5 Fakta Menarik Cappadocia, Destinasi Impian Kinan di Serial Layangan Putus

Andrygmv.net – Turki memiliki destinasi wisata yang menjadi favorit sebagian besar wisatawan bernama Cappadocia atau Kapadokya. Tempat ini menjadi tempat paling terkenal di dunia untuk naik balon udara dengan keindahan alam yang menakjubkan. Ada beberapa fakta menarik Cappadocia yang jadi tempat impian Kinan, salah satu tokoh utama di serial Layangan Putus.

Penasaran dengan fakta Cappadocia yang menjadi destinasi populer para wisatawan dari seluruh dunia ini? Yuk, cari tahu di sini!

Fakta Menarik Cappadocia

Balon Udara di Cappadocia . (Pixabay)
Balon Udara di Cappadocia . (Pixabay)

Memiliki Kota Bawah Tanah Terbesar

Baca Juga:
Tak Perlu ke Cappadocia, Rasakan Sensasi Naik Balon Udara di Subang Jawa Barat

Kapadokya atau Cappadocia merupakan wilayah bersejarah dengan luas 5.000 kilometer persegi yang terletak di Provinsi Nevsehir, Kayseri, dan Nidge, Turki. Kapadokya merupakan wilayah dengan serangkaian kota dan desa bawah tanah yang menakjubkan.

Salah satu kota bawah tanah terbesar yang digali di Kapadokya adalah Derinkuyu. Kota bawah tanah ini terdiri dari jaringan gua buatan manusia termasuk tempat tinggal, gudang, gereja, yang diukir.

Terbentuk dari endapan vulkanik

Secara geografis, Kapadokya tertimbun abu dan lahar akibat erupsi gunung berapi yang membentuk sedimen vulkanik. Sedimen vulkanik ini lalu terkikis hujan dan angin kencang hingga memadat jadi batuan lunak.

Erosi ini menciptakan bentuk aneh seperti kubah, pilar seperti jamur, dan cerobong. Adapun nama gunung berapi adalah Erciyes, Gunung Hasan, dan Gunung Melendiz.

Baca Juga:
Terkenal dengan Balon Udara, Ternyata Cappadocia Tak Kalah Indah saat Turun Salju

Wilayah Pertanian yang Subur

Kapadokya memiliki kondisi tanah pertanian yang sangat subur. Komoditas yang biasa ditanam di wilayah ini seperti aprikot, labu, melon, tebu, buncis, dan bit. Kapadokya juga merupakan produsen utama anggur.

Cappadocia Terkenal dengan Formasi Batuannya. (Pexels)
Cappadocia Terkenal dengan Formasi Batuannya. (Pexels)

Situs Warisan Dunia UNESCO

Pada tahun 1985, Kapadokya ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Wilayah yang disebut sebagai tanah berkuda dalam bahasa Persia ini memiliki sejumlah monumen terbesar dan termasuk situs bawah tanah Derinkuyu dan Kaumakl yang luas. Ada juga Taman Nasional Goreme dengan peninggalan gereja dan rumah dari batuan yang menakjubkan.

Balon Udara yang Cantik

Salah satu daya tarik wisata dari Kapadokya tak lain adalah keberadaan balon udara yang menghiasi langit nan indah. Tempat ini sangat cocok untuk menerbangkan balon udara. Banyak sekali wisatawan yang tertarik menaiki balon udara di Kapadokya dan menjadi salah satu spot foto paling menarik.

Itulah beberapa fakta menarik Cappadocia atau Kapadokya di Turki yang sangat populer sebagai salah satu destinasi wisata kelas dunia. Bermimpi ingin mengunjungi Kapadokya?

Kontributor : Yulia Kartika Dewi