5 Wisata Temanggung yang Hadirkan Pemandangan Kece Banget! Liburan Wajib ke Sini

Andrygmv.net – Temanggung dikenal sebagai kota Tembakau yang menyimpan sejuta keindahan alamnya. Berbagai wisata Temanggung yang alami dipadu dalam konsep modern dan tetap mempertahankan keasriannya. Simak beberapa rekomendasi wisata Temanggung bersama teman dan keluarga saat berkunjung ke Jawa Tengah.

1. Posong

Wisata Alam Posong Temanggung (@wisataalamposong)
Wisata Alam Posong Temanggung (@wisataalamposong)

Siapa tak kenal wisata Temanggung yang menyajikan kemegahan sunrise ini? Terletak di lereng Gunung Sindoro, pemandangan Gunung Sumbing yang gagah dan kota Temanggung nampak jelas terlihat dari sini jika cuaca cerah. Wisata Temanggung yang ada di ketinggian 1823 mdpl ini cukup luas dengan menyediakan banyak gazebo, tempat duduk, dan spot foto menarik. Nikmati secangkir kopi khas Temanggung dan berbagai hidangan lezat yang ditawarkan. Pengunjung juga bisa menginap dan BBQ bersama keluarga dan orang tercinta. Tiket masuknya cukup terjangkau dengan akses masuk dari jalan raya masih bebatuan rata. 

2. Embung Kledung

Baca Juga:
Ke Warung Viral Sirkuit Mandalika, Ganjar Pranowo : Makan yang Banyak Ya

Wisata Embung Kledung di Temanggung. (Instagram/@wisata_embung_kledung)
Wisata Embung Kledung di Temanggung. (Instagram/@wisata_embung_kledung)

Tak terlalu jauh dari Posong, wisata Embung Kledung juga menawarkan keindahan sunrise, Gunung Sumbing, dan Gunung Sindoro yang memukau. Sesuai namanya, Embung Kledung memiliki kolam air ikan yang besar dan luas serta memantulkan bayangan gunung. Selain udara yang sejuk dan cuaca cerah di pagi hari, tempat ini cocok untuk camping bersama teman dan keluarga. Tiket masuknya cukup murah tidak lebih dari Rp10.000 setiap orang. 

3. Sendang Sengon

Pilihan wisata alami di Temanggung tak akan ada habisnya. Sendang Sengon bisa jadi pilihan terbaik Anda bersama keluarga. Sendang Sengon merupakan kolam alami yang berada di Desa Banjarsari. Dengan airnya yang bersih dan jernih, pengunjung bisa berenang dan bermain air di sini. Dengan dikelilingi persawahan yang asri, wisata Temanggung ini cocok dipilih untuk bersantai dan melepas kepenatan.

4. Sibajag Green Canyon

Sibajag Green Canyon, salah satu wisata hits di Temanggung. (Instagram/@sibajaggreencanyon)
Sibajag Green Canyon, salah satu wisata hits di Temanggung. (Instagram/@sibajaggreencanyon)

Wisata Temanggung satu ini cocok sebagai destinasi wisata bersama keluarga di akhir pekan. Lokasinya cukup dekat dengan kota dan mudah diakses oleh kendaraan baik motor atau mobil. Panorama pegunungan dan perkebunan warga menjadi daya tarik para wisatawan di sini. Udara yang sejuk khas pegunungan dan suasana menenangkan menjadi nilai plusnya.

Baca Juga:
Usai DItunjuk Jadi Plt, Yoyok Sukawi Bakal Maju Jadi Ketua Asprov PSSI Jateng

Ciri khas dari Sibajag Green Canyon adalah seluruh kawasan yang disambungkan oleh jembatan bambu. Dihiasi berbagai tanaman bunga dan latar Bukit Sikendil yang begitu dekat mempercantik hasil jepretan foto. Disediakan pula cafe nuansa alam pedesaan, gazebo, dan tempat karaoke keluarga.

5. Wapitt Temanggung

Wapit merupakan singkatan dari Wana Wisata Jumprit yang ada di tengah hutan pinus lereng Gunung Sindoro. Wisata alam ini bertemakan family travelling and adventure yang pas untuk keluarga. Pengunjung dapat melihat pemandangan sawah dan kebun kopi yang menyejukkan. Banyak aktivitas outdoor yang bisa dilakukan di sini, mulai dari tempat bermain anak-anak, flying fox, rumah pohon, area panahan, dan camping ground. Tempat wisata satu ini cocok untuk kalian yang suka menikmati kopi dari kedai kopi kekinian sambil menyaksikan live acoustic setiap malam minggu. 

Itulah beberapa rekomendasi wisata Temanggung yang paling populer dan memiliki daya tarik yang memukau. 

Kontributor : Yulia Kartika Dewi