5 tips untuk membantu mengelola stres – Andrygmv.net

5 tips untuk membantu mengelola stres

5 tips untuk membantu mengelola stres

Stres terjadi ketika Anda memahami bahwa tuntutan yang diberikan pada Anda – seperti pekerjaan, sekolah, atau hubungan – melebihi kemampuan Anda untuk mengatasinya. Kadang-kadang stres bisa bermanfaat, menghasilkan dorongan yang menyediakan drive dan energi untuk membantu orang melewati situasi seperti ujian atau tenggat waktu kerja. Namun, jumlah stres yang ekstrem dapat memiliki konsekuensi kesehatan, memengaruhi sistem kekebalan tubuh, kardiovaskular, dan neuroendokrin, serta sistem saraf pusat, dan mengambil korban emosional yang parah.

Stres kronis yang tidak diobati dapat mengakibatkan kondisi kesehatan yang serius termasuk kecemasan, insomnia, nyeri otot, tekanan darah tinggi dan sistem kekebalan tubuh yang melemah. Penelitian menunjukkan bahwa stres dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit utama, seperti penyakit jantung, depresi dan obesitas.

Tetapi dengan menemukan cara positif dan sehat untuk mengelola stres saat itu terjadi, banyak dari konsekuensi kesehatan negatif ini dapat dikurangi. Setiap orang berbeda, dan begitu pula cara mereka memilih untuk mengelola stres mereka. Beberapa orang lebih suka mengejar hobi seperti berkebun, bermain musik dan menciptakan seni, sementara yang lain merasa lega dalam kegiatan yang lebih soliter: meditasi, yoga dan berjalan.

Berikut adalah lima teknik sehat yang telah ditunjukkan oleh penelitian psikologis untuk membantu mengurangi stres dalam jangka pendek dan panjang.

Beristirahat sejenak dari stresor. Tampaknya sulit untuk menjauh dari proyek pekerjaan besar, bayi yang menangis atau tagihan kartu kredit yang terus bertambah. Tetapi ketika Anda memberi diri Anda untuk menjauh darinya, Anda membiarkan diri Anda punya waktu untuk melakukan sesuatu yang lain, yang dapat membantu Anda memiliki perspektif baru atau mempraktikkan teknik agar merasa tidak terlalu kewalahan. Penting untuk tidak menghindari stres Anda (tagihan-tagihan itu harus dibayar kapan-kapan), tetapi bahkan hanya 20 menit untuk mengurus diri sendiri akan sangat membantu.

Olahraga. Penelitian ini terus berkembang – olahraga bermanfaat bagi pikiran Anda dan tubuh Anda. Kami terus mendengar tentang manfaat jangka panjang dari rutinitas olahraga teratur. Tetapi bahkan 20 menit berjalan kaki, berlari, berenang atau menari di tengah-tengah waktu yang penuh tekanan dapat memberikan efek langsung yang dapat berlangsung selama beberapa jam.

Tersenyumlah dan tertawa. Otak kita saling terkait dengan emosi dan ekspresi wajah kita. Ketika orang stres, mereka sering memegang banyak tekanan di wajah mereka. Jadi tertawa atau tersenyum dapat membantu meredakan ketegangan itu dan memperbaiki situasi.

Dapatkan dukungan sosial. Panggil teman atau orang terdekat anda. Ketika Anda berbagi kekhawatiran atau perasaan Anda dengan orang lain, itu membantu menghilangkan stres. Tetapi penting bahwa orang yang Anda ajak bicara adalah seseorang yang Anda percayai dan yang Anda rasa dapat memahami dan memvalidasi Anda. Jika keluarga Anda seorang pemicu stres, misalnya, itu mungkin tidak mengurangi stres Anda jika Anda berbagi kesengsaraan dengan salah satu dari mereka.

Bermeditasi. Meditasi dan doa yang penuh perhatian membantu pikiran dan tubuh untuk rileks dan fokus. Mindfulness dapat membantu orang melihat perspektif baru, mengembangkan belas kasih diri dan pengampunan. Ketika mempraktikkan suatu bentuk perhatian, orang dapat melepaskan emosi yang mungkin telah menyebabkan stres fisik tubuh. Sama seperti olahraga, penelitian telah menunjukkan bahwa bahkan bermeditasi sebentar dapat menuai manfaat langsung.

About The Author