5 Wisata Magelang Hits 2021 yang Tawarkan Pemandangan Alam Amazing

Andrygmv.net – Keindahan alam Magelang, Jawa Tengah, baik menikmati serpihan surga yang memikat. Sejuknya hawa pegunungan serta keramahan warga lokalnya membuat beberapa wisata Magelang hits 2021 diburu wisatawan. Dikutip dari berbagai akun Twitter wisata, Minggu (14/11/2021), tempat wisata Magelang berikut ini tak kalah populernya dan wajib dikunjungi saat berlibur di Magelang!

Daftar Wisata Magelang

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur saat One Day Tour VW Ride Borobudur Magelang,Minggu (6/6/2021) (Suara/Hiromi)
Candi Borobudur saat One Day Tour VW Ride Borobudur Magelang,Minggu (6/6/2021) (Suara/Hiromi)

Siapa tak kenal dengan candi Buddha terbesar di dunia ini? Ya, Candi Borobudur merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia yang ada. Di sini pengunjung akan berwisata sejarah dengan ribuan panel relief di dinding candi. Relief ini menceritakan tiga tingkat kehidupan Buddha (Kamadhatu, Rupadhatu, dan Arupadhatu). Candi Borobudur ini terkenal akan keindahan dan kemegahan bangunan yang berasal dari bebatuan yang ditata sedemikian rupa. 

Baca Juga:
6 Wisata Kota Padang yang Kental Akan Budaya Minangkabau, Rancak Bana!

Kawasan candi ini juga memiliki pemandangan pegunungan yang indah dari atasnya. Wisatawan juga bisa bermalam di homestay atau hotel-hotel mewah yang ada di sekitar candi. Wisatawan juga bisa menyewa VW, andong, atau scooter untuk mengelilingi desa di kawasan Borobudur. Tak heran jika Candi Borobudur tak pernah sepi dari wisatawan domestik hingga mancanegara.

2. Bukit Rhema / Gereja Ayam

Gereja Ayam Bukit Rhema, One Day Tour VW Ride Borobudur Magelang,Minggu (6/6/2021) (Suara/Hiromi)
Gereja Ayam Bukit Rhema, One Day Tour VW Ride Borobudur Magelang,Minggu (6/6/2021) (Suara/Hiromi)

Bukit Rhema adalah salah satu pilihan terbaik untuk menikmati wisata alam sekaligus wisata religi. Bukit Rhema melejit karena digunakan sebagai tempat syuting film fenomenal, Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2. Banyak orang yang mengira bangunannya berbentuk ayam, namun jika diperhatikan, bangunannya menyerupai burung merpati dengan mahkota di atasnya. Di Bukit Rhema, pengunjung akan dipandu oleh tour guide yang menjelaskan sejarah serta kegunaan spot wisata ini. 

Gereja ayam kegunaannya ternyata sebagai rumah doa untuk semua agama dan kepercayaan. Banyak bilik yang disediakan di dalam bangunan untuk pengunjung berdoa, refleksi diri, hingga self healing. Sampai pada bagian atas gereja ayam, pengunjung dengan jumlah kurang dari 10 orang dipersilahkan menaiki mahkota Bukit Rhema. Dari sini, pengunjung akan disuguhkan pemandangan indah serta Candi Borobudur. 

3. Air Terjun Kedung Kayang

Baca Juga:
5 Makanan Khas Jawa Tengah Paling Populer, Yuk Berburu Malam Ini

Air Terjun Kedung Kayang di Magelang. (Instagram/@genevieve_brindley_228)
Air Terjun Kedung Kayang di Magelang. (Instagram/@genevieve_brindley_228)

Wisata air terjun Kedung Kayang dengan ketinggian 40 meter ini berada di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang dan Klakah, Selo, Boyolali. Letak wisata alam ini berada di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Saat cuaca cerah, pengunjung dapat menikmati air terjun dengan latar belakang Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang luar biasa indah. 

Untuk mencapai wisata ini, diperlukan kendaraan yang prima karena banyak tanjakan dan kelokan. Namun semuanya akan terbayar dengan pemandangan dan kesegaran air terjun yang luar biasa.

4. Mangli Sky View

Suasana Mangli Sky View di waktu malam. [Dok. Pengelola Mangli Sky View]
Suasana Mangli Sky View di waktu malam. [Dok. Pengelola Mangli Sky View]

Gardu pandang Mangli Sky View di Desa Mangli, Kaliangkrik, Kabupaten Magelang merupakan spot wisata yang bagus untuk menikmati keindahan Gunung Sumbing. Spot wisata Magelang ini dibangun dengan konsep yang sederhana namun menyuguhkan keindahan alam yang membuat decak kagum. Pemandangan dari lereng Gunung Sumbing meliputi hamparan hijau ladang warga, udara sejuk, dan panorama kota Magelang dari ketinggian. 

Wisata ini menjadi tempat terbaik untuk menyaksikan sunrise dan sunset dengan latar beberapa gunung di Jawa Tengah, mulai dari Gunung Merapi, Merbabu, Ungaran, Andong, dan Telomoyo yang menakjubkan. DI sini pengunjung juga bisa menikmati makanan dan minuman yang menghangatkan tubuh, berkemah, dan berfoto di spot yang tersedia.

Silancur Highland

Masih di kawasan yang sama dengan Mangli Sky View, Silancur Highland adalah salah satu tempat wisata Magelang yang instagramable. Lokasinya berada sekitar 15 km dari pusat kota Magelang. Tepatnya di Dusun Dadapan, Desa Mangli, Kaliangkrik, Magelang. Silancur Highland terletak di bukit kecil dengan beberapa atraksi wisata mulai dari taman bunga hingga spot foto menarik. 

Pemandangan golden sunrise yang luar biasa berlatar pegunungan indah dan lautan awan menjadi daya pikat tempat wisata ini. Tempat terbaik mengunjunginya adalah subuh menjelang matahari terbit atau pengunjung dapat bermalam di camping ground atau homestay yang disediakan di sini.

Dari sekian tempat wisata Magelang di atas, manakah yang ingin kamu kunjungi terlebih dahulu?

Kontributor : Yulia Kartika Dewi