5 Penyebab Rambut Rontok, Salah Satunya Bisa Jadi Kekurangan Nutrisi

Andrygmv.net – Rambut rontok yang terjadi setiap hari adalah kondisi normal dan umum dialami semua orang. Namun saat Anda merasa kehilangan rambut lebih daripada biasanya, mungkin ada beberapa penyebab rambut rontok yang mendasarinya. Pada ulasan ini, kita akan mengetahui beberapa penyebab rambut rontok yang utama beserta langkah perawatannya. 

Penyebab Rambut Rontok

Dilansir dari laman Healthline, Jumat (10/12/2021), berikut ini kemungkinan penyebab rambut rontok yang terjadi, antara lain:

1. Kehamilan

Baca Juga:
Rizky Billar Bakal Sewa Satu Lantai Rumah Sakit untuk Persalinan Lesti Kejora

Sebagian wanita mungkin dapat mengalami rambut rontok berlebihan setelah kehamilan. Kondisi ini disebabkan oleh menurunnya kadar estrogen. Umumnya, kondisi rontok karena kehamilan dapat sembuh dalam waktu satu tahun atau lebih cepat. Solusi mengatasi rambut rontok saat kehamilan dengan menggunakan sampo penambah volume dan kondisioner untuk menguatkan rambut.

2. Kekurangan Nutrisi

Kekurangan asupan nutrisi bisa menjadi penyebab rambut rontok yang utama. Diet ekstrem dengan asupan protein dan vitamin tertentu yang rendah, terkadang bisa menyebabkan kerontokan rambut yang berlebihan. Untuk memastikannya, temui dokter untuk melakukan tes darah dan memeriksa kekurangan nutrisi apa yang menjadi penyebab rambut rontok.

3. Gangguan Kurap

Kurap merupakan infeksi jamur yang bisa membuat rambut rontok. Kurap terjadi di kulit kepala yang bisa menyebabkan kebotakan sementara di kepala. Gejalanya bisa berupa bintik kecil, kulit bersisik, rambut rapuh dan mudah matah, gatal, kulit kepala melepuh, dan bercak merah di area yang terkena kurap.

Baca Juga:
Nikita Willy Berhasil Hamil setelah Jalani Terapi Akupuntur, Amankah?

4. Kondisi Medis Tertentu

Kondisi medis yang menjadi penyebab rambut rontok meliputi penyakit tiroid, alopecia areata (penyakit autoimun yang menyerang folikel rambut, kurap, dan lichen planus yang menyebabkan jaringan parut. Rambut rontok juga bisa disebabkan karena obat-obatan yang digunakan untuk mengobati kanker, tekanan darah tinggi, depresi, radang sendi, dan masalah jantung.

5. Kebiasaan Mengikat Rambut

Rambut rontok juga bisa disebabkan karena gaya ikat rambut yang memberi tekanan folikel. Yaitu dengan menarik rambut ke belakang dengan sangat kencang. Untuk itu, kebiasaan mengikat rambut terlalu kencang perlu dihindari agar tidak terjadi kerontokan. 

Untuk mengatasi berbagai penyebab rambut rontok di atas, lakukan perubahan gaya hidup untuk mengurangi stres. Perhatikan pola makan bergizi meliputi protein, lemak, vitamin, dan mineral tertentu. Gunakan juga produk perawatan rambut yang ringan dan lembut. Hindari mengikat rambut terlalu kencang dan batasi penggunaan alat penataan rambut.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi