganti sabun pembersih anda. Carilah produk yang tidak mengandung lauryl sulfate, yang akan menguras kelembapan dari kulit. Pilih produk yang bebas dari pewangi dan pewarna dan diberi label Moisturizing.

3. Keringkan Tubuh dengan Baik

Keringkan Tubuh dengan Baik

Anda mungkin berpikir bahwa meninggalkan wajah tetap lembap dengan sedikit air pada wajah anda setelah mandi atau mencuci wajah akan membantu melembabkan kulit. Anda salah besar. Setelah air benar-benar menguap dari permukaan kulit, kulit anda justru akan terasa lebih kering dari sebelumnya. Jadi, pastikan untuk mengeringkan wajah anda setelah mandi atau mencuci wajah. Namun, perlu diingat juga menggunakan handuk yang kasar akan membuat gesekan dengan kulit yang dapat merusak lapisan terluar kulit anda, dan akan menyebabkan kekeringan lebih lanjut bahkan menyebabkan iritasi. Selalu gunakan handuk yang lembut dan bersih, ingat untuk hanya menepuk-nepuk wajah anda jangan menggosok. Keringkan kulit anda selama kurang dari 20 detik.

4. Oleskan Pelembab yang Tepat

Oleskan Pelembab yang Tepat

Oleskan pelembab dengan tebal untuk menghindari supan kelembapan kulit dalam beberapa menit setelah mandi, setidaknya dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Pilihlah pelemabap ringan yang nonkomedogenik. Jika kulit anda tetap kering sepanjang hari, anda perlu mengulangi mengoleskan pelembab beberapa kali dalam sehari. Hindari menggunakan toner berbasik alkohol, karena dapat menarik keluar kelembapan kulit.

5. Oleskan Petroleum Jelly

Oleskan Petroleum Jelly

Petroleum jelly berfungsi untuk membentuk lapisan minyak dibagian atas kulit guna menahan air didalam kulit agar tidak menguap. Petroleum jelly pun sangat lembut untuk kulit. Bahkan Dermatologi Amerika pun merekomendasikannya sebagai pereda kulit kering untuk semua area tubuh. Karena sangat aman dan terjangkau, petroleum jelly bisa sering digunakan.

6. Berendam Susu

Berendam Susu

Lemak dan asam laktat yang terkandung dalam susu dapat berfungsi sebagai pembersih wajah yang ringan juga mampu memberikan kelembapan ekstra. Anda bisa berendam dengan susu atau mengkompres area kulit kering bersisik anda dengan waslap yang direndam susu putih dingin. Diamkan kurang lebih selama 10 menit, setelah itu usap kulit kering anda dengna gerakan pijat melingkar.

7. Memakai Masker Wajah Alami

Memakai Masker Wajah Alami

Bagi anda yang memiliki kulit kering sebaiknya hindari memakai masker wajah tanah liat, karena hal tersebut dapat menarik keluar kelembapan kulit. Sebagai gantunya, anda bisa meracik masker alami sendiri, seperti masker alukat madu. Atau anda bisa mengoleskan gel lidah buaya tebak-tebal pada kulit kering anda, tunggu selama 15 menit, lalu bilas menggunakan air hangat.

8. Oleskan Tabir Surya

Oleskan Tabir Surya

Sinar matahari memang bagus untuk kesehatan, karena bisa merangsang tubuh memroduksi vitamin D. Namun disisi lain, jika terkena paparan sinar matahari terlalu lama dan tanpa mengenakan pelindung akn menyebabkan kulit anda terbakar dan menjadi hitam. Maka dari itu, penting untuk menggunakan tabir surya yang tepat. Dengan tabir surya, kulit akan terlindungi dari bahaya sinar ultraviolet yang bisa memicu produksi melanin, yaitu pigmen penentu warna kulit yang bisa menyebabkan kulit menjadi gelap.

About The Author

Reply