6 Wisata Jepara yang Tawarkan Pemandangan Awesome! Mulai dari Bukit hingga Pantai

Andrygmv.net – Jepara merupakan kabupaten di Jawa Tengah yang terletak di bagian utara pulau Jawa. Wisata Jepara dikenal luas memiliki pesona pantai, pegunungan, dan air terjun yang luar biasa indah. Buat Anda dan keluarga yang merencanakan liburan ke Jepara, simak beberapa rekomendasi wisata Jepara berikut ini.

1. Taman Nasional Karimunjawa

Beningnya perairan Karimunjawa setelah menyeberang lebih dari dua jam dengan kapal feri [Andrygmv.net/Adam Iyasa].
Beningnya perairan Karimunjawa setelah menyeberang lebih dari dua jam dengan kapal feri [Andrygmv.net/Adam Iyasa].

Dilansir dari Twitter @/disporaparparjtg, Karimunjawa dikenal sebagai surganya Jawa Tengah. Kepulauan Karimunjawa memiliki 27 pulau dengan 5 pulau telah berpenghuni. Wisatawan harus menyeberang dari Pelabuhan Kartini Jepara menggunakan Kapal Express Bahari kurang lebih selama 2 jam.

Pertama eksplor Pantai Anora dengan view perbukitan yang hijau mempesona dan memanjakan mata. Dilanjut panorama sunset cantik di Pantai Tanjung dan view laut Karimunjawa yang sempurna di Bukit Love.

Baca Juga:
Sengaja Tak Ajak Teman Liburan ke Amerika, Cita Citata: Repot

Spot snorkeling paling favorit adalah di Karang Bintang. Pemandangan ikan terumbu karang yang indah di Talak Sendok dan berenang bersama hiu di Pulau Menjangan Kecil. Pantai Bobbi, pantai pasir putih paling menakjubkan cocok dijadikan spot wajib dalam explore wisata bahari di Karimunjawa.

Pengunjung juga dapat mengunjungi konservasi Tukik. Upaya pengembangan dan perlindungan penyu ini dilakukan oleh Taman Nasional Karimunjawa.

2. Pantai Bandengan

Pantai Bandengan di Jepara. (Instagram/@defasela)
Pantai Bandengan di Jepara. (Instagram/@defasela)

Pantai Bandengan atau disebut Pantai Tirta Samudra berlokasi di Desa Bandengan, sekitar 6 km dari pusat kota Jepara. Pesona pantai pasir putih dan air jernihnya membuat pantai ini menjadi wisata Jepara paling favorit. {Pantai ini memiliki banyak fasilitas yang memanjakan pengunjung, seperti resort, playground anak-anak, ATV, banana boat, canoe, boat tour, dan wahana olahraga air lainnya.

3. Jepara Ourland Park

Baca Juga:
Alami Penipuan saat Sewa Mobil di Bali, Wanita Ini Berbagi Langkah Antisipasi

Jepara Ourland Park. (Instagram/@jeparaourlandpark)
Jepara Ourland Park. (Instagram/@jeparaourlandpark)

Destinasi wisata Jepara yang berada di tepi pantai ini menyenangkan untuk dikunjungi bersama keluarga. Tak hanya wahana permainan air dan kolam renang, ada juga beberapa wahana seru lainnya seperti perahu kora, mini train, dan komidi putar.  Adapula gokart dan paintball dengan biaya tersendiri. Di sini juga disediakan pondok untuk beristirahat dan bersantai serta pepohonan yang rimbun.

4. Bukit Bejagan Duplak Tempur

Bukit Bejagan di Jepara. (Instagram/@bukit_bejagan)
Bukit Bejagan di Jepara. (Instagram/@bukit_bejagan)

Tak hanya pantai, wisata Jepara juga menawarkan keindahan perbukitan yang mempesona. Bukit Bejagan ada di kaki Pegunungan Muria memiliki pesona alam asri yang memikat. Hijaunya pegunungan dan sejuknya udara jadi daya tarik wisatawan menikmati wisata ini lama-lama. Tak hanya puas berfoto dengan latar alam yang indah, pengunjung dapat mencoba kopi khas Tempur yang menjadi andalan. 

5. Somosari Batealit

Somosari Batealit di Jepara. (Instagram/@kembanghits)
Somosari Batealit di Jepara. (Instagram/@kembanghits)

Rasakan keindahan puncak SOmosari, negeri diatas awan di Jepara ini. Kawasan ini berada di lereng Gunung Muria dengan luasnya hutan lindung. Selain puncaknya yang indah, di sini banyak dijumpai air terjun, seperti Air Terjun Banyu Anjlok, Air Terjun Pancuran, Air Terjun Dung Paso, dan Air Terjun Segoro Lebu. 

6. Cafe Kampung Tambak

Bicara soal keindahan wisata Jepara akan pantai, pegunungan, dan air terjunnya seolah tak ada habisnya. Kini muncul wisata kekinian yaitu Cafe Kampung Tambak yang mengusung konsep menarik. Bangunan kafe ini mengapung di atas tambak yang luas dan banyak spot foto menarik. Pengunjung dapat leluasa bersantai dan menyantap hidangan enak di gazebo-gazebo yang tersedia. 

Dari sekian tempat wisata Jepara di atas, mana yang sudah pernah kamu kunjungi?

Kontributor : Yulia Kartika Dewi