7 Tempat Wisata Cirebon untuk Healing dan Refreshing, Lengkap dengan Info Harga Tiket

Andrygmv.net – Meskipun memiliki luas wilayah yang kecil, Cirebon punya beragam tujuan wisata yang sayang untuk dilewatkan, terutama untuk kalian yang tengah mencari tempat wisata tidak jauh dari ibu kota. Lalu, apa saja wisata Cirebon yang menarik untuk dikunjungi?

Beragam tempat wisata hits di Cirebon berikut siap untuk menemanimu mendapatkan foto-foto kece dan Instagramable.

Tempat Wisata di Cirebon

1. Telaga Nirem

Baca Juga:
10 Rekomendasi Hotel di Bandung yang Murah, Cocok untuk Backpacker!

Telaga Nirem tentu tidak asing di berbagai akun wisata Cirebon. Jernihnya air telaga berpadu dengan pepohonan rindang membuat suasana di sana sangat cocok untuk menyegarkan pikiran. Selain itu, ada pula puluhan ikan mas yang bisa menemanimu berswafoto.

Lokasi: Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Cirebon

Tiket Masuk: Rp5.000

INFOGRAFIS: Cegah Penularan Covid-19 saat Bepergian!
INFOGRAFIS: Cegah Penularan Covid-19 saat Bepergian!

2. Bukit Gronggong

Tempat wisata satu ini sangat cocok untuk menikmati pemadangan Cirebon di malam hari, tentu dengan taburan lampu-lampu kota. Berbalut suasana dingin, kamu juga bisa menikmati bermacam jajanan yang menghangatkan tubuh seperti jagung bakar.

Baca Juga:
Rekomendasi Hotel Dekat Alun-alun Bandung, Populer dan Murah

Lokasi: Patapan, Kecamatan beber, Cirebon

Tiket masuk: Rp2.000

3. Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan Cirebon cocok untuk kamu yang suka pergi ke tempat wisata bersejarah. Bangunan yang telah berdiri sejak tahun 1529 ini, dibangun oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II.

Selain bermacam benda bersejarah yang ditampilkan, keunikan keraton kesultanan pertama di Cirebon ini adalah adanya Kereta SInga yang hanya dikeluarkan setiap 1 Syawal untuk dimandikan.

Lokasi: Jalan Kasepuhan, No.43 Kesepuhan, Lemahwungkuk, Cirebon

Tiket masuk: Rp20.000 (umum), Rp15.000 (pelajar), Rp70.000 (wisatawan asing), Rp40.000 (pelajar asing)

4. Hutan Kera Plangon

Wisata Cirebon lainnya adalah Hutan Kera Plangon. Sesuai dengan nama tempatnya, di sini kamu dapat bertemu dengan kawanan monyet dan kera.

Dengan kawasan seluas 48 hektare, Hutan Kera Plangon dapat menjadi tempat hidup primata dengan leluasa. Di sini, kamu juga bisa mengunjungi makan Pangeran Kejaksan dan Pangeran Panunan yang selalu ramai setiap 2 Syawal.

Lokasi: Desa Babakan, Kacamatan Sumber, Cirebon

Tiket masuk: Rp3.000

5. Batu Lawing

Tempat wisata hits di Cirebon selanjutnya adalah Batu Lawing. Pada ketinggian 50 meter, pemiliknya bahkan telah menyediakan spot foto Instagramable yang wajib kamu coba. Di kawasan seluas 3 hektar ini, pengunjung dapat menikmati keindahan tebing bebatuan dari puncak Pegunungan Jaya.

Lokasi: Cupang, Kecamatan Gempol, Cirebon

Tarif: Rp5.000

6. Pantai Kejawanan

Tidak hanya menawarkan keindahan debur ombak yang bertemu dengan pasir pantai, kamu juga bisa melihat keindahan Gunung Ciremai di Pantai Kejawanan. Tentu saja, di sini kamu dapat mengambil puluhan foto hits dan Instagramable untuk dibagikan ke media sosial.

Lokasi: Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk, Cirebon

Tiket masuk: Rp5.000

7. Wanawisata Ciwaringin

Terletak 27 kilometer dari pusat Kota Cirebon, kamu bisa menikmati hutan kayu putih berpadu dengan pemandagan gunung yang indah. Wanawisata Ciwaringin memang dikenal dengan lokasinya yang asri dan tentunya nyaman karena aroma dari hutan kayu putih yang membuat lebih rileks.

Lokasi: Desa Ciwaringin, Kecamatan Ciwaringin, Cirebon

Tiket masuk: Rp10.000

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata Cirebon yang bisa dikunjungi untuk mengisi hari liburan. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri