5 Cara Merawat Cat Motor agar Tetap Kinclong

Andrygmv.net

Selain kondisi mesin yang prima, salah satu hal yang sangat diperhatikan bagi pemilik kendaraan bermotor adalah kondisi fisik atau penampilan luar.

Kondisi fisik motor yang masih kinclong tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Berikut cara merawat cat motor agar tetap kinclong.

Memiliki motor dengan kondisi cat yang masih bagus tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi pemilik kendaraan. Selain indah dipandang, motor dengan cat yang masih kinclong cenderung lebih mudah untuk dijual.

Sayangnya, cat motor akan semakin memudar seiring dengan berjalannya waktu jika tidak dirawat dengan benar.

Merawat cat motor tetap bagus bukan perkara yang sulit dan mahal untuk dilakukan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara merawat cat motor agar tetap kinclong.

1. Rajin mencuci motor




ilustrasi mencuci motorIlustrasi. Salah satu cara merawat cat motor agar tetap kinclong adalah dengan rajin mencucinya. (iStockphoto/FluxFactory)

Rajin mencuci motor menjadi satu hal wajib yang harus dilakukan pemilik motor agar kondisi cat tetap kinclong.

Kotoran dari debu dan benda lainnya yang berasal dari jalanan akan membuat kondisi cat makin kusam. Kotoran yang dibiarkan menumpuk dalam jangka waktu lama bisa membentuk kerak.

Kerak-kerak inilah yang bisa mengikis lapisan pada cat sedikit demi sedikit. Jika sudah demikian, maka cat pada motor akan berangsur-angsur memudar.

Cara yang benar agar cat motor tetap awet dan kinclong adalah dengan mencucinya secara teratur. Dengan mencuci motor secara teratur, kotoran yang menempel akan hilang dan cat motor tetap terjaga.

2. Tempatkan motor di tempat yang teduh

Meski sepele, nyatanya hal ini akan semakin mempercepat kusamnya cat pada motor kesayangan.

Menempatkan atau memarkirkan motor di tempat yang panas dan langsung terkena matahari langsung akan membuat cat motor kusam dan belang.

Tempatkan motor di tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari secara langsung untuk menjaga kecerahan cat motor.

Jika terpaksa harus menempatkan motor di luar ruangan dengan paparan sinar matahari langsung, maka gunakanlah penutup khusus motor yang kini sudah banyak tersedia di pasaran.

3. Memberikan treatment




Cleansing motorbike interior and spraying with disinfection liquid. Hands in rubber protective glove disinfecting motorcycle scooter vihicle for protection from virus corona diseaseIlustrasi. Memberikan treatment tertentu juga bisa jadi cara merawat cat motor tetap kinclong. (iStockphoto/Space_Cat)

Cara merawat cat motor agar tetap kinclong selanjutnya adalah memberikan treatment khusus motor. Gunakan sampo khusus motor saat hendak mencucinya agar kotoran bisa hilang dan cat tetap terjaga.

Selain itu, gunakan cairan atau pasta untuk merawat kilau dari cat motor. Namun, jangan terlalu sering. Pasalnya, penggunaan pengkilap cat yang berlebih justru akan merusak cat.

4. Hindari bahan kimia yang berbahaya

Saat akan menggunakan bahan kimia untuk cat motor, ada baiknya jika Anda mengujinya terlebih dahulu. Coba gunakan sedikit bahan tersebut ke bagian motor yang tersembunyi.

Jika aman dan menjadikan cat berkilau, maka Anda baru bisa mengaplikasikannya ke seluruh bodi motor.

Namun, jika bahan kimia tersebut justru membuat cat menjadi kusam dan rusak, maka sebaiknya hentikan penggunaan.

5. Segera cuci motor saat terkena hujan

Pada musim penghujan, sering kali motor akan terkena air hujan, baik secara langsung maupun tidak.

Saat motor terpaksa harus terkena air hujan, maka Anda harus sesegera mungkin mencucinya, jangan sampai ada air hujan yang menggenang.

Cuci motor dengan menyeluruh sampai tidak ada air hujan yang tersisa agar cat motor tetap terjaga. Jangan lupa gunakan lap yang halus saat ingin mengeringkan bodi motor yang telah dicuci.

Itulah cara merawat cat motor agar tetap kinclong. Selamat mencoba!

(ahd)

[Gambas:Video CNN]