5 Destinasi Wisata Bukittinggi untuk yang Baru Pertama Kali Liburan, Dijamin Seru!

Andrygmv.net – Kota Wisata Bukittinggi adalah kota terbesar kedua di Provinsi Sumatera Barat. Kota yang berada di ketinggian 930 meter di atas permukaan laut ini memiliki udara sejuk yang menyenangkan dan panorama alam mempesona. Ada berbagai wisata Bukittinggi yang bisa kamu dan keluarga kunjungi di sini. Dilansir dari laman berbagai sumber, Selasa (30/11/2021), berikut destinasi wisata Bukittinggi untuk pemula yang tidak boleh terlewatkan saat berlibur bersama keluarga tercinta.

Daftar Destinasi Wisata Bukittinggi

1. Jam Gadang

Jam Gadang di Bukittinggi Sumatera Barat. [Andrygmv.net/Adhitya Himawan]
Jam Gadang di Bukittinggi Sumatera Barat. [Andrygmv.net/Adhitya Himawan]

Jam Gadang atau Jam Agung adalah landmark Bukittinggi yang ikonik dan sangat terkenal. Jam gadang adalah hadiah dari Belanda sebelum masa kemerdekaan yang memiliki tinggi 26 meter dan terdiri dari beberapa tingkatan. 

Baca Juga:
Pemkot Solok Upayakan Pengembangan Ekonomi Kreatif Masyarakat

Jam Gadang mengandung nilai sejarah yang tinggi karena dibangun pada masa kolonial Belanda. Berdiri tinggi dan kokoh di tengah kota, menara jam ini ada di tengah taman yang luas dengan banyak pepohonan rindang. Pengunjung bisa leluasa berfoto dengan latar jam gadang yang ikonik ini. Pada malam hari, Jam Gadang tampak semakin indah dengan dihiasi lampu berwarna-warni.

2. Ngarai Sianok

Ngarai Sianok di Bukittinggi, Sumatera Barat. [Andrygmv.net/Adhitya Himawan]
Ngarai Sianok di Bukittinggi, Sumatera Barat. [Andrygmv.net/Adhitya Himawan]

Ngarai SIanok yang terletak di wilayah Bukittinggi ini menjadi salah satu tujuan wisata terfavorit di Indonesia dan menjadi kebanggaan warga Sumatera Barat. Ngarai SIanok cantik dengan bentang alamnya berupa lembah sempit dan bukit bertebing curam. Bagian tengah lembah mengalir sungai kecil yang menambah pesona Ngarai Sianok. 

Ngarai SIanok juga memiliki berbagai macam flora dan fauna. Bahkan di sini juga terdapat flora endemik Indonesia, yaitu bunga Raflesia Arnoldi. Cukup menikmati dari gazebo-gazebo di Taman Panorama, pengunjung akan dimanjakan pemandangan hijau nan asri. Suasana tenang dan udara segar cocok untuk siapapun yang ingin menenangkan diri.

3. Benteng de Kock

Baca Juga:
Rumah Makan hingga Laundry di Padang Ludes Terbakar

Buat kamu yang ingin berwisata sejarah kolonial, Benteng de Kock jadi jawabannya. Fort de Kock merupakan benteng tua Belanda di Bukittinggi yang terletak satu kilometer dari pusat kota Bukittinggi. Benteng ini didirikan pada 1825 oleh Kapten Bauer saat Perang Padri untuk perlindungan penduduk. 

Bangunan asli benteng ini sudah lama hilang. Namun gundukan benteng masih dapat disaksikan. Di taman sekelilingnya, ada berbagai jenis burung dalam sangkar. Kamu juga bisa menikmati panorama kota Bukittinggi dari benteng yang ada di perbukitan ini. Uniknya, di sekitar benteng ini pengunjung dapat menjajal serunya bermain sepeda gantung.

4. Lobang Jepang

Lobang Jepang adalah serangkaian gua yang dibangun pada masa pendudukan Jepang tahun 1942 hingga 1945. Dulunya, gua ini dibangun oleh penduduk lokal dengan sistem kerja paksa untuk kepentingan pertahanan. Mereka dipaksa menggali terowongan dan bunker yang dinamai Lobang Jepang yang memiliki 21 lobang/ruangan yang saling terhubung. Situs ini kini menjadi wisata Bukittinggi yang tak sepi dikunjungi bagi pengunjung yang ingin mengetahui sejarah masa lalu lebih dekat.  Lokasinya tidak jauh dari Jam Gadang yang terkenal, yaitu hanya 15 menit perjalanan.

5. Kebun Binatang Bukittinggi

Di Bukittinggi juga ada kebun binatang yang berada di atas bukit Cubadak Bungkuak, tepat di seberang Fort de Kock. Kebun Binatang Bukittinggi ini menjadi salah satu kebun binatang tertua di Indonesia dan satu-satunya yang ada di Sumatera Barat. Beragam koleksi hewan yang dimiliki menjadi terbaik di Pulau Sumatera. Di sini pengunjung dapat menikmati fasilitas seru dan menyenangkan untuk lebih dekat dengan binatang. Menariknya, pengunjung juga bisa sekaligus mengunjungi Rumah Adat Baanjuang yang ada di dekat area kebun binatang.

Itulah beberapa destinasi wisata Bukittinggi yang memang unik dan kental akan nilai sejarahnya. Wisata mana yang ingin kamu kunjungi bersama keluarga pertama kali?

Kontributor : Yulia Kartika Dewi