7 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Banget Dicoba!

Andrygmv.net – Selain tempat wisata, Surabaya juga punya berbagai macam kuliner yang menggugah selera dan menarik untuk dijajal. Ada banyak makanan khas Surabaya yang wajib banget, nih untuk kamu coba.

Sebagai Kota Pahlawan, makanan khas Surabaya cukup dikenal dengan makanan pedas seperti rawon, rujak cingur, hingga pecel semanggi.

Selain makanan pedas, ada juga minuman dan makanan manis yang tak boleh dilewatkan. Penasaran apa saja makanan khas Surabaya yang patut dicoba? Simak rekomendasinya di bawah ini.

1. Tahu Tek

Baca Juga:
Rekomendasi Makanan Khas Semarang yang Tak Boleh Dilewatkan

Makanan khas Surabaya yang satu ini berisi lontong yang dipotong kecil-kecil dicampur tahu goreng dan bagian atas diberi saus petis. Petis sendiri merupakan sambal khas Jawa Timur yang terbuat dari rebusan ikan atau udang,dan rempah yang dicampur sampai mengental menjadi saus.

2. Tahu Campur

Makanan khas Surabaya yang satu ini terdiri dari tahu goreng, lontong, potongan daging sapi, selada, mie kuning, dan juga toge. Biasanya juga ada tambahan perkedel singkong, kerupuk udang, lalu ditaburi bawang goreng di atasnya.

3. Soto Gubeng Pojok

Makanan khas Surabaya selanjutnya adalah soto gubeng. Masakan Soto Gubeng Pojok berbahan dasar jeroan sapi dan daging sapi. Kuah sotonya berwarna kuning pekat dan rasanya gurih.

Baca Juga:
6 Makanan Khas Banten, Nikmat Bikin Ketagihan

4. Sate Klopo