6 Makanan Khas Bengkulu yang Paling Dicari Mulai dari Pendap sampai Tempoyak Ikan Patin

Andrygmv.net – Rafflesia Arnoldi menjadi ikon dari Bengkulu karena disanalah, bunga satu ini bisa tumbuh dengan baik.

Namun di samping itu, Bengkulu juga dikenal memiliki makanan khas dengan rasa otentik dan mungkin tidak ditemukan di wilayah lainnya.

Jika punya kesempatan menginjakkan kaki ke Bengkulu, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Bengkulu paling dicari, berikut! 

1. Pendap

Baca Juga:
6 Makanan Khas Kalimantan yang Nagih Banget, Ada Mie Kepiting sampai Bubur Pedas

Kuliner Pendap khas Bengkulu. (Instagram/@chitramerlin)
Kuliner Pendap khas Bengkulu. (Instagram/@chitramerlin)

Makanan khas Bengkulu satu ini menggunakan bahan dasar ikan yang dibumbui bawang putih, kencur, parutan kelapa, dan cabai giling. Proses pengolahan pendap pun terhitung lama, karena menghabiskan waktu hingga 8 jam untuk merebus ikan dan bumbunya.

Dimasak dengan balutan daun talas, aroma pendap akan langsung membuat siapapun yang menciumnya ingin mencicipinya. Pendap paling pas dimakan dengan nasi putih hangat.

2. Gulai Pisang

Jika selama ini, gulai biasa diolah dengan bahan dasar daging kambing, berbeda halnya dengan gulai yang ada di Bengkulu. Sesuai dengan namanya, makanan khas Bengkulu satu ini menggunakan bahan dasar pisang yang dimasak dengan bumbu gulai.

Jenis pisang yang biasa digunakan untuk gulai pisang adalah pisang kepok, tanduk, dan raja karena teksturnya yang padat.

Baca Juga:
Buntut Penolakan Tambang Pasir Besi PT Faminglevto Bakti Abadi, Polisi Bebaskan 10 Warga

3. Tempoyak Ikan Patin

Tempoyak ikan, kuliner khas Jambi. (Instagram/@amyzayu)
Tempoyak ikan, kuliner khas Jambi. (Instagram/@amyzayu)

Olahan hasil laut dari Bengkulu memang tidak perlu diragukan lagi kelezatannya. Tempoyak ikan patin merupakan hidangan yang terbuat dari campuran fermentasi durian dan ikan patin.

Perpaduan tempoyak dan ikan patin rupanya cukup digemari penduduk Bengkulu. Rasanya yang segar membuat tempoyak ikan patin memiliki daya tarik tersendiri.

4. Rebung Asam Undak Liling

Makanan khas Bengkulu satu ini terbuat dari keong hitam dan rebung. Sebelum diolah dengan keong hitam.. rebung harus direndam dulu selama beberapa hari supaya rasa asamnya keluar.

Setelah itu, rebung dan keong hitam akan dimasak dengan aneka rempah. Keong hitam atau liling dapat dengan mudah ditemukan di area sawah.

5. Lemang Tapai

Kuliner khas Lemang. (Instagram/@lemangtapaimalalo)
Kuliner khas Lemang. (Instagram/@lemangtapaimalalo)

Salah satu daya tarik dari lemang tapai adalah proses pembuatan lemang yang menggunakan bambu muda saat proses pembakaran. Setelah dibakar, lemang akan dicampur dengan tapai dan kuahnya.

Sensasi gurih dari lemang dan asam manis dari tapai tentu tidak boleh dilewatkan.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri