8 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Hidung, Mulai dari Memilih Masker yang Tepat hingga Eksfoliasi Berkala

Andrygmv.net – Flek hitam pada hidung atau komedo merupakan masalah yang cukup sering ditemui di wajah. Meskipun ukurannya yang tidak seberapa, munculnya komedo sering membuat rasa percaya diri menurun. Itulah mengapa banyak orang mencari informasi tentang cara menghilangkan flek hitam di hidung.

Komedo akan muncul ke permukaan saat pori-pori wajah tersumbat karena minyak dan kulit mati yang tertahan di kulit. Untungnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan sekaligus mencegah komedo muncul di hidung.

Dilansir dari laman Healthline, berikut 8 cara menghilangkan flek hitam di hidung.

Ilustrasi orang yang mencuci wajah sebelum tidur (Pixabay/nensuria).
Ilustrasi orang yang mencuci wajah sebelum tidur (Pixabay/nensuria).

Cuci muka dua kali sehari dan setelah olahraga

Baca Juga:
5 Cara Tepat Pemakaian Serum untuk Wajah, Hindari Hal Ini Agar Kulit Terhindar dari Iritasi

Cara menghilangkan flek hitam di hidung yang pertama adalah mencuci muka secara teratur. Pertama saat pagi hari, untuk membersihkan kotoran atau bakteri yang menempel di malam harinya, dan pastikan untuk mengganti sarung bantal secara berkala.

Selain itu, segeralah mencuci muka setelah berolahraga, sediakan lap pembersih wajah jika tidak memungkinkan menemukan wastafel.

Keringat yang terperangkap di pori-pori bersama kotoran dan minyak itulah yang mengharuskan Anda segera mencuci muka setelah olahraga.

Pore strip

Pore strip merupakan sejenis plester hidung yang digunakan untuk mengangkat komedo. Demi hasil terbaik, cobalah untuk menguapi wajah di atas panci berisi air mendidih.

Baca Juga:
Jarang Pakai Skincare, Tapi Kenapa Laki-Laki Nggak Berjerawat?

Lakukan secara hati-hati, untuk membuka pori-pori. Setelah itu, tempel pore strip di bagian hidung.

Meskipun dapat membuat pori-pori lebih kecil untuk sementara, pore strip juga bisa menghilangkan minyak alami dan folikel rambut hidung yang penting bagi kulit. Jadi, jangan gunakan pore strip terlalu sering supaya tidak terjadi iritasi atau kekeringan.

Tabir surya bebas minyak

Mungkin terasa sedikit aneh menggunakan tabir surya berminyak di atas kulit berjerawat, terlebih dengan hidung yang dipenuhi flek hitam. Beruntungnya, kini sudah ada pilihan tabir surya bebas minyak yang tetap efektif untuk memblokir sinar UVA dan UVB yang bisa Anda pilih.

Eksfoliasi

Saat akan melakukan eksfoliasi, pastikan skincare yang Anda gunakan mengandung asam alfa dan beta hidroksi (AHA dan BHA). AHA berfungsi mengangkat kulit mati dan membantu membersihkan jalan untuk memudahkan meresapnya skincare ke dalam kulit supaya bekerja lebih efektif.

Selain itu, BHA mengandung asam salisilat yang baik untuk jerawat dan membersihkan flek hitam di area hidung. Namun, perlu diingat bahwa AHA dan BHA menghilangkan lapisan kuliy sehingga membuat kulit lebih rentang terkena paparan sinar matahari. Jadi, jangan lupa gunakan tabir surya setiap harinya.

Ilustrasi scrub wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi scrub wajah. (Shutterstock)

Clay Mask

Clay mask bermanfaat untuk membersihkan kulit mati dari minyak berlebih dan dapat membantu melonggarkan atau bahkan menghilangkan kotoran akibat pori-pori yang tersumbat.

Masker yang terbuat dari tanah liat ini bekerja lebih baik dari pore strip yang dapat menarik lapisan kulit. Kandungan clay mask bakal masuk ke pori-pori, lalu mengeluarkan kotoran dan minyak secara bertahap.

Charcoal Mask

Dengan bahan dasar arang yang tinggi akan daya detoksifikasi, charcoal mask akan bekerja jauh di dalam pori-pori untuk mengeluarkan kotoran-kotoran di dalamnya.

Selain bisa membelinya di toko-toko kecantikan, Anda juga dapat membuat charcoal mask sendiri dengan bahan tanah liat bentonit, minyak pohon teh, madu, dan air.

Retinol Topikal

Retinol topikal berasal dari vitamin A dan sudah terbukti ampuh mengatasi jerawat. Selain itu, retinol juga meningkatkan pergantian sel kulit dan mengurangi munculnya kerutan.

Asam Salisilat

Cara menghilangkan flek hitam di hidung selanjutnya adalah menggunakan gel dengan kandungan asam salisilat.

Selain mengangkat komedo, asam salisilat juga dapat membantu pengelupasan kulit mati. Namun, pastikan tidak menggunakannya di seluruh wajah, dan hanya oleskan gel asam salisilat pada area dengan komedo.