5 Pantai Pasir Putih di Indonesia yang Memesona, Tak Cuma di Pulau Dewata

Andrygmv.net – Pantai pasir putih di Indonesia memiliki magnet tersendiri untuk pecinta wisata bahari. Tidak sulit menemukan pantai pasir putih yang cantik dan mempesona.

Jika Anda berencana liburan ke pantai, simak rekomendasi pasir pantai putih di Indonesia yang bisa jadi destinasi seru berikut ini.

Pantai Klayar

Pantai Klayar di Pacitan, Jawa Timur. (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)
Pantai Klayar di Pacitan, Jawa Timur. (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Tidak hanya dikenal sebagai Kota Seribu Gua, Pacitan juga terkenal dengan pantai pasir putih nan indah. Nama pantai ini berasal dari kata ‘Klayar-kluyur’ yang artinya jalan-jalan.

Baca Juga:
3 Tempat Wisata di Kediri yang Low Budget, Murah tapi Tetap Aesthetic!

Pantai Klayar sangat eksotis jika dibandingkan objek wisata pantai lainnya. Tidak hanya indah, pantai pasir putih ini memiliki 3 fenomena unik. Di antaranya laguna, Batu Sphinx, dan Karang Bolong.

Pantai Klayar punya gugusan batu karang yang menjulang tinggi di sebelah timur laguna dan bentuknya menyerupai Sphinx di Mesir. Ombak berkali-kali menghempas dengan kuatnya batu karang dan efek air terjun di dinding dengan gelembung-gelembung putih yang indah. Pantai ini menjadi salah satu tujuan favorit di pesisir selatan Jawa

Pantai Pandawa, Bali

Pantai pasir putih di Indonesia berikutnya yang paling terkenal adalah Pantai Pandawa. Di pantai yang eksotis ini, pengunjung dapat bermain di pinggir pantai dan pilihan olahraga yang mengasyikkan.

Anda bisa bermain kano di pantai yang airnya tampak berwarna biru jernih ini. Berbagai restoran seafood yang lezat bisa Anda cicipi satu persatu. Selama perjalanan turun menuju Pantai Pandawa, tersaji tebing kapur yang menjulang indah.

Baca Juga:
5 Kebun Teh Bogor dengan Pesona yang Bisa Memanjakan Mata

Penataan kawasan Pantai Pasir Panjang di Kupang, Nusa Tenggara Timur. [Dok Kementerian PUPR]
Penataan kawasan Pantai Pasir Panjang di Kupang, Nusa Tenggara Timur. [Dok Kementerian PUPR]

Pantai Pasir Panjang, Bengkalis

Nikmati keindahan Pantai Pasir Panjang, pantai dengan pasir putih terpanjang di Indonesia. Tempat wisata ini terletak di Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis, Utara Provinsi Riau. Ada hamparan pasir putih eksotis yang membentang sepanjang 13 kilometer.

Letak pantai pasir putih ini berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia. Ke depannya, pantai ini akan jadi wisata unggulan di Riau yang ramai didatangi wisatawan lokal maupun internasional.

Karimunjawa

Siapa tak kenal Karimunjawa? Destinasi wisata bahari dengan gugusan 27 pulau ini terletak di sisi utara Jawa Tengah. The Paradise of Java ini merupakan destinasi wisata yang lengkap dengan indahnya ekosistem hutan hujan dataran rendah, alga, hutan pantai, hutan bakau, padang lamun, dan terumbu karang.

Pantai-pantai di kawasan Karimunjawamemiliki pasir putih yang halus dan air lautnya biru jernih. Anda bisa mencoba berbagai olahraga air seperti jet sky, berlayar, selancar angin, berenang. Berbagai satwa yang dilindungi juga bisa Anda temukan di sini.

Pantai Maluk Sumbawa

Keindahan pantai pasir putih di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat memang tak perlu diragukan lagi. Salah satunya adalah Pantai Maluk dengan hamparan pasir putih yang lembut membentang dari ujung Utara hingga selatan.

Birunya air laut dan deburan ombak kecil menjadi penyempurna keindahan Pantai Maluk Sumbawa. Pemandangan senja yang keemasan juga jadi daya tarik pantai ini. Tak jauh dari kawasan wisata ini, pengunjung bisa menjumpai tempat budidaya tukik dan penyu.

Itulah beberapa pantai pasir putih di Indonesia yang paling direkomendasikan untuk liburan bersama keluarga dan orang tersayang.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi