5 Wisata Bukittinggi yang Ramai Pengunjung Selain Jam Gadang

Andrygmv.net – Kota Wisata Bukittinggi adalah kota terbesar kedua di Provinsi Sumatera Barat. Kota yang berada di ketinggian 930 meter di atas permukaan laut ini memiliki udara sejuk yang menyenangkan. Ada berbagai destinasi wisata Bukittinggi yang bisa kamu kunjungi di sini. Dihimpun dari berbagai sumber, Sabtu (13/11/2021), berikut wisata Bukittinggi yang tidak boleh terlewatkan saat berlibur.

Daftar Tempat Wisata Bukittinggi

1. Jam Gadang

Jam Gadang di Bukittinggi Sumatera Barat. [Andrygmv.net/Adhitya Himawan]
Jam Gadang di Bukittinggi Sumatera Barat. [Andrygmv.net/Adhitya Himawan]

Jam Gadang atau Jam Agung adalah landmark Bukittinggi yang terkenal. Jam gadang memiliki tinggi 26 meter dan terdiri dari beberapa tingkatan. Jam Gadang ini memiliki nilai sejarah yang tinggi karena dibangun pada masa kolonial Belanda. Berdiri tinggi dan kokoh di tengah kota, menara jam ini ada di tengah taman dengan banyak pepohonan. Pengunjung bisa leluasa berfoto dengan latar jam gadang yang ikonik ini.

Baca Juga:
5 Wisata Palembang, dari Wisata Religi Hingga Wisata Sejarah

2. Ngarai Sianok

Ngarai Sianok di Bukittinggi, Sumatera Barat. [Andrygmv.net/Adhitya Himawan]
Ngarai Sianok di Bukittinggi, Sumatera Barat. [Andrygmv.net/Adhitya Himawan]

Ngarai SIanok yang ada di Bukittinggi ini menjadi salah satu tujuan wisata terfavorit di Indonesia dan menjadi kebanggaan warga Sumatera Barat. Ngarai SIanok cantik dengan bentang alamnya berupa lembah sempit dan bukit bertebing curam. Bagian tengah lembah mengalir sungai kecil yang menambah pesona Ngarai Sianok. Suasana tenang dan udara segar cocok untuk siapapun yang ingin menenangkan diri.

3. Benteng Fort de Kock

Fort de Kock merupakan benteng tua Belanda di Bukittinggi yang terletak satu kilometer dari pusat kota. Benteng ini didirikan pada 1825 oleh Kapten Bouer saat Perang Padri untuk perlindungan penduduk. Bangunan asli benteng ini sudah lama hilang. Namun gundukan benteng masih dapat disaksikan. Di taman sekelilingnya, ada berbagai jenis burung dalam sangkar. Kamu juga bisa menikmati panorama kota Bukittinggi dari benteng yang ada di perbukitan ini.

4. Lobang Jepang

Baca Juga:
BIN Sumbar Gelar Vaksinasi Massal di Padang dan Bagi-bagi Sembako

Gua Jepang di kota Bukittinggi, Sumatera Barat. [Andrygmv.net/Adhitya Himawan]
Gua Jepang di kota Bukittinggi, Sumatera Barat. [Andrygmv.net/Adhitya Himawan]

Lobang Jepang adalah serangkaian gua yang dibangun pada masa pendudukan Jepang tahun 1942 hingga 1945. Dulunya, gua ini dibangun oleh penduduk lokal dengan sistem kerja paksa. Mereka dipaksa menggali terowongan dan bunker yang dinamai Lobang Jepang. Situs ini kini menjadi wisata Bukittinggi yang tak sepi dikunjungi bagi pengunjung yang ingin mengetahui sejarah masa lalu lebih dekat. 

5. Kebun Binatang Bukittinggi

Di Bukittinggi juga ada kebun binatang yang berada di atas bukit Cubadak Bungkuak, tepat di seberang Fort de Kock. Kebun Binatang Bukittinggi ini menjadi salah satu kebun binatang tertua di Indonesia dan satu-satunya di Sumatera Barat. Beragam koleksi hewan yang dimiliki menjadi terbaik di Pulau Sumatera. Di sini kamu juga bisa sekaligus mengunjungi Rumah Adat Banjuang.

Wisata Bukittinggi memang unik dan kental akan nilai sejarahnya. Mana yang ingin kamu kunjungi pertama kali?

Kontributor : Yulia Kartika Dewi