5 Jenis Burung Kenari dengan Bentuk dan Warna yang Unik

Andrygmv.net – Ada beberapa jenis burung kenari yang tersedia untuk dibeli sebagai hewan peliharaan. Burung kenari tidak memerlukan banyak ruang atau perawatan seperti banyak hewan peliharaan lain, seperti kucing dan anjing.

Diketahui, ada beberapa jenis varian burung kenari. Walau semua burung kenari tampak mirip dalam bentuk dan ukuran, ada perbedaan antara masing-masing jenis kenari. Itulah sebabnya mereka semua memiliki nama yang unik.

Nah, dilansir dari berbagai sumber, simak berikut ini jenis burung kenari yang menarik untuk diketahui.

Mastering Cibodas Canary di Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat / [SuaraJabar.id / Ferry Bangkit]
Mastering Cibodas Canary di Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat / [SuaraJabar.id / Ferry Bangkit]

Kenari Border

Baca Juga:
7 Jenis Burung Kecil, Bertubuh Mungil Tapi Punya Bulu Cantik dan Suara Merdu

Kenari Border memiliki bulu-bulu yang bentuknya menggembung seperti balon. Umumnya, kenari punya beragam warna, yaitu kuning, putih, hijau, cinamon, dan lain sebagainya. Burung asal Cumberland Fancy ini tingkahnya cenderung pemalu dan pendiam.

Kenari Jambul

Kenari jenis ini dibiakkan untuk jambulnya yang unik. Mereka memiliki satu set bulu di kepala mereka yang menggantung ke bawah, membuat burung jenis ini terlihat seperti memiliki potongan rambut atau wig.

Burung kenari jenis ini telah ada sejak ratusan tahun dan umumnya mudah berkembang biak. Mereka bisa memiliki warna apa saja, tetapi puncak kepala mereka biasanya lebih gelap daripada bagian tubuh lainnya.

Kenari Fife Fancy

Baca Juga:
5 Jenis Kaki untuk Organ Gerak Burung Hingga Bisa Mendarat dengan Tepat

Kenari Fife Fancy dianggap sebagai hewan peliharaan yang cocok untuk para pemula karena ramah, cerdas, dan mudah dirawat. Burung jenis ini juga kuat dan tidak rentan terhadap penyakit.

Adapun keunikan jenis burung kenari ini yaitu suka menyalin suara yang mereka dengar di lingkungan sekitar maupun televisi.

Kenari Portugis Harlequin

Kenari yang berasal dari Portugal berukuran sedang dengan sayap yang panjang dan elegan yang yang menyatu dengan ekornya. Beberapa memiliki sesuatu serupa tiga tanduk kecil yang menonjol dari kepala mereka, sementara lainnya punya kepala datar dan halus.

Kenari jenis ini tentu juga punya beragam warna, seperti putih, merah muda, oranye, abu-abu, dan lainnya.

Kenari Gloster

Kenari Gloster mirip dengan kenari Jambul, tetapi mereka lebih jarang dan ukurannya lebih kecil. Paruh mereka menonjol dari kepala kecil mereka dan sebagian besar memiliki jambul yang membuat mereka terlihat seperti memiliki potongan rambut “Beatles”. Mereka juga memiliki bulu yang sangat halus.

Demikian informasi mengenai jenis burung kenari yang menarik untuk diketahui. Bagi yang ingin memelihara burung kenari, semoga informasi di atas bisa membantu memberimu pilihan jenis burung yang mana yang ingin kamu pilih.

Kontributor : Ulil Azmi