5 Sub-domain Situs BPPT Diretas, Hacker Umumkan di Twitter

Andrygmv.net —

Sub domain situs Badan Pengkajian dan Pengenalan Teknologi (BPPT) yang merupakan badan riset BRIN diretas dengan metode deface.

Aktor dari serangan ini merupakan peretas yang sama yang melakukan serangan pada situs Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN) beberapa waktu lalu dan diduga berasal dari Brasil.

Serangan yang menimpa sub-domain dari situs BPPT ini terjadi diumumkan oleh akun twitter pelaku @son1x777. Pada postingan di akun tersebut peretas menampilkan tangkapan layar situs BPPT ra.bppt.go.id yang telah mengalami deface.

Tampilan pada situs tersebut diubah menjadi gambar ‘malaikat maut’ yang dibarengi dengan catatan ‘hacked by theMx0nday.’

Pada tangkapan layar tampilan situs juga ditampilkan nama-nama aktor yang berperan dalam serangan tersebut, yaitu @son1x777, @bky_992, dan @xtdins1x.

Pada cuitan tersebut, peretas menjabarkan situs yang BPPT yang telah mereka retas seraya mengejek instansi tersebut.

“BPPT – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi hacked” tulisnya.

“Terlalu malas untuk memutar jaringan,” lanjutnya tersebut.

Dilansir dari situs induk BPPT, web defacement atau serangan deface adalah serangan siber yang melibatkan pengubahan pada halaman situs web. Perubahan pada tampilan web bisa berupa berubahnya gambar atau teks maupun link terhadap halaman web lain.

Para peretas yang menyebut dirinya tergabung dalam tim theMx0nday ini diduga berasal dari Brasil.

Sebelumnya pada serangan mereka ke situs BSSN, para peretas menyebut serangan dilakukan untuk membalas atas apa yang dilakukan peretas Indonesia kepada situs milik pemerintah Brazil.

“Sonix sempat disini. Deface ini dilakukan untuk merespons peretasan dari Indonesia terhadap situs Brazil. Lihat betapa mudah mengacaukan negara kacau Anda,” tulis si peretas saat itu.

Menurut pantauan CNNindonesia.com pada Jumat pukul 10.20 WIB, kelima situs sub-domain dari BPPT tersebut masih belum dapat diakses.

Tidak diketahui secara pasti fungsi masing-masing sub-domain yang telah diretas. Kemungkinan sub-domain tersebut terkait dengan departemen atau program kerja yang ada di BPPT.

Saat ini BPPT disebut akan melebur menjadi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) seperti sejumlah lembaga riset negara lainnya.

(lnn)

[Gambas:Video CNN]