5 Resep Makanan Diet Berbahan Kentang, Rasanya Enak Bikin Semangat Hidup Sehat

Andrygmv.net – Diet tidak hanya dilakukan untuk menurunkan berat badan, tapi juga menjalankan pola hidup sehat dalam jangka panjang. Biar tetap semangat dan konsisten, banyak orang yang kemudian menjadi resep makanan diet sebagai referensi menu sehari-hari.

Salah satu bahan makanan yang bisa diolah menjadi beragam menu diet adalah kentang. Dirangkum dari Yukepo.com—jaringan Andrygmv.net, berikut sejumlah resep makanan diet berbahan kentang yang bisa jadi pilihan.

Kumpulan Resep Makanan Diet yang Dibuat dari Kentang

Ilustrasi salad kentang atau potato salad (Pixabay/kartynas)
Ilustrasi salad kentang atau potato salad (Pixabay/kartynas)

Potato salad

Baca Juga:
4 Rekomendasi Makan Malam Rendah Kalori, Dijamin Anti Hambar dan Cocok untuk Diet

Cara membuat hidangan satu ini terbilang simpel, tapi rasanya enak dan bikin semangat diet. Kamu cuma perlu potong dadu kentang yang telah direbus, lalu tambahkan yogurt, potongan buah, sedikit garam dan lada.

Tumis sebentar hingga semua bahan tercampur. Simpan dalam kulkas selama 15 menit sebelum disajikan. Bisa juga disimpan seharian di lemari pendingin.

Mashed potato

Biasanya dijadikan sebagai pengganti nasi, sehingga bisa dinikmati dengan beragam lauk, seperti dada ayam panggang, salad sayur, dan lainnya.

Cara membuat mashed potato juga tidak sulit. Rebus kentang hingga matang, lalu hancurkan. Tumis kentang halus, tambahkan sedikit lada, keju, susu fullcream, kemudian masak hingga mendidih.

Baca Juga:
5 Tips Menggunakan Timbangan Berat Badan, Hasilnya Dijamin Akurat!

Sajian potato wedges. (Envato Elements)
Sajian potato wedges. (Envato Elements)

Potato Wedges

Potong tebal kentang yang sudah direbus, kemudian rendam dalam air garam kira-kira 5 menit. Tata kentang di loyang, taburi sedikit garam, lada, dan oregano, lalu panggang selama 30 menit di suhu 180 derajat Celcius.

Camilan yang banyak dijual di kafe maupun restoran ini bisa kamu buat sendiri di rumah, kan? Bisa dinikmati dengan cocolan saus keju atau mayones.

Potato cream soup

Resep makanan diet berikutnya juga tak kalah simpel. Panaskan minyak, masukkan kentang rebus yang sudah dihaluskan, tambahkan bawang bombay, sayuran, kaldu ayam, dan susu cair.

Masak dengan api sedang selama kira-kira 10 menit, aduk sesekali. Kamu bisa menambahkan toping lain seperti irisan daging atau daun bawang.

Baked Potato

Pilih kentang berukuran besar, cuci hingga bersih karena bakal dimasak tanpa dikupas kulitnya. Belah bagian atas kentang menjadi empat, tapi jangan sampai patah. Tarus tumisan brokoli sederhana di atasnya, tambahkan sedikit lada.

Bungkus kentang dengan alumunium foil, panggang selama 15 menit. Baked potato pun siap dinikmati.

Itulah beberapa resep makanan diet berbahan kentang yang mudah dibuat dan hasilnay lezat. Selamat mencoba!