4 Penyebab Alarm Mobil Tak Bunyi Saat Dikunci

Andrygmv.net —

Alarm mobil yang berfungsi untuk keamanan bisa jadi tidak bunyi saat dikunci atau dibuka. Bisa jadi sistem alarm mobil mengalami gagal fungsi.

Ada beberapa penyebab alarm mobil tidak berbunyi. Berikut ulasannya.

Di antara semua jenis alarm, remote control bypass adalah jenis yang paling banyak digunakan untuk semua jenis mobil saat ini. Para pengemudi pun kini memiliki refleks menekan tombol alarm untuk mengunci pintu setelah keluar dari mobil.

Remote Control Sensor Bypass termasuk jenis alarm auto lock yang sudah mengalami pengembangan. Melalui sistem ini, pengemudi bisa langsung mengunci atau membukanya dengan remote.

Namun, alarm jenis ini sering kali menimbulkan masalah yakni tidak punya ketika mobil dikunci. Kegagalan fungsi ini membuat Anda kesulitan mendeteksi apakah mobil terkunci dengan baik ketika akan ditinggal.

Lalu, apa yang terjadi ketika menekan tombol pada remote ternyata alarm tidak berbunyi? Tentu muncul perasaan bingung dan menyangka bahwa terjadi kerusakan pada sistem.

Sebelum membawa mobil langsung ke bengkel yang akan membuat Anda merogoh kantong lebih dalam, Anda bisa mengenali apa penyebab alarm mobil tidak bunyi saat dikunci dengan lebih baik untuk mengetahui bagaimana cara mengatasinya sejak awal.

Berikut penyebab yang wajib dikenali oleh pengemudi ketika alarm mobil tidak bunyi saat dikunci:

1. Daya baterai pada central lock habis

Hal pertama yang bisa Anda lakukan ketika alarm mobil tidak bunyi saat dikunci adalah mengecek kondisi baterai central lock. Kemungkinan terbesar alarm tidak berbunyi atau justru berbunyi tanpa henti karena baterai yang sudah habis.

Cara mengeceknya adalah membuka mobil secara manual dengan kunci, baru setelah itu melihat apakah baterai sudah habis. Baterai yang habis adalah penyebab paling umum yang sering terjadi karena pengemudi lupa untuk mengeceknya secara berkala.

2. Mobil masih dalam mode valet

Alarm dapat diatur ke mode senyap ketika pengemudi ingin menggunakan layanan valet. Pada saat inilah keamanan mobil perlu dilonggarkan karena akan dibawa oleh orang lain untuk diparkir.

Jika Anda lupa untuk mengubah mode senyap atau valet ini, sudah pasti alarm tidak akan menyala ketika mobil dikunci. Bahkan lampu indikator pun tidak akan menyala ketika mengaktifkan mode senyap.

3. Pintu mobil masih terbuka

Salah satu kelalaian pengguna yang tampak sepele namun ternyata berdampak besar terhadap aktifnya alarm mobil yaitu pintu yang tidak tertutup dengan benar.

Sensor mobil tidak akan mendeteksi dengan baik karena pintu masih terbuka.
Tidak sedikit penumpang yang tidak menutup pintu dengan rapat sehingga alarm tidak berbunyi.

Hal sepele ini sering membuat panik yang sebenarnya bisa diatasi dengan mengecek ulang setiap pintu. Ketika Anda mendapati alarm tidak berbunyi, mengecek pintu apakah sudah rapat adalah salah satu hal pertama yang perlu dilakukan.

4. Sistem alarm mobil rusak

Penyebab alarm mobil tidak bunyi saat dikunci lainnya adalah kerusakan pada sistem. Alarm memiliki beberapa rangkaian sistem dan bisa mengalami kerusakan.

Misalnya saja pada bagian module atau sirene. Ketika module alarm rusak maka arus listrik yang mengontrol sirene putus sehingga alarm tidak akan berbunyi. Begitu juga jika sirene yang rusak maka module tidak dapat membunyikan alarm.

Sistem pada bagian sensor yang rusak juga bisa saja mengakibatkan sensibilitas mobil menurun atau justru meningkat. Efeknya, alarm berbunyi terus atau bahkan tidak bunyi sama sekali.

(TTF/mik)

[Gambas:Video CNN]