7 Cara Sederhana untuk Memutihkan Gigi Anda Secara Alami – Andrygmv.net

7 Cara Sederhana untuk Memutihkan Gigi Anda Secara Alami

Ada banyak produk yang bisa Anda pilih untuk memutihkan gigi. Namun, sebagian besar produk pemutih menggunakan bahan kimia untuk memutihkan gigi Anda, yang menjadi perhatian banyak orang.

Jika Anda ingin gigi lebih putih, tetapi juga ingin menghindari bahan kimia, maka artikel ini mencantumkan banyak pilihan yang alami dan aman.

Cara Sederhana untuk Memutihkan Gigi Anda Secara Alami

Apa yang menyebabkan gigi terlihat kuning?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan gigi menjadi kusam dan kehilangan kilau putih yang terang.

Makanan tertentu dapat menodai enamel Anda, yang merupakan lapisan terluar gigi Anda. Selain itu, penumpukan plak pada gigi Anda dapat menyebabkannya terlihat kuning.

Jenis perubahan warna ini biasanya dapat diobati dengan obat pembersih dan pemutihan biasa.

Namun, kadang-kadang gigi terlihat kuning karena enamel keras telah terkikis, memperlihatkan dentin di bawahnya. Dentin adalah jaringan bertulang kuning alami yang terletak di bawah enamel.

Berikut adalah 7 cara sederhana untuk memutihkan gigi secara alami.

  1. Coba Oil Pulling

Oil Pulling adalah obat tradisional India yang dimaksudkan untuk meningkatkan kebersihan mulut dan menghilangkan racun dari tubuh.

Praktek ini melibatkan mengoleskan minyak di sekitar mulut Anda untuk menghilangkan bakteri, yang dapat berubah menjadi plak dan menyebabkan gigi Anda terlihat kuning.

Secara tradisional, orang India menggunakan bunga matahari atau minyak wijen untuk oil pulling, tetapi minyak apa pun akan berhasil.

Minyak kelapa adalah pilihan populer karena memiliki rasa yang menyenangkan dan menawarkan banyak manfaat kesehatan tambahan.

Minyak kelapa juga kaya akan asam laurat, yang dikenal karena kemampuannya untuk mengurangi peradangan dan membunuh bakteri.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa oil pulling setiap hari secara efektif mengurangi bakteri di mulut, bersama dengan plak dan radang gusi.

Streptococcus mutans adalah salah satu jenis bakteri utama di mulut yang menyebabkan plak dan radang gusi. Satu studi menemukan bahwa mengayun setiap hari dengan minyak wijen secara signifikan mengurangi Streptococcus mutans dalam air liur hanya dalam satu minggu.

Sayangnya, tidak ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa oil pulling memutihkan gigi Anda. Namun, ini adalah praktik yang aman dan patut dicoba. Banyak orang mengklaim gigi mereka lebih putih dan lebih cerah setelah oil pulling secara teratur.

Untuk oil pulling, masukkan 1 sendok makan minyak kelapa ke dalam mulut Anda dan dorong dan tarik minyak melalui gigi Anda. Minyak kelapa padat pada suhu kamar, jadi Anda mungkin perlu menunggu beberapa detik agar meleleh. Lanjutkan menarik minyak selama 15-20 menit penuh.

Pastikan untuk meludahkan minyak kelapa ke toilet atau tempat sampah, karena bisa kembali ke bentuk padat sekali di pipa pembuangan Anda dan menyebabkan penyumbatan.

Tidak seperti banyak metode pemutihan gigi lainnya, oil pulling kelapa tidak membuat gigi Anda asam atau bahan lain yang mengikis enamel. Ini berarti aman untuk dilakukan setiap hari.

  1. Sikat Dengan Soda Kue

Baking soda memiliki khasiat pemutih alami, dan itulah sebabnya bahan ini populer dalam pasta gigi komersial.

Ini adalah abrasif ringan yang dapat membantu menghilangkan noda permukaan pada gigi. Selain itu, baking soda menciptakan lingkungan basa di mulut Anda, yang mencegah bakteri tumbuh.

Ini bukan obat yang akan memutihkan gigi Anda semalaman, tetapi Anda harus memperhatikan perbedaan dalam penampilan gigi Anda dari waktu ke waktu.

Ilmu pengetahuan belum membuktikan bahwa menyikat dengan baking soda biasa akan memutihkan gigi Anda, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa pasta gigi dengan baking soda memiliki efek memutihkan yang signifikan.

Satu studi menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda secara signifikan lebih efektif dalam menghilangkan noda kuning dari gigi daripada pasta gigi standar tanpa baking soda. Semakin tinggi konsentrasi baking soda, semakin besar efeknya.

Selain itu, sebuah tinjauan dari lima studi menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue menghilangkan plak dari gigi lebih efektif daripada pasta gigi yang tidak memanggang soda.

Untuk menggunakan obat ini, campur 1 sendok teh baking soda dengan 2 sendok teh air dan gosok gigi dengan pasta. Anda dapat melakukan ini beberapa kali per minggu.

  1. Gunakan Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida adalah zat pemutih alami yang juga membunuh bakteri di mulut Anda.

Faktanya, orang telah menggunakan hidrogen peroksida selama bertahun-tahun untuk mendisinfeksi luka karena kemampuannya untuk membunuh bakteri.

Banyak produk pemutih komersial mengandung hidrogen peroksida, meskipun pada konsentrasi yang jauh lebih tinggi daripada yang akan Anda gunakan.

Sayangnya, tidak ada penelitian yang menunjukkan efek membilas atau menyikat dengan hidrogen peroksida saja, tetapi beberapa penelitian telah menganalisis pasta gigi komersial yang mengandung peroksida.

Satu studi menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda dan hidrogen peroksida 1% menyebabkan gigi lebih putih secara signifikan.

Studi lain menemukan bahwa menyikat dengan pasta gigi komersial yang mengandung baking soda dan peroksida dua kali sehari menyebabkan 62% gigi lebih putih dalam enam minggu.

Salah satu cara menggunakan hidrogen peroksida adalah sebagai obat kumur sebelum Anda menyikat gigi. Pastikan Anda menggunakan solusi 1,5% atau 3% untuk menghindari efek samping.

Konsentrasi hidrogen peroksida yang paling umum di toko obat adalah larutan 3%. Anda dapat dengan mudah mengencerkan konsentrasi ini hingga 1,5% dengan mencampurkan bagian peroksida dan air yang sama.

Cara lain untuk menggunakan hidrogen peroksida adalah dengan mencampurkannya dengan baking soda untuk membuat pasta gigi. Campurkan 2 sendok teh hidrogen peroksida dengan 1 sendok teh baking soda dan gosok gigi dengan lembut dengan campuran.

Batasi penggunaan pasta buatan sendiri ini beberapa kali per minggu, karena terlalu sering dapat mengikis enamel gigi Anda.

  1. Gunakan Cuka Sari Apel

Cuka sari apel telah digunakan selama berabad-abad sebagai produk pembersih alami dan disinfektan.

Asam asetat, yang merupakan bahan aktif utama dalam cuka sari apel, efektif membunuh bakteri. Sifat antibakteri cuka adalah apa yang membuatnya berguna untuk membersihkan mulut dan memutihkan gigi Anda.

Satu studi yang dilakukan pada gigi sapi menemukan bahwa cuka sari apel memang memiliki efek pemutihan pada gigi. Namun, mereka juga menemukan bahwa cuka dapat melembutkan gigi.

Asam asetat dalam cuka berpotensi mengikis enamel pada gigi Anda. Karena alasan ini, Anda sebaiknya tidak menggunakan cuka sari apel setiap hari. Anda juga harus membatasi jumlah waktu cuka sari apel bersentuhan dengan gigi Anda.

Untuk menggunakannya sebagai obat kumur, encerkan dengan air dan kocok di mulut Anda selama beberapa menit. Pastikan untuk membilas mulut Anda dengan air putih sesudahnya.

  1. Gunakan Buah dan Sayuran

Diet tinggi buah-buahan dan sayuran mungkin baik untuk tubuh dan gigi Anda. Meskipun bukan pengganti untuk menyikat gigi, buah-buahan dan sayuran mentah yang renyah dapat membantu menghilangkan plak saat Anda mengunyah.

Secara khusus, stroberi dan nanas adalah dua buah yang telah diklaim dapat membantu memutihkan gigi Anda.

Stroberi

Memutihkan gigi Anda dengan campuran stroberi dan baking soda adalah obat alami yang telah dipopulerkan oleh selebriti.

Para pendukung metode ini mengklaim bahwa asam malat yang ditemukan dalam stroberi akan menghilangkan perubahan warna pada gigi Anda, sedangkan baking soda akan menghilangkan noda.

Namun, obat ini belum sepenuhnya didukung oleh sains.

Meskipun stroberi dapat membantu mengelupas gigi dan membuatnya tampak lebih putih, stroberi tidak mungkin menembus noda pada gigi Anda.

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa campuran strawberry dan baking soda menghasilkan sedikit perubahan warna pada gigi, dibandingkan dengan produk pemutih komersial.

Nanas

Beberapa mengklaim bahwa nanas dapat memutihkan gigi.

Sebuah penelitian menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung bromelain, enzim yang ditemukan dalam nanas, secara signifikan lebih efektif menghilangkan noda gigi daripada pasta gigi standar.

Namun, tidak ada bukti bahwa makan nanas menghasilkan efek yang sama.

  1. Mencegah Noda Gigi Sebelum Terjadi

Gigi Anda secara alami menguning seiring bertambahnya usia, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah noda pada gigi Anda.

Batasi Pewarnaan Makanan dan Minuman

Coffee, soda and dark berries are infamous for staining teeth. That doesn’t mean you have to completely avoid them, but you should limit the amount of time these substances are in contact with your teeth.

If possible, drink beverages known to stain teeth out of a straw to prevent direct contact with your teeth. Moreover, brush your teeth soon after consuming one of these foods or beverages to limit their effects on the color of your teeth.

Additionally, avoid smoking and chewing tobacco, both of which can cause tooth discoloration.

Batasi Gula dalam Diet Anda

If you want whiter teeth, cut back on your sugar intake. A diet high in sugar supports the growth of Streptococcus mutans bacteria, the primary type of bacteria that causes plaque and gingivitis.

When you do consume a sugary food, brush your teeth soon after you eat.

Dapatkan Banyak Kalsium dalam Diet Anda

Beberapa perubahan warna gigi disebabkan oleh pengikisan enamel dan mengekspos dentin di bawahnya, yang berwarna kuning. Karena itu, apa pun yang Anda lakukan untuk memperkuat enamel gigi Anda akan membantu menjaga gigi Anda tetap putih.

Makanan kaya kalsium, seperti susu, keju, dan brokoli, dapat membantu melindungi gigi Anda dari erosi enamel.

  1. Jangan Meremehkan Nilai Menyikat Gigi

Sementara beberapa perubahan warna gigi muncul secara alami seiring bertambahnya usia, sebagian besar disebabkan oleh penumpukan plak.

Menyikat gigi secara teratur dapat membantu gigi Anda tetap putih dengan mengurangi bakteri di mulut Anda dan mencegah penumpukan plak.

Pasta gigi dengan lembut menggosok noda pada gigi Anda, dan enghilangkan bakteri yang menyebabkan plak.

Pembersihan gigi secara teratur juga dapat membantu gigi Anda tetap bersih dan putih.

Metode Lain yang Tidak Terbukti

Ada beberapa metode pemutihan gigi alami lainnya, tetapi tidak ada bukti ilmiah untuk membuktikan bahwa mereka efektif atau aman.

Berikut adalah beberapa metode yang belum terbukti:

  • Arang aktif: Menyikat dengan arang bubuk konon menarik racun dari mulut dan menghilangkan noda dari gigi.
  • Tanah liat kaolin: Para pendukung metode ini mengklaim bahwa menyikat dengan tanah liat membantu menghilangkan noda dari gigi.
  • Kulit buah: Mengoleskan kulit jeruk, lemon atau pisang pada gigi Anda diklaim membuatnya lebih putih.

Pendukung metode ini mengklaim mereka membuat gigi lebih putih secara signifikan, tetapi tidak ada penelitian yang mengevaluasi efektivitasnya. Ini juga berarti bahwa mereka belum diuji untuk efek samping ketika digunakan pada gigi.

About The Author