7 Rekomendasi Wisata Anti-Mainstream di Korea Selatan Menurut BTOB

Pada 27 februari 2018 kemarin BTOB secara resmi ditunjuk oleh KTO menjadi Duta Kehormatan Pariwisata Korea yang baru. Mereka pun akan mempromosikan pariwisata Korea hingga ke mancanegara.

“Kami berharap dengan penunjukan BTOB sebagai Duta Pariwisata akan membantu kami mempromosikan beragam konten pariwisata Korea di luar negeri” ujar perwakilan KTO.

Nantinya, BTOB akan mempromosikan pariwisata Korea dengan tema ‘Seven members, seven looks of Korea Tour’. Mereka akan memperkenalkan tujuh konten utama pariwisata Korea yang meliputi pertunjukan, pasar tradisional, olahraga, kapal pesiar, event, makanan dan hands-on experience. Ketujuh anggota BTOB yang dikenal luas dengan kepribadiannya yang riang dan mengasyikan akan mempromosikan pariwisata melalui video, brosur dan media lainnya. Selain itu, mereka juga
akan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan promosi, baik di dalam maupun luar Korea.

BTOB

Popularitasnya yang tak perlu diragukan lagi membuat grup yang debut pada 2012 itu selalu menarik perhatian para penggemar KPOP. Hal inilah yang membuat KTO memilih mereka untuk memberi tahu destinasi menarik yang bisa dikunjungi para penggemar KPOP ketika berlibur ke Korea Selatan. Bukan destinasi mainstream, member BTOB justru memberikan beragam pilihan destinasi wisata anti-mainstream yang bisa jadi alternatif liburan kamu. Berikut rekomendasi wisata anti-mainstream menurut btob.

1. Seo Eunkwang – Wisata Seni Pertunjukan

Wisata Seni Pertunjukan

Menurut leader BTOB itu, ia merekomendasikan wisata seni pertunjukan bagi kalain yang akan mengunjungi Korea Selatan. Korea Selatan selama ini juga dikenal memiliki beragam pilihan seni pertunjukan drama musikal yang tak boleh kamu lewatkan. Beberapa drama musikal yang bisa kamu pilih antara lain, Finding Destiny. Ada juga kombinasi seni pertunjukan musik, tarian, dan cerita yang bisa kamu tonton, seperti Painters Poster, Nanta Performance, Jump Show, hingga Fireman show.

2. Lee Minhyuk – Wisata Olahraga

Wisata Olahraga

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke negara empat musim tanpa merasakan salju yang tidak ada di Indonesia. Inilah yang coba ditawarkan oleh member BTOB lainnya, Minhyuk. Jika kamu berkunjung ke Korea Selatan, tak ada salahnya mencoba wisata olahraga seperti ski. Kamu bisa bermain ski di Vivaldi Park, atau Yongpyong di Gangwon-do.

3. Lee Changsub – Wisata Kuliner

Wisata Kuliner

Saat berkunjung ke negara lain tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khasnya, begitu pun jika berkunjung ke Korea Selatan. Salah satu vokalis utama BTOB, Changsub, juga merekomendasikan wisata kuliner bagi kamu yang mengunjungi Korea Selatan. Di sana kamu bisa mencicipi beragam kuliner khasnya, seperti Bibimbab, tteokbokki, fish cake, jajangmyeon hingga beragam dessert yang menggugah selera. Tak perlu khawatir akan kehalalan makanan di sana, karena saat ini telah terdapat banyak restoran halal di Korea Selatan, seperti Restoran Makan dan IED di daerah Itaewon.

4. Im Hyunsik – Cruise Tour

Cruise Tour

Hyunsik menyarankan untuk wisata cruise ketika berada di Korea Selatan. Kamu bisa merasakan romantisme menaiki kapal pesiar di Korea. Tur ini memiliki lima spot berbeda yang menyajikan keindahan dan keunikannya sendiri. Misalnya saja menikmati ferry cruise di Sungai Hangang, atau menikmati kapal pesiar di Jeju.

5. Peniel – Wisata Festifal Internasional

Wisata Festifal Internasional

Bagi kamu yang menyukai pesta, tak boleh melewatkan beragam festival internasional yang ada di Korea Selatan, seperti yang direkomendasikan oleh Peniel. Setiap tahunnya Korea Selatan memiliki beragam festival internasional yang menarik, seperti Ultra Korea hingga festival musik EDM terbesar, World Club Dome Korea.

6. Jung Ilhoon – Wisata Aktivitas Spesial

Wisata Aktivitas Spesial

Kata orang, tak akan sah ke Korea Selatan jika tak mencoba mengenakan pakaian khas Negeri Ginseng, Hanbok. Hal ini juga yang coba direkomendasikan oleh member BTOB lainnya, Ilhoon. Bagi kamu yang ingin merasakan wisata anti-mainstream, kamu bisa mencoba menjelajah Seoul menggunakan hanbok, berwisata mengelilingi perairan Busan menggunakan yatch, atau mengunjungi Museum Grevin yang berisi tokoh-tokoh terkenal Korea Selatan.

7. Yook Sungjae – Wisata Pasar Tradisional

Wisata Pasar Traditional

Member termuda di BTOB itu menyarankan wisata pasar tradisional untuk kamu yang ingin berlibur ke Korea Selatan. Selama ini, kebanyakan wisatawan memang hanya berkunjung ke tempat mainstream seperti Gyeongbokgung Palace, Namsan Tower, hingga Nami Island. Padahal, Korea Selatan juga memiliki banyak pasar tradisional yang tak kalah menarik. Beberapa pasar tradisional yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Korea Selatan, antara lain Pasar Tongin yang terkenal dengan kafe dosiraknya, atau Pasar Namdaemun yang menawarkan lebih dari 1.700 jenis barang-barang. Selain itu, ada Pasar Gwangjang yang merupakan pasar permanen Korea pertama yang didirikan pada 1905. Kemudian terdapat Pasar Ikan Noryangjin, Pasar Garak, dan Pasar Busan Gukje.

About The Author