7 HP ‘Sultan’ dengan NFC, Bisa Bayar Tol Tanpa Sentuh

Andrygmv.net

Rekomendasi 7 ponsel atau HP mahal disertai fitur Near-field communication (NFC) nantinya bisa menjadi salah satu penunjang sistem pembayaran jalan tol di Indonesia.

Pemerintah diketahui bakal memberlakukan sistem pembayaran tol tanpa sentuh pada 2022. Secara teknis, proses pembayaran yang lebih singkat ini memiliki beberapa cara, dengan memanfaatkan NFC.

Pengguna jalan tol bisa menggunakan aplikasi electronic-on board unit dengan mendownload pada perangkat ponsel, agar terhubung dengan sistem pembayaran yang ada di gerbang tol.

Berikut 7 rekomendasi ponsel mahal NFC, yang dirangkum CNNIndonesia.com untuk menunjang pembayaran tol nirsentuh.

1. iPhone 13

iPhone 13 merupakan ponsel terbaru Apple yang dilengkapi sederet fitur canggih, termasuk NFC.

Seri iPhone 13 tersebut beranggotakan iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max.

Seluruh seri iPhone 13 dibekali dengan chipset asli Apple chip A15 Bionic. Chipset itu diklaim menjadi chip yang tercepat saat ini untuk perangkat mobile. Disusul oleh MediaTek Dimensity 9000 dan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 yang baru saja dirilis.

iPhone 13 memiliki memori paling kecil 128GB, dua kali lipat lebih besar dari seri iPhone 12 yang hanya memberikan memori 64GB untuk perangkat paling murahnya.

Di distributor resmi Apple seperti iBox, harga resmi pada varian iPhone 13 dan iPhone 13 mini, iPhone 13 pro dan iPhone 13 Pro Max tergantung pada kapasitas memori internal yang ditawarkan.

HP ini dibanderol mulai dari Rp12,999 juta pada varian iPhone 13 mini. Termahal pada iPhone 13 Pro Max mencapai Rp30 jutaan.

2. Samsung Galaxy Fold 3, dan Flip 3

Produsen ponsel asal Korea Selatan ini memiliki jajaran ponsel beragam sejak kehadiran Galaxy Fold dan Galaxy Flip. Kedua ponsel ini sudah dilengkapi juga dengan NFC

Galaxy Fold 3 dan Flip 3 disebut memiliki ketahanan yang lebih baik, terlebih pada bagian engsel.

Ponsel Galaxy Z Fold3 ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 24.999.000, sedangkan Galaxy Z Flip3 bisa dimiliki dengan harga mulai dari Rp 14,9 juta.

3. Xiaomi Mi 11

Xiaomi memiliki seri Xiaomi Mi 11 untuk ponsel flagshipnya tahun ini, yang diawali dengan kehadiran Mi 11 yang hadir di pengujung 2020, dan sudah dilengkapi dengan NFC.

Beberapa bulan kemudian, tepatnya pada Maret 2021, Mi 11 Pro dan Mi 11 Ultra menyusul. Baru-baru ini Xioami 11T hadir menjadi pelengkap jajaran ponsel flagship tersebut.

Semua HP seri ini dibekali dengan chipset terbaik dari Qualcomm (sebelum kehadiran Snapdragon 8 Gen 1) yakni Snapdragon 888.

Mi 11 merupakan salah satu flagship yang cukup terjangkau, apalagi Xiaomi 11T yang hanya dibanderol dengan harga Rp5,999 juta untuk seri paling murah.

Rekomendasi HP mahal dengan NFC lainnya di halaman berikutnya..


7 HP ‘Sultan’ dengan NFC, Bisa Bayar Tol Tanpa Sentuh (Bagian 2)

BACA HALAMAN BERIKUTNYA