5 Makanan Khas Daerah Terpopuler di Luar Negeri, Nggak Cuma Rendang yang Rasanya Nendang

Andrygmv.net – Cita rasa masakan Indonesia memiliki ciri budaya khas masing-masing daerah. Masakan khas daerah menjadi simbol identitas setiap daerah dengan keunikan rasa dan ciri khasnya. Kekayaan makanan khas daerah ini menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi para pemburu kuliner dari berbagai daerah.

Simak beberapa makanan khas daerah terpopuler di luar negeri karena kelezatan dan rasanya yang autentik.

Daftar Makanan Khas Daerah Terpopuler di Luar Negeri

Rendang

Baca Juga:
Demi Kesehatan Usus, Hindari 6 Makanan Ini!

Rendang, salah satu hidangan wajib saat Lebaran . (Shutterstock)
Rendang, salah satu hidangan wajib saat Lebaran . (Shutterstock)

Rendang merupakan salah satu makanan khas terlezat dari Minang Indonesia yang populer di luar negeri. Bahan dasar makanan ini terbuat dari daging sapi, kemudiandimasak dengan bumbu tradisional dan santan yang membutuhkan waktu berjam-jam dalam memasaknya.

Dengan teknik masak yang tepat, rendang bisa bertahan selama seminggu. Rendang biasanya juga dapat dipesan di restoran Padang beserta lauk lainnya. Rendang akan menjadi hidangan yang sempurna untuk para penikmatnya.

Sate

Sate biasanya menggunakan bahan dasar daging ayam, sapi, atau domba yang ditusuk di tusukan sate kemudian dipanggang di atas tumpukan arang. Makanan khas daerah terpopuler di luar negeri ini sangat cocok untuk dikonsumsi baik siang atau bahkan malam hari.

Saat ini sate juga bervariasi menggunakan lidah sapi atau jenis daging lainnya yang lezat. Bahkan kini ada sate untuk vegetarian juga! So, yummy!

Baca Juga:
Selain Rendang yang Lezatnya Mendunia, Ini 7 Makanan Khas Sumatera Barat

Soto

Siapa yang tidak kenal Soto? Kuliner berkuah legendaris yang luar biasa ini paling baik dikonsumsi untuk sarapan, saat hujan atau saat suhu dingin.

Soto umumnya disajikan dengan kuah kuning, mie soun, tahu, taoge, kubis hingga potongan daging ayam atau sapi. Soto akan lebih sempurna disantap dengan kerupuk atau emping.

Soto merupakan salah satu masakan khas Nusantara yang terkenal bahkan sampai ke mancanegara. Ada juga banyak jenis soto yang berbeda dengan cita rasa masing-masing tergantung daerahnya. Soto mana yang sudah pernah kamu coba?

Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)

Nasi Goreng

Makanan khas daerah terpopuler di luar negeri berikutnya adalah nasi goreng. Orang Indonesia biasanya menyantap nasi goreng untuk sarapan atau makan malam. Nasi goreng adalah hidangan paling sederhana dimasak yang rasanya bisa disesuaikan dengan selera setiap orang.

Nasi goreng juga termasuk dalam salah satu makanan yang digemari banyak orang di luar negeri. Bahkan, banyak turis mancanegara yang mencatat nasi goreng ke dalam bucket list makanan saat berkunjung ke Indonesia.

Gado-gado

Makanan khas daerah ini terdiri dari potongan aneka sayur-sayuran yang disiram saus kacang. Berhubung banyak turis internasional yang vegetarian, gado-gado menjadi makanan favorit bagi mereka.

Gado-gado lebih sempurna dengan ditambahkan telur rebus dan kerupuk untuk menggugah selera. Kebanyakan orang Indonesia suka menyantap gado-gado dengan nasi atau lontong, kan?

Itulah daftar makanan khas daerah terpopuler di luar negeri. Kamu dapat dengan mudah menemukannya di sekitar rumah atau bahkan memasaknya sendiri. Namun jika ingin mencicipi makanan khas yang paling otentik, langsung saja kunjungi ke daerah asalnya.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi