7 Makanan Kelinci yang Murah dan Mudah Didapatkan

Andrygmv.net – Tidak hanya manusia, kelinci juga memerlukan makanan dengan gizi seimbang untuk menghindarkan mereka dari bermacam penyakit yang mengancam. Apa makanan kelinci yang bisa jadi pilihan?

Jika selama ini kelinci selalu identik dengan wortel, ternyata kelinci juga menyukai bermacam sayuran lain, seperti kangkung dan rerumputan.

Jadi, kelinci makan apa saja, ya? Nah, supaya kelinci kamu tidak bosan makan yang itu-itu saja, yuk coba beri mereka 7 jenis makanan seperti berikut.

Rumput

Baca Juga:
10 Makanan yang Menyebabkan Asam Urat, Bukan Cuma Jeroan dan Seafood

Peternakan kelinci. (Shutterstock)
Peternakan kelinci. (Shutterstock)

Bagi kelinci, rumput merupakan makanan yang lezat dan tinggi serat sehingga sangat bagus untuk diberikan pada kelinci yang sedang hamil atau menyusui.

Jenis makanan satu ini juga sangat mudah didapatkan. Namun sebelum memberi kelinci rumput seadanya, usahakan jenis rumput itu adalah rumput teki, timothy, rumput gajah, atau rumput alfafa.

Ubi jalar

Ubi jalar baik untuk diberikan pada kucing karena tingginya kandungan kalori, vitamin, mineral, dan serat.

Selain itu, ubi jalar juga dipercaya untuk mengatasi sembelit dan membantu penyerapan lemak serta kolesterol

Baca Juga:
8 Makanan Penurun Kolesterol, Mulai dari Alpukat Hingga Tempe-Tahu

Kangkung

Sayuran hijau satu ini juga sangat baik untuk dijadikan makan bagi kucing karena tingginya gizi yang dimiliki kangkung.

Namun, pastikan untuk memberikan variasi sayur-sayuran untuk kelinci. Selain untuk mencegah kebosanan pada kelinci, juga supaya kebutuhan gizi yang dibutuhkan terpenuhi.

Ilustrasi sayur kangkung. (Pexels/Laudia Tysara)
Ilustrasi sayur kangkung. (Pexels/Laudia Tysara)

Jagung

Jagung sebagai pengganti karbohidrat nasi juga baik untuk diberikan pada kelinci. Kandungan kalori dan nutrisinya yang tinggi sangat baik untuk kehidupan kelinci.

Namun perlu diketahui bahwa dengan memberikan jagung berlebihan juga tidak dibenarkan karena dapat memicu risiko obesitas

Pepaya

Buah yang identik dengan warna orange ini bisa menjadi pilihan makanan kelinci dan pastinya menyehatkan.

Tidak hanya mudah didapatkan, kandungan serat dan vitamin pada pepaya juga akan membantu memperlancar pencernaan kelinci.

Tomat

Kandungan vitamin dan antioksidan pada tomat rupanya juga dibutuhkan oleh kelinci. Selain itu, tomat juga dapat menjaga tumbuh kembang anakan kelinci. Tomat bisa dimakan bersamaan dengan makanan kelinci lainnya.

Ilustrasi tomat (Pexels/monicore)
Ilustrasi tomat (Pexels/monicore)

Apel

Buah satu ini juga menjadi makanan kesukaan kelinci. Selain rasanya yang enak, apel juga mengandung vitamin dan gizi yang diperlukan untku kesehatan kelinci.

Namun sebelum memberikan apel pada kelinci, pastikan buah ini sudah dalam kondisi bersih sehingga tidak ada lagi sisa pestisida yang tertinggal. Selain itu, jangan lupa untuk buang bijinya.

Itulah beberapa makanan kelinci yang murah dan mudah didapatkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri