6 Wisata Kota Padang yang Kental Akan Budaya Minangkabau, Rancak Bana!

Andrygmv.net – Sebagai ibu kota Sumatera Barat, Padang dikenal sebagai kota pelabuhan dengan banyak wisata alam dan budaya yang kaya. Dari bangunan arsitektur kolonial Belanda, Kota Tua Padang hingga Pantai Air Manih, hingga jembatan ternama yang menghubungkan kota dan Gunung Padang. Dilansir dari laman The Smart Local, Sabtu (13/11/2021), berikut adalah wisata Kota Padang yang wajib kamu kunjungi.

Daftar Wisata Kota Padang

1. Masjid Agung Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat. (Instagram/@dedey_supriadi)
Masjid Raya Sumatera Barat. (Instagram/@dedey_supriadi)

Masjid Agung Sumatera BaratMasjid Agung Sumatera Barat adalah masjid terbesar kedua di Sumatera. Kompleks religi wisata kota Padang ini berukuran 40.000 meter persegi dan bangunannya seluas 18.000 meter persegi. Memiliki arsitektur Minangkabau kontemporer yang instagramable dengan atap ikonik menyerupai tanduk kerbau. Konstruksi bangunannya pun diklaim kuat dari bencana gempa bumi.

Baca Juga:
5 Makanan Khas Bali yang Terkenal, Dari Sate Lilit hingga Sambal Matah

2. Pantai Air Manih, Legenda Malin Kundang

Pantai Air Manih di Sumatera Barat (Instagram/@izzmant)
Pantai Air Manih di Sumatera Barat (Instagram/@izzmant)

Pantai Air Manih adalah sederet pantai di Padang yang wajib dijelajahi. Pantai ini memiliki arti air manis dangan mengandung sejarah cerita rakyat Malin Kundang. Letaknya berada di bagian Selatan Kota Padang dengan warna pasir cokelat. Di sini, wisatawan dapat menikmati pemandangan pantai yang memikat, mengendarai ATV, menyewa perahu motor ke pulau terdekat, camping, hingga bermalam di homestay. Seru sekali, bukan? 

3. Museum Adityawarman

Monumen Bagindo Aziz Chan di Museum Adityawarman Padang. [Dok.istimewa]
Monumen Bagindo Aziz Chan di Museum Adityawarman Padang. [Dok.istimewa]

Selami sejarah dan budaya masyarakat Minangkabau dengan mengunjungi Museum Adityawarman. Atap museum ini menyerupai tanduk kerbau yang merupakan ciri khas arsitektur tradisional Minangkabau. Terdapat koleksi arkeologi, sejarah, dan seni rupa Minangkabau. Tiket masuknya pun sangat terjangkau.

4. Sitinjau Lauik

Baca Juga:
Marbot di Padang Diduga Sodomi Pelajar SD Sepulang Mengaji

Sekitar 30 menit perjalanan dari pusat Kota Padang, kamu bisa menemukan spot untuk melihat pemandangan kota dari ketinggian 1000 meter. Tempat wisata ini tak terlalu padat sehingga kamu bisa menikmati pemandangan dengan udara segar dan kehijauan dari puncak ini. 

5. Jembatan Siti Nurbaya, Kental akan Sastra

Jembatan Siti Nurbaya. (Instagram/@arif.budiman89)
Jembatan Siti Nurbaya. (Instagram/@arif.budiman89)

Jembatan Siti Nurbaya dinamai sesuai dengan karakter pada karya sastra klasik, Marah Rusli tahun 1922 tentang kisah pasangan kekasih yang cintanya berakhir dengan pengorbanan dan tragedi. Jembatan ini dibangun pada 1995 dan menghubungkan kota dengan Gunung Padang. Banyak pengunjung yang mendatangi jembatan ini untuk mengabadikan foto perahu yang berlabuh, simbol masa lalu dan masa kini Padang sebagai kota pelabuhan yang ramai. Di sini kamu juga bisa menikmati makanan lokal yang ditawarkan oleh para pedagang di dekat jembatan.

6. Kota Tua Padang

Terakhir, wisata kota Padang yang wajib disinggahi adalah Kota Tua Padang. Di sini pengunjung akan melihat sejarah kaleidoskopik dari Kota Padang. Banyak bangunanan era kolonial Belanda yang cocok dijadikan spot berfoto. Kota Tua juga menjadi wadah peleburan budaya Cina dan lokal. Buat kamu yang tertarik dengan bangunan tua dan budaya, harus meluangkan waktu di Kota Tua Padang ini! Di sini kamu juga bisa mampir di kedai kopi dan berbagai kuliner Padang yang lezat.

Dari daftar wisata Kota Padang di atas, manakah destinasi yang paling ingin kamu kunjungi? Atau malah kesemuanya?

Kontributor : Yulia Kartika Dewi